Cara Mengatasi Barang Hilang Di Toko Anda

Cara Mengatasi Barang Hilang Di Toko Anda

Menjadi pengusaha merupakan sebuah pilihan dalam hidup. Banyak keuntungan yang didapat jika usaha yang kita geluti dapat berkembang dan laku dipasaran. Namun sayangnya, hambatan selalu datang silih berganti. Salah satu kendala yang membuat Anda sebagai pemilik usaha geram ialah catatan keuangan yang semrawut dan barang di toko banyak yang hilang.

Bagi sebagian orang yang kesibukannya padat akan lebih tertarik untuk memperkerjakan karyawan. Atau mungkin karena saking besarnya toko yang Anda kembangkan membuat Anda kewalahan menjaga toko sendirian. Meskipun sudah memperkerjakan karyawan, tetapi kehilangan barang di toko Anda kerap terjadi? Kalau iya, coba simak cara mengatasi barang yang hilang di toko Anda di bawah ini.

5 Tips  Mengatasi Barang Hilang 

1. Gunakan CCTV

Pemasangan CCTV di toko Anda akan mempermudah pemantauan, sehingga Anda tidak perlu mengawasi setiap gerak-gerik pelanggan secara langsung. Pengawasan pelanggan secara langsung akan membuat pelanggan merasa tidak nyaman karena merasa dicurigai. CCTV dapat menjadi alternatif karena dapat mengawasi tanpa harus mengurangi rasa nyaman di hati pelanggan Anda.

Selain mempermudah pengawasan, jika ada barang yang hilang Anda dapat langsung mengeceknya di rekaman CCTV. Rekaman tersebut dapat dijadikan barang bukti untuk diserahkan ke pihak berwajib. Kehadiran CCTV juga membuat orang yang datang ke toko Anda berhati-hati.

2. Setting Tempat Barang Dagangan

Mengapa penempatan barang dagangan sangat penting? Hal tersebut untuk memudahkan pelanggan dalam mencari barang yang ingin dibeli. Penataan barang dagangan juga dapat membantu Anda sebagai pemilik toko untuk mengurangi pencurian atau barang yang hilang. Misalnya, atur penempatan agar mudah dipantau oleh CCTV. Barang-barang yang tergolong mahal bisa Anda tempatkan di belakang kasir sehingga selalu dalam pengawasan.

3. Sediakan Tempat Penitipan Tas & Jaket

Anda dapat menyediakan tempat penitipan tas dan jaket agar dapat menghindari perilaku pencurian. Tempat penitipan bisa Anda terapkan pula untuk karyawan. Tas dan jaket memungkinkan menjadi tempat menaruh barang-barang jika pencurian terjadi, maka solusi dalam hal ini ialah menyediakan tempat penitipan tersebut. Pastikan setiap orang yang datang untuk menitipkan tas dan jaketnya agar tidak ada barang yang hilang.

4. Sistem Scanner dan Barcode pada Kasir

Sistem ini dapat meminimalisir pencurian barang yang dilakukan karyawan. Hal ini memungkinkan pelaporan atau pendataan sistematis barang-barang apa saja yang terjual hari itu. Sehingga Anda dapat senantiasa mengawasi stok barang yang masih tersedia, terjual dan yang hilang. Sistem ini dapat didukung dengan pengadaan struk penjualan yang dapat menjadi bukti barang dibeli bukan dicuri.

5. Berikan Hadiah dan Hukuman

Setiap karyawan perlu diberikan mekanisme hadiah dan hukuman atas kinerja mereka. Anda dapat memberikan hadiah jika penjualan meningkat serta tidak ada barang yang hilang. Sebaliknya, jika ada barang yang hilang dan penjualan menurun Anda dapat memberikan hukuman.

Penerapan sistem ini akan membuat karyawan termotivasi untuk bekerja lebih baik dan lebih hati-hati dalam menjaga barang-barang di toko. Selain itu, karyawan akan cenderung berperilaku untuk menghindari hukuman dan mengejar hadiah. Apabila hal ini berhasil diterapkan di perusahaan Anda, barang-barang yang hilang akan teratasi.

Langkah-langkah di atas perlu Anda coba untuk mengatasi barang yang hilang di toko. Mengingat tidak ada kesuksesan tanpa rintangan, begitu pula bisnis yang sedang Anda jalani. Barang yang hilang ialah salah satu rintangan tersebut, jadi tunggu apa lagi ? Ayo, hadapi rintangan itu dengan 5 solusi diatas.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //