Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Membuat laporan keuangan yang detail tentunya wajib dimiliki oleh mereka yang mengaku sebagai seorang pengusaha. Tidak terkecuali bagi Anda yang membuka usaha restoran. Pastinya laporan keuangan juga harus dilengkapi dengan laporan laba, laporan produksi hingga laporan BEP.

Anda terkejut atau malah masih asing dengan BEP? Tenang saja, akan dijelaskan apa sih itu BEP? BEP merupakan singkatan dari Break Even Point atau lebih sederhananya adalah Analisis Titik Impas. Dalam setiap laporan.

Analisis Titik Impas itu sangat penting sebagai pembanding untuk menentukan harga produksi terbaik untuk usaha yang dimiliki. Lalu bagaimana cara menghitung BEP usaha restoran? Berikut ini akan dijabarkan langkah-langkahnya dengan sederhana:

1. 3 Unsur Penting BEP

  • Tingkat laba dari perusahaan yang ingin Anda capai atau targetkan
  • Daya perusahaan untuk menciptakan produksi dalam rentang waktu tertentu
  • Besarnya biaya yang harus dikeluarkan baik dalam bentuk biaya tetap atau biaya variable

2. Komponen yang Membentuk BEP

  • Fixed Cost

Komponen yang pertama ini merupakan biaya konstan yang dibutuhkan bisnis restoran Anda agar dapat berjalan. Baik itu biaya modal maupun biaya produksi yang bisa dibilang sangat vital dan tetap dalam periode waktu tertentu.

  • Variabel Cost

Apa sih itu variabel cost? Variabel cost itu adalah biaya yang bersifat dinamis. Yang artinya tidak bisa ditebak dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut biasanya disebabkan karena berbagai hal yang membentuknya. Mulai dari harga pasaran hingga ketersediaan bahan tersebut yang tidak bisa dikira dalam jangka waktu panjang.

  • Selling Price

Supaya perusahaan bisa mendapatkan keuntungan tentunya harga jual harus melebihi dari harga produksi. Hal yang sama juga berlaku untuk bisnis restoran yaitu dengan menetapkan selling price yang tepat. Harga jual ini sendiri juga penting dalam menghitung BEP usaha restoran yang Anda dimiliki.

3. Rumus untuk Menghitung BEP

Nah, setelah mengetahui berbagai komponen yang penting sebelum mulai menghitung BEP maka langkah selanjutnya adalah mengetahui rumus dalam menghitungnya. Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena rumus untuk menghitung BEP tidaklah serumit menghitung rumus matematika maupun fisika. Bahkan terbilang cukup sederhana. Ada dua poin untuk bisa memahami rumus dalam pembentukan penghitungan BEP seperti berikut ini.

  • Dasar Unit

Dasar unit merupakan bagian dari cara menghitung jumlah barang yang mesti diproduksi oleh bisnis restoran Anda untuk kemudian sampai di titik impas.

Rumusnya adalah: BEP = FC /(P-VC)

  • Dasar Penjualan

Dasar penjualan merupakan dana yang didapatkan dari hasil penjualan bisnis restoran Anda. Dimana hasil penjualan tersebut juga harus berada di titik seimbang dengan dasar unit yang disebut dengan titik impas.

Rumusnya adalah (1 – (VC/P))

4. Cara Menghitung BEP

Setelah Anda mengetahui dua point di atas maka segera lanjutkan untuk menghitung hasil utama dari BEP bisnis restoran Anda. Penghitungan BEP Unit menggunakan cara yang pertama sedangkan untuk menghitung BEP penjualan maka gunakan cara yang kedua. Setelah itu, Anda bisa mengetahui laba yang diperoleh dari titik impas yang diperoleh. Rumusnya adalah BEP – Laba = (FC + Target Laba) / (P – VC)

Apakah Anda bingung dengan berbagai rumus di atas? Tidak perlu, sebenarnya rumus tersebut merupakan berbagai singkatan dari hal berikut ini.

BEP: Break Even Point

FC: Fixed Cost

VC: Variabel Cost

P : Price per unit

S : Sales Volume

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang cara menghitung BEP usaha restoran bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda.

Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk meng-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //