Cara Menghitung Harga Jual Produk di Industri Retail

cara-menghitung-harga-jual-produk-di-industri-retail-photo

Di Indonesia salah satu jenis usaha yang sedang berkembang dengan pesat yaitu bidang industri. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi untuk dipakai atau barang jadi yang memiliki nilai tambah sehingga mendapatkan keuntungan. Dalam dunia bisnis dikenal dengan beberapa macam jenis industri, namun pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai industri retail. Berikut penjelasannya:

Pengertian Retail

Pengertian retail adalah penjualan dari sejumlah kecil komoditas yang dilakukan secara langsung kepada konsumen. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa komoditas adalah suatu benda yang relative mudah diperdagangkan, dapat diserap secara fisik. Dapat disimpan untuk jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, sedangkan industri adalah bidang yang menggunakan keterampilan dan ketekunan kerja dan penggunaan alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusi sebagai dasarnya.

Menurut beberapa ahli mengenai pengertian industri retail adalah semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari industri. Contoh dari industri retail adalah Departemen Store, Supermarket, Catalog Store, Warehouse, Outlet dan Online Store.

Produk yang ditawarkan dalam industri ini beragam seperti : perlengkapan pakaian pria/wanita, perlengkapan pakaian anak-anak, perlengkapan pakaian remaja, perlengkapan sepatu, aksesoris, olahraga, alat-alat music, perangkat keras elektronik, perlengkapan rumah tangga serta perlengkapan kosmetik.

Apa Itu Harga Jual Produk Dan Cara Menghitungnya

Menjadi seorang pengusaha retail atau pebisnis tentu Anda harus diwajibkan mengetahui bagaimana cara untuk menghitung harga jual produk yang akan dijual, di industry retail ini penentuan harga jual dibentuk oleh Profit (Nett Profit atau Laba Bersih) ditambah dengan Total Cost (Biaya Total).

Biaya total didapat dari penjumlahan Biaya Marketing dan Distribusi ditambah dengan Harga Pokok Penjualan, beberapa perusahan mengelompokkan biaya total itu didapat dari pengeluaran alokasi dana untuk promosi produk, event serta launching produk kepada konsumen.

HPP atau dikenal dengan Harga Pokok Penjualan merupakan alokasi dana yang diperoleh dari Biaya Langsung atau Biaya Tidak Langsung. Contohnya biaya sewa tempat, biaya perawatan gedung, dan alat tulis kantor lainnya. Selain dari ketiga faktor diatas, harga produk pada industry retail juga diperoleh dari biaya pokok yaitu akumulasi dari Biaya Tenaga Kerja langsung dan Biaya Bahan Baku untuk membuat suatu produk.

Dalam penentuan harga pelaku industry retail ini sering melakukan strategi-strategi dalam pemasaran produknya, seperti dengan cara diskon. Pengambilan cara diskon ini diambilkan ke anggaran Biaya Marketing yang berbentuk barang/hadiah/gimmick/menghabiskan sisa stok barang lama/voucher belanja yang diberikan secara gratis oleh produsen kepada konsumen supaya mereka merasa senang ketika berbelanja di gerai retail milik pengusaha tersebut.

Langkah yang kedua adalah para pengusaha juga terkadang melakukan strategi prinsip perputaran semakin barang sering digunakan oleh konsumen maka harga yang akan dikeluarkan oleh penjual akan semakin rendah, sebaliknya barang yang jarang dibeli oleh konsumen akan semakin mahal.

Jika diperhatikan industry retail di Indonesia yang bertahan lama dan semakin bertumbuh adalah retail pakaian pria/wanita karena pakaian akan selalu dibutuhkan oleh semua masyarakat sehingga persaingan untuk menarik konsumen dibuat sedemikian menarik untuk konsumen mau berkunjung dan berbelanja. Daya kreativitas itulah yang pengusaha butuhkan untuk promosi retailnya.

Semoga artikel ini dapat membantu bisnis Anda. Dan jangan lupa untuk meng-share artikel ini ke sosial media Anda ya. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.