Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Simpel

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Simpel

Harga Pokok Produksi atau sering disingkat dengan HPP merupakan keseluruhan biaya yang kita keluarkan ketika kita membeli sebuah produk. Harga Pokok Produksi sangat berpengaruh terhadap penghitungan laba rugi perusahaan yang artinya jika kita salah menghitung Harga Pokok Produksi maka penghitungan laba rugi perusahaan juga akan mengalami kesalahan.

Karena berpengaruh besar terhadap laba rugi perusahaan jadi kita harus benar-benar akurat dalam melakukan penghitungannya. Lalu bagaimanakah cara menghitung Harga Pokok Produksi simpel yang benar? Sebelum mempelajarinya, kita akan membahas biaya-biaya yang diperlukan untuk melakukan proses produksi terlebih dahulu.

Biaya-biaya Dalam Proses Produksi

Produksi merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu barang atau dengan kata lain proses untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi. Dalam proses produksi tentunya terdapat biaya-biaya yang harus dikeluarkan, antara lain :

  • Biaya yang diperlukan untuk bahan baku

Biaya yang diperlukan untuk bahan baku merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan baku guna menghasilkan suatu produk. Bahan baku dapat diperoleh dengan memprosesnya sendiri atau membelinya kepada produsen baik secara impor maupun pembelian secara langsung.

  • Biaya Tenaga Kerja Langsung

Biaya tenaga kerja merupakan upah atau gaji yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan secara langsung yang bekerja di perusahaan tersebut. Tenaga kerja merupakan sumber daya manusia yang melakukan proses produksi secara langsung.

  • Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead pabrik merupakan biaya lain yang dikeluarkan perusahaan disamping biaya produksi dan biaya tenaga kerja langsung yang tidak dapat diketahui secara langsung yang berguna untuk merealisasikan pendapatan perusahaan.

Komponen Penentu HPP Perusahaan Dagang

Harga Pokok Produksi dipengaruhi oleh beberapa komponen antara lain :

  • Persediaan awal barang dagangan

Pada awal periode berjalan, tentu perusahaan memiliki persediaan barang, itulah yang disebut dengan persediaan awal barang dagangan. Jumlah persediaan awal barang dagangan dapat diketahui melalui neraca saldo periode berjalan ataupun dengan melihat laporan neraca pada tahun sebelumnya.

  • Persediaan akhir barang dagangan

Persediaan akhir adalah jumlah barang yang tersedia pada akhir periode berjalan. Persediaan akhir dapat dihitung melalui data penyesuaian perusahaan pada akhir periode berjalan.

  • Pembelian bersih

Pembelian bersih adalah sejumlah uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli suatu barang yang digunakan untuk proses produksi.

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Simpel

Secara sederhana, kita dapat  menghitung besarnya HPP suatu perusahaan, dengan menggunakan rumus Harga Pokok Produksi = Persediaan barang awal – persediaan barang akhir.

Namun terdapat beberapa tahapan untuk menghitung Harga Pokok Produksi yaitu :

  • Menghitung Penjualan Bersih

Cara menghitung penjualan bersih adalah Penjualan dikurangi (Retur Penjualan + Potongan Penjualan)

Sebagai catatan, biaya transportasi penjualan bukan termasuk ke dalam biaya penjualan namun dimasukkan ke dalam biaya umum.

  • Menghitung Pembelian Bersih

Cara menghitung pembelian bersih adalah (Pembelian + Ongkos Angkut Pembelian) dikurangi (Retur Pembelian + Diskon Pembelian)

  • Menghitung Persediaan

Cara menghitung Persediaan adalah Persediaan Awal ditambah dengan Pembelian Bersih

  • Menghitung Harga Pokok Penjualan

Cara menghitung HPP adalah Persediaan Barang dikurangi Persediaan Akhir

Contoh cara penghitungan HPP UD. Maya Mandiri per 31 Mei 2019

Berdasarkan contoh di atas, dapat kita ketahui jika HPP UD. Maya Mandiri per 31 Mei 2019 adalah sebesar Rp. 74.500.000,-.

Itulah cara untuk menghitung Harga Pokok Produksi Simpel yang bisa Anda terapkan untuk menghitung HPP perusahaan Anda. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.