Cara Mudah Membuat Laporan Penjualan yang Tepat dan Rinci

Cara Mudah Membuat Laporan Penjualan yang Tepat dan Rinci

Berbisnis merupakan salah satu pekerjaan yang menuntut kemandirian. Dari jenis apapaun bisnis yang dilakukan, pasti ada aktivitas penjualan. Nah, pasti dalam penjualan tersebut harus ada laporan untuk mengetahui seberapa banyak uang masuk beserta laba atau ruginya. Tahukah Anda cara mudah membuat laporan penjualan yang tepat dan rinci? Tidak tahu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Membuat Laporan Penjualan

Hal paling penting dalam pembuatan laporan adalah tentang penulisannya yang harus teliti, cermat, dan tepat. Buatlah sistem laopran yang rapi supaya lebih mudah untuk dimengerti!

1. Membuat Buku Penjualan Tersendiri

Dalam buku ini Anda khusus hanya mencatat tentang penjualan barang saja. Buatlah per bab, menurut periode, Misalnya Bab I : Laporan Penjualan Indah Makmur Januari 2018, dan seterusnya. Buku ini jangan sampai tercampur dengan buku lainnya, seperti buku piutang, buku pembelian, dan buku persediaan barang.

2. Membuat Tabel

Untuk membuat laporan yang terperinci tanpa memusingkan, buatlah dengan tabel. Jangan ditulis secara deskripsi, jangan pula dibuat per poin. Ini akan menyusahkan Anda dalam hitungan. Buatlah secara sederhana. Misalnya dalam satu muka buku dibuat lima kolom. Ada kolom untuk tanggal, keterangan penjualan, debet, kredit, dan saldo.

Untuk usaha yang lebih besar dan lebih kompleks, Anda bisa menggunakan tabel tujuh kolom. Masing – masing berisikan tangal, nomor order, pelanggan, sub total, diskon, total penjualan, dan pembayaran.

3. Catat Dengan Rajin

Maksud rajin disini adalah, setiap ada transaksi penjualan yang ada, sebisa mungkin langsung dicatat supaya tidak ada yang terlewat. Menundanya sama dengan membuat kemungkinan skip pencatatan transaksi terjadi.

4. Perhatikan Faktor Lain, Catat Bila Perlu

Untuk dapat memiliki laporan penjualan yang tepat, Anda harus memperhatikan faktor lain terkait penjualan perusahaan dagang atau bisnis Anda. Misalnya penawaran, penentuan harga, pemesanan, pengiriman, retur penjualan, dan pemasaran produk. Catatlah di buku lain, nantinya saat penghitungan di akhir, Anda ikut sertakan dalam kalkulasinya.

5. Pindahi dalam Komputer

Buku hanya bersifat sementara. Untuk menghindari human error, buku hilang, dan lain – lainnya, Anda bisa mengandalkan kecanggihan teknologi. Jika tak ingin menggunakan aplikasi komputer berbayar, Anda bisa mengandalkan Microsoft Excel. Buat menjadi seperti berikut:

a. Langkah I

Untuk penjulan besar yang lebih kompleks, Anda bisa mencoba untuk memisah – misahkannya dengan membuat Jurnal Penjualan tersendiri, isinya mencakup seluruh transaksi penjualan yang telah dilakukan. Dalam jurnal ini, isinya adalah tabel berisi tujuh kolom seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ditambah satu kolom lagi yaitu laba (per transaksi).

b. Langkah II

Setelah itu, buat juga Rincian Penjualan. Di dalamnya mencakup rincian penjualan kepada tiap – tiap pelanggan. Sehingga, jika suatu hari Anda memerlukan detail yang lebih jelas mengenai penjualan yang dilakukan, Anda bisa langsung membuka rincian ini. Agar lebih mudah, hubungkan dengan hyperlink.

c. Langkah III

Kemudian, buat Rangkuman Penjualan. Isinya data penjualan kepada semua pelanggan. Hanya berisi kolom tanggal, pelanggan, nama barang, dan nilai penjualan. Ini hanya untuk ringkasnya saja.

d. Langkah IV

Ini merupakan step terakhir, yaitu membuat grafik. Setelah Anda mempunyai data rangkuman sederhana seperti pada langkah III, pada bagian akhir pasti ada penghitungan total penjualan beserta laba / ruginya. Nah tinggal membuat grafik dari bulan ke bulan. Dan laporan penjualan pun selesai.

Sudah jelaskan, cara mudah membuat laporan penjualan yang tepat dan rinci? Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai detail caranya? Atau mungkin Anda mempunyai metode lain yang lebih mudah namun tetap terperinci? Silakan tulis di kolom komentar!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //