Cara Penyajian Makanan di Restoran yang Baik dan Benar

Cara Penyajian Makanan di Restoran yang Baik dan Benar

Salah satu bisnis yang senantiasa menjanjikan dan mendatangkan income pendapatan yang baik adalah bisnis restoran. Bagaimana tidak, bisnis ini menyajikan kebutuhan primer manusia yang setiap hari pasti diburu. Karena itulah, kian hari angka bisnis restoran makin melonjak. Tapi, dalam berbisnis restoran ini ada juga hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah penyajian

Mengapa penyajian itu penting? karena penyajian adalah bukti seberapa serius Anda melayani pelanggan yang makan di tempat Anda. Karena itulah, penyajian juga jadi kunci utama kesuksesan sebuah restoran. Nah, jika Anda sedang berbisnis restoran ada baiknya Anda membaca beberapa hal yang perlu dilakukan ketika makanan disajikan untuk pelanggan Anda

1. Pastikan Semuanya Telah Steril

Dalam berbisnis restoran, selain rasa yang mesti diperhatikan, kesterilan makanan juga patut sekali Anda tilik dan cermati betul-betul. Sebab hal ini lah yang akan menjadi pertaruhan bisnis Anda. Kalau-kalau sampai ada benda asing yang tertinggal seperti binatang atau rambut. Bisa dipastikan pelanggan akan kecewa dan buntutnya resto Anda ditinggalkan dengan citra buruk. Tentu Anda tak ingin hal itu terjadi kan?

Karena itulah saat menyajikan makanan ke piring, sebelum diantarkan lihat dulu dan cermati dulu. Kalau Anda sudah dapat memastikan semuanya sudah steril, silakan bawa dan sajikan pada pelanggan Anda yang telah menunggu tersebut

2. Sajikan dari Sebelah Kanan Pelanggan

Ketika selesai memastikan semuanya tetap steril,  yang mesti dilakukan selanjutnya adalah membanya dan menyajikanya ke meja pelanggan. Nah, sebetulnya ada standar tersendiri ketika Anda ataupun waiters Anda menyajikan makanan ke pelanggan. Standar tersebut adalah, berikanlah makanan yang telah dipesan itu dari sebelah kiri si pelanggan

Hal ini telah jadi standar dan selalu dilakukan oleh resto-resto internasional. Penyajian dari sebelah kanan tidak berlaku ketika sebelah kanan pelanggan Anda adalah tembok atau tiang. Penyajian dari sebelah kanan juga memiliki kesan yang lebih sopan terhadap pelanggan yang telah memesan menu. Selain itu jangan lupa juga untuk mengucapkan ‘permisi’ ketika menyajikannya’

3. Letakan Perlahan dan Sebutkan Menu yang Di Pesan

Standar selanjutnya ketika Anda menyajikan sebuah makanan. Anda harus meletakanya secara perlahan. Tidak baik jika Anda menyajikan dengan tergesa-gesa apalagi sampai terdengar bunyi benturan antara meja dengan piring atau gelas. Karena, beberapa pelanggan bisa jadi akan terganggu dengan hal itu. Ingat, bagaimanapun pelanggan adalah raja. Oleh karena itu Anda harus mmperlakukan mereka sebaik mungkin dan semaksimal mungkin.

Memberikan makanan secara sembarangan dapat berpotensi membuat pelanggan jadi menganggap kalau Anda tidak peduli dengan mereka. Jangan lupa juga untuk menyebutkan makanan yang Anda bawa. Hal ini dilakukan supaya sesuai apa yang pelanggan pesan dengan makanan apa yang Anda akan sajikan.

4. Jangan Lupa Ucapkan Selamat Menikmati

Terlihatnya mungkin sepele. Tapi, tahukah Anda kalau memberlakukan pelanggan maksimal seperti itu akan mampu membangun kesan positif untuk pelanggan Anda. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk berlaku super ramah dan layani pelanggan sepenuh hati. Dan, ucapan ‘Selamat menikmati’ akan membuat pelanggan semakin merasa dihargai. Maka dari itu mulailah memberi ucapan positif itu setiap kali menyajikan makanan

Itulah tadi beberapa tips saat menyajikan makanan untuk bisnis restoran yang barangkali sedang Anda tekuni. Kunci utamanya memang hanya satu. Perlakukan pelanggan secara maksimal dan penuh kesopanan. Jika hal itu sudah mampu Anda terapkan, maka selamat tidak lama lagi kesuksesan bisnis restoran Anda akan segera tiba.

Semoga bisnis Anda bisa berjalan lebih baik lagi dan semakin berkembang. Jangan lupa share ke sosial media Anda agar teman yang lainnya juga mendapatan manfaanya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #befree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *