Cara Promosi Yang Praktis dan Terpadu Bagi UMKM

Cara Promosi Yang Praktis dan Terpadu Bagi UMKM

Promosi merupakan salah satu komponen unsur pengembangan bisnis yang tidak dapat ditinggalkan. Apapun jenis sektor bisnis dan level apapun itu, semua usaha yang bergerak di bidang produksi atau disebut sebagai produsen sangat bergantung pada pemilihan promosi. Jika selama ini Anda hanya berkutat dengan belajar promosi berbayar seperti iklan, maka jangan diteruskan.

Iklan atau advertising memang terbukti ampuh menjadi media promosi. Tapi sayangnya, tarif yang dibanderol sangat mencekik budget pengusaha UMKM. Terlebih apabila dana modal pas-pasan atau didapatkan melalui pinjaman, tentu memasang iklan akan terasa sangat berat. Untuk mengatasi promosi ke cara lebih praktis dan murah, maka disini akan dikupas tuntas tentang hal tersebut.

Panduan promosi praktis bagi pengusaha UMKM untuk meningkatkan omset bisnis:

1. Membuka Stand

Membuka stand di berbagai event dan pameran merupakan salah satu jenis promosi praktis yang dapat dilakukan oleh penggiat UMKM. Sebagaimana diketahui, bahwa pengunjung event tentulah sangat banyak, dan hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk yang dijual.

Meskipun begitu, bukan perkara mudah untuk bisa menarik perhatian pengunjung. Anda harus membuat stand Anda terlihat unik dan mencolok dibandingnya penjual produk sejenis. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini saat akan membuka stand : pemilihan lokasi strategis, desain konsep stand yang menarik, memajang produk paling menarik di bagian depan.

2. Menggunakan Digital Marketing

Perkembangan teknologi digital dapat menjadi cara praktis untuk berjualan dan mempromosikan produk usaha Anda. Salah satunya adalah bergabung dengan e-commerce yang memang dibuat khusus untuk penggiat bisnis UMKM, seperti usahadesa.com. Meskipun belum seterkenal marketplace papan atas Indonesia lainnya, namun sangat rekomended untuk memulai transfer bisnis dari offline ke online.

3. Diskon

Masih banyak penggiat UMKM pemula yang berpikiran bahwa memberikan diskon akan menjadi bumerang bagi bisnis yang digelutinya. Padahal, hal tersebut tidak benar adanya. Pengadaan diskon mungkin akan meminimalisir keuntungan, namun akan diikuti juga dengan peningkatan jumlah konsumen. Sebab siapa yang tidak suka diskon? Faktanya, produk diskon lebih dipilih dan cepat sold out.

4. Blog

Penggunaan blog pribadi/ bisnis di kalangan pengusaha UMKM memang sedang gencar-gencarnya. Apabila searching di mesin penelusuran Google, maka dapat ditemukan banyak situs miliki UMKM yang khusus membahas produk beserta cara ordernya. Disini, Anda bisa merekrut pegawai dengan skill menulis SEO untuk membantu mengembangkan usaha. Dan apabila berhasil, maka jangkauan pasar Anda akan menjadi semakin luas.

5. Brosur

Meskipun promosi memakai media brosur terlihat sangat kuno, namun kekuatan brosur tidak dapat diabaikan. Di tengah maraknya promosi iklan digital sekarang ini, brosur tetap digunakan untuk menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk Anda. Misalnya dengan cara disebarkan di titik lokasi yang strategis, atau diberikan kepada konsumen yang belanja produk Anda, dan bisa juga diselipkan dalam kemasan produk (jika ada).

6. Merekrut Reseller

Dengan merekrut reseller untuk menjual produk Anda, maka tidak perlu lagi bersusah-payah untuk mempromosikan produk secara berkala. Karena pekerjaan tersebut akan diambil oleh reseller. Oleh sebab itu, tidak heran apabila sekarang ini banyak perusahaan distributor yang berfokus pada pencariaan reseller, dibandingkan melakukan promosi mendalam.

7. Voucher

Voucher menjadi alat yang ampuh untuk membuat konsumen datang lagi. Jadi, untuk memajukan UMKM yang sedang dirintis sebaiknya tidak pelit memberikan voucher. Kerugian karena voucher dapat ditekan dengan mengaplikasikan trik, seperti minimal pembelian Rp. 150.000 akan mendapatkan voucher sebesar Rp. 15.000, dan lain sebagainya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.