Cara Tepat Meningkatkan Penjualan di Bisnis Restoran

cara-tepat-meningkatkan-penjualan-di-bisnis-restoran-image

Bicara soal bisnis memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai macam bidang bisnis pun tidak jarang membuat mayoritas pebisnis tertarik untuk mencobanya. Terlebih bisnis dibidang kuliner. Dimana pada bidang bisnis ini, pebisnis dijanjikan akan mendapat keuntungan hingga​ 100% ditambah dengan perputaran uang yang cepat.

Selain itu, bisnis dibidang kuliner terutama rumah makan dan restoran adalah salah satu bisnis yang tidak akan pernah redup ditelan masa dan kemajuan teknologi yang ada. Hal itu terjadi karena produk yang ditawarkan dari bisnis ini adalah makanan yang tidak lain merupakan kebutuhan primer setiap orang.

Namun kesadaran tentang peluang bisnis dibidang ini pun nyatanya telah dimiliki oleh mayoritas pebisnis. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin menjamurnya bisnis kuliner saat ini. Banyaknya pesaing dibidang ini tentu menjadi tantangan tersendiri terutama mengenai omzet atau pendapatan dari penjualan produk.

Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui bagimana cara meningkatkan penjualan dibisnis kuliner ini terutama restoran. Dan berikut adalah hal-hal yang harus anda lakukan untuk meningkatkan penjualan atau omzet dibisnis restoran.

1. Mainkan Harga

Seperti yang Anda tahu, harga memang mempunyai peranan penting selain kualitas ketika anda merintis bisnis dibidang kuliner. Anda bisa saja menaikkan harga jika memang konsumen lebih memilih kualitas dibandingkan harga rendah.  Namun Anda juga harus berfikir untuk merendahkan harga bila konsumen lebih memikirkan harga.

Akan lebih bijaksana bila Anda berdiskusi dengan bagian dapur perihal biaya dan harga. Perkecil laba terkadang lebih menguntungkan untuk menarik perhatian konsumen. Karena dengan banyaknya konsumen, laba yang kecil bukanlah suatu masalah dibanding laba besar namun konsumen sedikit.

2. Optimalisasi Pelayanan

Berikan pelatihan kepada waiter dan kasir tentang keramahan, kepedulian terhadap konsumen, kecepatan kerja serta penguasaan informasi produk. Pelayanan yang ramah dan peduli terhadap konsumen adalah daya tarik bisnis itu sendiri. Karena bagaimana pun kenyamanan turut andil dalam bisnis ini. Konsumen yang merasa diperlakukan sangat baik akan merasa berat untuk beralih ke restoran lain yang belum tentu memberikan pelayanan seperti ini.

Bahkan konsumen seperti inilah yang akan mengajak calon konsumen lainnya. Perhatikan juga kecepatan kerja. Jangan membuat konsumen menunggu terlalu lama. Serta beri kewajiban kepada seluruh petugas termasuk kasir dan waiter untuk mengetahui informasi terkait produk termasuk komposisi disetiap menu.

3. Penawaran

Penawaran menu tambahan atau yang biasa disebut dengan up selling nyatanya sangat membantu diberbagai bisnis termasuk restoran. Motivasi waiter untuk menawarkan menu lainnya setiap konsumen selesai memesan. Selain waiter, kasir pun bisa memainkan perannya dengan menawarkan menu bungkus kepada konsumen yang akan bayar serta menawarkan menu lainnya kepada konsumen yang membeli namun tidak makan ditempat.

4. Multifungsi Restoran

Bisnis dibidang kuliner terutama restoran bisa bertahan sampai saat ini tak lepas dengan semakin sibuknya masyarakat sehingga tidak ada waktu untuk menyiapkan makanan sendiri. Dengan mengetahui kebutuhan pokok tersebut, tawarkan sesuatu yang lebih seperti kenyamanan dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Anda bisa memberikan fasilitas berupa pojok bermain anak yang sangat bermanfaat bagi keluarga muda, ruang berkumpul yang bisa digunakan untuk konsumen mengadakan reuni atau arisan bahkan hanya menambahkan wifi pun adalah daya tarik tersendiri.

5. Menu dan Momen Spesial

Walaupun setiap restoran pada dasarnya menyediakan makanan dan minuman, namun tetap tentukan menu spesial restoran Anda. Menu spesial membuat restoran anda lebih dikenal. Tetapkan juga momen spesial, misalnya gratis makan dan minum malam untuk yang berpuasa senin kamis, gratis makan untuk ibu hamil dan menyusui.

6. Data Base

Data base tidak kalah penting dengan poin-poin sebelumnya. Anda perlu menyiapkan selembaran kertas kecil yang dibagikan kepada setiap konsumen. Cukup sertakan kolom nama, media sosial, nomor handphone, jenis kelamin, saran, kesan serta tempat dan tanggal lahir. Yakinkan konsumen bahwa data tersebut untuk menginformasikan perihal promo agar konsumen tersebut bersedia memberikannya

7. Brosur dan Media Sosial

Perkembangan teknologi memang akan sangat membantu sebuah bisnis dibidang kuliner jika seorang pebisnis yang bersangkutan tidak buta akan teknologi tersebut. Aktifkan media sosial khususnya yang dapat menampilkan gambar, upload gambar dan sertakan caption menarik.

Tidak jarang orang membeli sesuatu bukan karena sedang butuh tapi karena ‘laper mata’. Koneksikan bisnis restoran Anda dengan aplikasi pesan antar ojek online untuk memudahkan konsumen menikmati produk. Dan jangan lupa siapkan brosur, sebar disekitar lokasi restoran anda.

Karena walaupun perkembangan teknologi memang sudah meningkat, jangan lupakan calon konsumen yang masih menunggu sistem offline. Sediakan layanan pesan antar tanpa bantuan aplikasi ojek online juga dengan cara menyertakan daftar menu dan nomor yang bisa dihubungi untuk delivery secara langsung dibrosur tersebut.

8. Belajar Dari Pesaing

Dan hal terakhir yang harus anda lakukan adalah terus belajar termasuk belajar dari pengalaman pesaing.  Setiap pebisnis termasuk pebisnis restoran dituntut untuk tetap terus kreatif dan menyelesaikan masalah yang ada. Tanpa adanya kreativitas dan kepekaan dalam menyelesaikan masalah, bisnis tidak akan berkembang.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //