Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Restoran

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Restoran

Memiliki bisnis adalah keinginan banyak orang. Setiap orang yang memutuskan untuk mengambil jalan berbisnis tentu mengerti bagaimana kesempatan sekaligus tantangan yang hendak di hadapi. Apalagi dewasa ini persaingan bisnis makin ketat. Masing-masing individu saling mengeluarkan model bisnsis yang inovatif dan juga dipenuhi sentuhan-sentuhan kreatif.

Hal tersebut membuat kita harus memutar otak supaya bisnis yang kita jalankan dapat bertahan dan tak terkikis oleh kompetitor yang semakin hari barangkali angkanya semakin bertambah. Dibutuhkan kejelian dalam melihat peluang juga ketelitian dalam menjalankan bisnis yang kita tukangi.

Nah, saat ini ada banyal model bisnis yang saat ini digemari banyak orang salah satunya adalah bisnis restoran. Bisnis restoran memang bisa dibilang menjadi bisnis yang menjanjikan. Bagaimanapun tempat makan akan lebih mudah mendapat pasar ketimbang bisnis lainya.

Hal ini disebabkan makan adalah kebutuhan primer manusia. Ketika makanan yang kita sajikan bercitarasa baik, maka pelanggan yang ramai datang adalah keniscayaan. Selain itu, inovasi-inovasi yang ditawarkan juga sangat memungkinkan dalam bisnis restoran. Ranahnya luas dan tidak terbatas. Sebab itulah bisnis restoran kian hari kian berjamur

Tapi, Anda harus tahu selain persaingan dengan kompetitor, para pebisnis restoran juga harus tetap memperhatikan pembukuan yang baik. Ketika segala pembukuan dicatat dengan cermat.

Maka Anda akan jauh lebih dapat melihat posisi bisnis kita. Bukan cuma itu, dari pembukuan yang baik, kita juga dapat melihat peluang untuk mengembangkan bisnis yang Anda kerjakan Nah, salah satu pembukuan yang mesti Anda kuasai ketika memiliki sebuah bisnis restoran adalah laporan laba rugi.

Laporan raba rugi akan jauh dapat memetakan kondisi finansial bisnis yang Anda tukangi. Sebab pada dasarnya, laporan laba rugi adalah laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan dalam sebuah periode akuntansi yang memang memiliki unsur pendapatan dan beban dalam perusahaan.

Dan, ujung dari laporan laba rugi adalah supaya Anda bisa mengetahui  berapa laba atau justru rugi yang terdapat dalam bisnis Anda. Bisnis restoran yang Anda miliki juga mesti dibuat laporan laba ruginya.

Supaya Anda mengetahui berapa laba yang didapatkan dari pelanggan-pelanggan yang datang. Dan seberapa besar pengeluaran yang dikeluarkan untuk berbagai macam hal, mulai dari bahan baku atau bahkan sampai gaji karyawan.

Unsur-Unsur Membuat Laporan laba-Rugi Restoran

Ada beberapa unsur dalam membuat laporan laba rugi. Unsur-unsur ini mesti ada ketika Anda membuat laporan laba rugi.

1. Unsur pertama adalah Pendapatan dan Penjualan.

2. Keduanya mesti dicatat dalam laporan laba rugi. kemudian anda kurangi dengan beban pokok hasil penjualan

Unsur selanjutnya adalah laba kotor atau rugi kotor. Hal ini dicatat juga dalam laporan laba rugi perusahaan restoran. Nah catatan laba kotor dan rugi kotor ini nantinya mesti Anda kurangi dari beban usaha Anda

3. Unsur ketiga adalah mencatat laba dan rugi dari perusahaan restoran Anda . Nantinya catatan tersebut mesti ditambah dari penghasilan restoran atau juga dikurangi dari beban lain yang mengikis pemasukan dari bisnis Anda.

4. Kemudian unsur keempat adalah memasukan laba atau rugi sebelum pajak yang kemudian harus Anda kurangi dengan beban pajak yang memang wajib dibayar. Apalagi bisnis restoran. Pasti memilki beban pajak yang mengikat dan harus kita bayarkan. Terakhir catat lah laba bersih dan rugi bersih.

Contoh Laporan Laba Rugi Restoran

Nah untuk lebih jelasnya dapat melihat laporan laba rugi dibawah ini:

Laporan Laba Rugi

           Restoran Maju Jaya         

                                                                                                              Periode 01/01/2016-31/12/2016

Pendapatan

Penjualan Makanan

Penjualan Minuman

Penualan Sncak

Pendapatan Lain-Lain

Total

Rp. 250.000.000

Rp. 45.000.000

Rp. 20.000.000

Rp. 11.000.000   +

Rp. 326.000.000

 

Biaya atas Pendapatan

 

Harga Seluruh Bahan Baku

Beban Gaji Seluruh Pegawai

Bea Perawatan Bangunan Resto

Bea Promosi

Pajak

Total

Laba Kotor

Rp. 130.000.000

Rp. 95.000.000

Rp. 12.000.000

Rp. 20.000.000

Rp.   5.000.000

Rp. 262.000.000

Rp.   64.000.000

Itu tadi beberapa unsur tentang laporan laba rugi. Laporan laba rugi sangat penting untuk menunjang bisnis Anda terutama bisnis restoran. Sebetulnya bukan hanya laporan laba rugi, pembukuan lainpun akan lebih baik jika Anda pelajari dan terapkan dalam bisnsi restoran. 

Sekian artikel dari saya jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Dan jangan lupa share artikel ini ke akun sosial media Anda ya. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih

Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *