Faktor yang Membangun Loyalitas Pelanggan

Faktor yang Membangun Loyalitas Pelanggan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, sangat penting untuk memperhatikan berbagai faktor yang dapat membangun loyalitas pelanggan. Hal ini sangat dibutuhkan demi keberlangsungan usaha yang dikelola. Sebab tanpa memiliki pelanggan setia, maka Anda harus berusaha secara terus-menerus untuk menjaring konsumen baru. Ini sangat melelahkan bagi kondisi keuangan perusahaan.

Adanya pelanggan tetap tentu akan membantu menekan biaya yang seharusnya digunakan untuk promosi dan perkenalan produk terhadap pembeli baru. Dengan kata lain, dapat menghemat kas perusahaan. Di samping itu, mempertahankan pelanggan juga dapat menjadi sebuah cara ampuh untuk menjaga stabilitas bisnis. Sehingga konsumen bersikap loyal dengan terus menggunakan produk yang dijual.

6 Faktor Membangun Loyalitas Pelanggan

Apabila dikaji secara lebih dalam, sebenarnya ada banyak faktor yang membangun loyalitas atau kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk layanan dari suatu perusahaan. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhinya :

1. Menciptakan Kepercayaan Terhadap Brand

Membangun kepercayaan terhadap sebuah brand adalah hal yang paling sulit. Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap hari akan ada produk baru launching di pasaran dan menjadi saingan Anda. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan rasa puas dan percaya konsumen pada brand Anda. Apabila berhasil, maka akan berdampak sangat besar terhadap loyalitas pelanggan. Karena konsumen pasti akan kembali membeli lagi.

2. Menciptakan Siklus Ketergantungan

Salah satu alasan kenapa konsumen tetap menggunakan sebuah produk adalah karena ketergantungan? Oleh karenanya, penting bagi Anda dalam memilih produk yang ingin dijual. Buatlah sebuah produk yang memang dibutuhkan oleh orang-orang supaya tercipta siklus ketergantungan. Apabila konsumen sudah merasa tidak bisa meninggalkan produk tersebut, maka secara tidak langsung loyalitas akan tercipta dengan sendirinya.

Contoh mudahnya adalah dengan menjual produk berupa sabun mandi, pasta gigi dan lain sebagainya. Kedua barang ini sangat dibutuhkan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sudah pasti laku dan konsumen akan datang membeli lagi.

3. Membangun Komunikasi

Komunikasi dengan konsumen dapat dilakukan dengan menerapkan SOP customer care. Dengan kata lain, setiap produk laku terjual, maka Anda bisa mengirimkan pesan singkat kepada konsumen untuk menanyakan apakah barang yang dipesan sudah sampai atau belum, apakah diterima dengan baik dan lain sebagainya (untuk penjualan melalui sistem online). Hal ini bisa membuat konsumen merasa lebih akrab dengan perusahaan.

4. Follow up Konsumen

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk follow up konsumen. Salah satunya adalah dengan mengirim ucapan ulang tahun, anniversary atau hari spesial lainnya. Hal ini bisa membuat konsumen merasa lebih diperhatikan dan dapat menjadi cara terbaik serta low budget yang bisa diterapkan. Membangun hubungan baik dengan konsumen terbukti ampuh dalam mendapatkan loyalitas-nya.

5. Memanjakan Konsumen

Pelanggan adalah salah satu elemen terpenting dari bisnis. Menjaga supaya pelanggan tetap loyal sudah menjadi kewajiban Anda. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanjakan konsumen. Contoh sederhananya adalah dengan memberikan reward atau potongan harga setiap minimal pembelian produk tertentu. Bisa juga promo cashback yang membuat konsumen merasa senang berbelanja produk Anda.

6. Meningkatkan Kualitas Produk / Layanan

Demi memberikan kepuasan secara terus menerus kepada konsumen, maka perusahaan harus terbuka dengan segala bentuk kritik dan saran. Selain itu, pastikan bahwa kualitas produk dan layanan juga ditingkatkan supaya konsumen tidak merasa kecewa berbelanja barang-barang atau menggunakan jasa dari perusahaan Anda. Di samping itu, pastikan bahwa apapun yang ditawarkan selalu up to date atau mengikuti perkembangan zaman tanpa merubah konsep awal.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //