Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Ritel

Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Ritel

Usaha jenis ritel atau yang lebih dikenal dengan sebutan eceran ini termasuk salah satu bisnis paling diminati di Indonesia. Sederhana saja, usaha ini hanya membutuhkan modal kecil karena jumlah produk yang dibeli juga minim. Di samping itu, ritel juga menjanjikan perputaran uang yang cepat karena secara umum usaha ini berfokus dengan penjualan barang yang dibutuhkan sehari-hari.

Meskipun begitu, seiring dengan perkembangan zaman, persaingan di dunia ritel ini terbilang sangat ketat. Dikarenakan semakin banyak bermunculannya peritel yang menjual produk serupa. Sehingga apabila Anda merupakan seorang pemula dan memiliki rencana untuk menjalankan bisnis ini, maka diharuskan mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha ritel.

Berikut di bawah ini adalah 6 faktor yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi :

1. Lokasi Usaha

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika ingin membuka usaha ritel adalah lokasi. Kesalahan dalam menentukan lokasi ini bisa membawa dampak negatif dalam jangka panjang. Bukan hanya berdasarkan pada pertimbangan yang yang sudah dikeluarkan guna menyewa atau membangun tempat, tapi juga biaya tambahan seperti listrik, surat perizinan usaha dan lain sebagainya.

Di samping itu, lokasi yang tidak tepat juga sangat mempengaruhi tingkat pengunjung atau pembeli. Tentunya akan sangat merugikan, apabila yang terjadi kemudian adalah pendapatan tidak sebanding dengan jumlah modal yang telah dikeluarkan. Karenanya, pikirkan dengan matang mengenai rencana penetapan lokasi supaya tidak merugikan Anda di kemudian hari.

Guswei (2009), menyataan bahwa ada beberapa panduan dalam memilih lokasi untuk membangun usaha ritel, di antaranya adalah : Terlihat, lalu lintas yang padat, arah pulang ke rumah, fasilitas umum, baiaya akuisisi, peraturan atau perizinan, akses, infrastruktur, potensi pasar yang tersedia dan juga legalitas.

2. Harga Yang Tepat

Seperti pengertiannya, bisnis ritel ini umumnya menyediakan produk konsumsi sehari-hari. Contohnya adalah perlengkapan mandi dan juga perlengkapan dapur. Dimana sudah jelas bahwa saingan Anda banyak sekali. Oleh sebab itu, sebagai peretail maka Anda dituntut untuk bisa melakukan control harga secara tepat.

Jangan sampai harga jual menjadi terlalu tinggi, karena hal ini akan membuat para pelanggan berpindah belanja ke tempat lain yang menawarkan harga lebih rendah dan toko menjadi sepi. Sebaliknya, jangan pula menerapkan harga terlalu murah karena bisa mengakibatkan Anda memeperoleh keuntungan yang sangat sedikit, sehingga kemudian modal tidak bisa diputar.

3. Suasana Toko

Suasana toko juga menjadi faktor yang turut memengaruhi keberhasilan usaha retail. Suasana yang kondusif tentu bisa membuat pembeli betah belanja di toko Anda. Contoh mudahnya adalah dengan menyetel musik dan mengatur dekorasi dan penataan barang dagangan di dalam toko. Oleh sebab itu, sangat penting bagi peretail untuk memerhatikan tingkat kenyamanan pelanggan saat berbelanja.

Guna menciptakan sebuah suasana menyenangkan di toko Anda, maka ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu desain interior dan eksterior toko. Desain interior meliputi nilai seni sebuah toko, tata letak seperti penempatan meja kasir dan barang dagangan, desain ruangan yang menarik dan sebagainya. Sedangkan desain eksterior mencakup bentuk bangunan secara fisik yang bisa dilihat dari luar.

4. Menyediakan Produk Lengkap

Meskipun konsepnya adalah usaha ritel, namun kelengkapan ketersediaan produk yang dijual dapat menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan. Dengan semakin banyak barang jualan, maka akan membuat pembeli memiliki pilihan lebih. Dengan kata lain, produk yang lengkap tentu dapat memperluas jangkauan pengunjung.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *