Format Laporan Minimarket

format-laporan-minimarket-photo

Setiap perusahaan dikategorikan baik apabila manajemen administrasinya dilakukan dengan baik dan tersusun rapi. Faktor yang penting dalam administrasi perusahaan adalah laporan keuangan. Laporan keuangan harus tersusun secara administrasi supaya setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tercatat dengan baik.

Keuangan yang baik akan membawa dampak yang baik pula terhadap kelangsungan perusahaan. Laporan keuangan ini berisi transaksi pembelian, penjualan, pendapatan, pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk operasional serta beban gaji karyawan. Disamping laporan keuangan, laporan pendamping yang harus di lakukan adalah laporan keuangan yang berdasarkan waktu antara lain laporan harian, laporan mingguan, laporan bulanan dan laporan tahunan.

Mengapa laporan keuangan harus dibuat dalam jangka waktu pembagian 4 karena ketika Anda membuat laporan disatukan dalam waktu satu tahun, proses pembuatan laporan akan semakin menumpuk dan peningkatan transaksi setiap bulannya tidak bisa di targetkan jika pembuatan laporannya dibuat hanya satu kali yaitu tahunan. Kelebihannya adalah Anda sebagai pengusaha akan lebih mudah untuk memprediksi target ke depan beserta faktor inovasi dalam pengembangan perusahaannya.

3 Jenis Laporan Harian Minimarket

Berikut akan  bahas mengenai laporan harian yang dilakukan di Minimarket

1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas wajib dicatat setiap ada pemasukan dan pengeluaran. Laporan arus kas adalah laporan yang berisi pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam waktu tertentu. Anda akan mengetahuai arus kas masuk dan arus kas keluar dalam periode akuntansi. Dalam penulisannya laporan arus kas ini ada yang ditulis secara manual dalam buku besar, dan ada juga yang ditulis dalam komputer.

2. Laporan Penjualan

Laporan ini berhubungan dengan transaksi yang sudah dilakukan dalam satu hari kerja yang bersangkutan dengan pelanggan. Penulisan laporan ini pun sama ada yang menggunakan teknik manual dengan buku besar, dan ada juga yang sudah menggunakan dengan komputer.

3. Mencatat Persediaan Barang

Sebelum satu hari kerja usai, pastikan anda mengecek persediaan barang. Hal ini untuk mengantisipasi barang yang habis dan persediaannya tersedia.

Setelah mengetahui laporan harian, untuk menyusun laporan mingguan anda harus mengumpulkan laporan-laporan dalam satu minggu kemudian disatukan dalam sebuah map atau box file, seorang akuntan yang baik ia akan melakukan Analisa terhadap transaksi yang sudah dilakukan kemudian mencocokkan dengan persedian barang serta uang yang ada.

Begitupun seterusnya untuk laporan bulanan dan tahunan merupakan gabungan dari laporan-laporan sebelumnya. Hanya perbedaanya jika laporan tahunan baiknya dibuatkan grafik peningkatan transaksi, supaya pelaku bisnis mampu memahami target serta strategi yang akan ia gunakan kedepannya terhadap usaha yang sedang dilakukan.

Surplus atau defisit suatu perusahaan akan terlihat pada laporan keuangan yang dibuat. Kelebihan yang lainnya, ketika penyusunan laporan keuangan yang dilakukan sudah sesuai dengan periode akuntansi laporan minimarket pada umumnya maka anda mampu merealisasikan strategi-strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis minimarket.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai format laporan minimarket. Proses pencatatan laporan perusahaan baiknya dilakukan secara manual dan teknik komputerisasi. Penggabungan dari kedua teknik laporan ini mampu melengkapi kekurangan dan kelebihan dari masing-masing laporan.

Pada saat perusahaan terkena gangguan teknis, laporan secara manual akan sangat membantu anda. Kemudahan teknologi saat ini semakin mempermudah para pengusaha dalam melakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi di perusahaanya dengan aman, cepat, dan akurat. 

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //