Fungsi dan Contoh Kartu Stock di Minimarket

Fungsi dan Contoh Kartu Stock di Minimarket

Semakin menjamurnya bisnis minimarket di berbagai daerah tentunya sudah menjadi bukti nyata. Bahwasanya bisnis yang satu ini memang semakin menjanjikan dari waktu ke waktu. Bahkan menurut data terakhir, bisnis minimarket mampu membuka lowongan pekerjaan yang menyerap banyak pekerja. Namun dibalik segala keuntungan dan kelebihan yang dimiliki oleh bisnis minimarket tentunya hal tersebut juga mesti dibarengi dengan pengelolaan yang baik. Dari sekian banyak unsur maka penggunaan kartu stock yang baik juga memegang peranan yang tidak sembarangan. Lalu apa sih itu kartu Stock? Tenang saja, berikut ini akan dijelaskan fungsi dan contoh kartu stock di minimarket.

Fungsi Kartu Stock di Minimarket

Sebelum lebih jauh, ada baiknya jika Andamengetahui terlebih dulu apa itu Kartu Stock? Sederhananya, Kartu Stock adalah dokumen kendali persediaan sebuah usaha. Dokumen ini akan mencatat barang yang masuk, barang yang keluar, barang yang rusak ataupun barang yang harus dikembalikan. Semua dengan keterangan tujuan dan juga keterangan waktu dari barang itu sendiri. Sedangkan fungsi kartu stock untuk minimarket adalah seperti berikut ini:

1. Sebagai Alat Monitor Bagi Karyawan Minimarket

Lancarnya sebuah usaha minimarket tentunya tidak bisa dilepaskan dari barang-barang yang tersedia di data secara baik. Untuk bisa melakukan hal ini tentunya dibutuhkan karyawan yang cekatan dan juga teliti. Hanya saja tiap karyawan tentunya membutuhkan alat bantu untuk memudahkan pekerjaannya ini. Hal tersebutlah yang membuat kehadiran Kartu Stock menjadi sangat dibutuhkan. Dimana kartu stock ini mampu menjadi alat monitor bagi setiap karyawan minimarket tentang ketersediaan maupun kebutuhan barang yang ada di gudang. Sehingga membuat karyawan lebih cekatan untuk meretur ataupun mengganti barang yang memang sedang diperlukan.

2. Meminimalisir Kesalahan Pada Karyawan

Sehandal atau seteliti apapun karyawan minimarket Anda dalam melakukan pendataan terhadap barang-barang tetap saja kemungkinan terjadinya kesalahan tetap terbuka. Untuk bisa meminimalisir hal ini maka dibutuhkanlah kartu stock untuk Minimarket. Pencatatan berbagai data yang ada di Kartu Stock tentunya akan mampu melacak kejanggalan perhitungan  barang yang seringkali lalai dilakukan oleh para karyawan minimarket. Dengan meminimalisir kesalahan ini tentunya akan membuat persediaan barang menjadi lebih rapi dan teliti di minimarket.

3. Mampu Melacak Barang

Seringkali data fisik tidak sesuai dengan penghitungan kasar yang dilakukan oleh karyawan. Hal ini tentunya membuat pusing apabila tidak segera diselesaikan. Tenang saja, dengan adanya kartu stock maka masalah tersebut dapat diatasi. Hal tersebut tidak lepas karena kartu stock mampu mengatasi potensi kehilangan barang dengan berbagai data lengkap yang tertulis. Dengan adanya data lengkap ini maka bisa dijadikan alat untuk melacak barang fisik yang tidak sesuai dengan data yang ada.

Contoh Kartu Stock Minimarket

KARTU STOCK

Nama Barang … Harga ….
Tgl Nota Keterangan Masuk Keluar Sisa

Contoh kartu stock minimarket seperti di atas mengharuskan karyawan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi secara rinci. Baik itu data yang ada di kolom tanggal, nomor dokumen, jumlah barang masuk, jumlah barang keluar ataupun yang telah tertera di tabel.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang fungsi dan contoh kartu stock di minimarket bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.