Hindari Kesalahan Ini Supaya Usaha Kecil Anda Menguntungkan

Hindari Kesalahan Ini Supaya Usaha Kecil Anda Menguntungkan

Dalam membangun usaha atau bisnis tentu saja ada resiko yang harus dihadapi. Sehingga Anda harus mempersiapkan cara atau jalan keluar untuk menghadapi resiko tersebut. Karena untuk menjadi pengusaha yang terkenal dibutuhkan pengalaman dari berbagai masalah atau resiko tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui resiko kecil yang akan muncul dalam usaha Anda.

Hindari Kesalahan Ini Supaya Usaha Kecil Anda Menguntungkan

Dalam sebuah bisnis atau usaha, pasti ada berbagai masalah yang datang silih berganti. Tinggal bagaimana Anda menyikapi masalah tersebut. Karena setiap masalah mempunyai tingkat resiko yang berbeda-beda sehingga harus diketahui penyebab masalah tersebut. Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam usaha tanpa Anda sadari namun berdampak negatif bagi usaha Anda.

1. Tidak membuat business plan

Business plan merupakan sebuah rencana bisnis yang akan Anda lakukan. Dalam rencana tersebut terdapat aspek persaingan, pasar, target, dan sebagainya. Sehingga jika Anda tidak membuat rencana tersebut, Anda tidak bisa memprediksi masalah atau resiko yang muncul, sehingga Anda juga tidak mempunyai kesiapan untuk menghadapinya.

Tujuan adanya business plan berupa strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk dan strategi untuk menghadapi resiko yang mungkin terjadi. Dengan rencana tersebut berbagai macam resiko dapat dihadapi dengan mudah dan tepat sehingga dapat terhindar dari kerugian ataupun sampai gulung tikar.

2. Ide tidak rasional

Dalam membuat ide bisnis atau usaha, Anda juga harus memperhatikan peluang serta kondisi pasar. Sehingga dibutuhkan ide yang kreatif dan inovatif. Ide yang tidak rasional membuat usaha atau bisnis Anda menjadi tidak dilirik atau tidak dapat menarik perhatian konsumen.

Untuk mengembangkan ide tersebut, Anda dapat memulai dengan usaha kecil. Dari keuntungan tersebut Anda dapat mengembangkan usaha kecil menjadi besar secara bertahap. Anda juga harus melakukan evaluasi terhadap hasil usaha yang telah dilakukan. Sehingga usaha Anda dapat berkembang dengan baik dan lancar. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Wirausaha Baru

3. Tidak memperhatikan pasar

Sebelum memulai usaha, Anda harus melihat kondisi pasar. Jika Anda tidak memperhatikan pasar, kecil kemungkinan usaha Anda akan bertahan lama. Anda harus melihat pasar dan mulai masuk didalamnya untuk mengembangkan usaha Anda tersebut. Karena dalam pasar banyak pesaing bisnis yang siap berkompetisi di pasar.

Dengan memperhatikan pasar tersebut Anda dapat mengetahui kebutuhan konsumen. Karena dalam pasar menyediakan berbagai aktivitas jual beli, sehingga semua hal penting terkait usaha dapat Anda pelajari dari pasar. Dari pasar, Anda juga akan mendapatkan partner usaha yang dapat saling bertukar pengalaman.

4. Tidak menerima saran dan kritik

Sebagai seorang pengusaha pemula, tidak boleh bersifat sombong. Karena dari sifat tersebut usaha Anda akan sulit berkembang. Anda harus menerima kritikan dari orang lain. Dari kritikan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan usaha Anda. Karena kesuksesan dalam usaha atau bisnis bukan hanya dari ide atau produk saja.

Selain kritikan, Anda juga harus bisa mengambil dan mengolah saran dari orang lain guna mengembangkan usaha Anda. Saran yang baik akan dapat meningkatkan kualitas usaha atau bisnis. Kedua hal tersebut harus Anda perhatikan dan ambil untuk mengembangkan bisnis atau usaha Anda.

Untuk menghindari resiko besar yang terjadi. Anda harus mengetahui kesalahan apa saja yang harus dihindari agar usaha Anda berjalan dengan lancar. Dengan adanya manajemen resiko tersebut dapat mencegah terjadinya kerugian. Serta membuat usaha Anda lebih menguntungkan, dan yang paling penting adalah terhindar dari resiko gulung tikar. Apa anda sependapat dengan saya? 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.