Ingin Usaha Warung Kopi Anda Sukses? Simak Tipsnya di Sini!

Ingin Usaha Warung Kopi Anda Sukses? Simak Tipsnya di Sini!

Minuman berwarna hitam dengan rasa khas pahit bernama kopi memang tak pernah lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Semua anak muda hingga dewasa, baik itu wanita atau pria sebagian besar menggemari minuman ini. Pagi, siang, sore, atau malam bahkan diminum saat panas atau dengan es semua bisa. Inilah yang menyebabkan semakin maraknya bisnis warung kopi di negeri ini.

Adanya banyak pesaing menjadikan pemula yang terjun di usaha ini menjadi ragu dan memiliki banyak hambatan. Tenang saja, selama Anda masih giat untuk menekuni maka tidak ada yang tidak mungkin. Di bawah ini ada beberapa tips yang akan membuat Anda tidak lagi takut untuk menghadapi persaingan warung kopi, terutama Anda para pemula. Berikut inilah tipsnya!

Tips Usaha Warung Kopi Sukses

1. Tentukan Target Pasaran

Seperti yang diketahui bahwa kopi itu ada yang memiliki harga murah bahkan di bawah Rp 5.000,- sampai dengan ratusan ribu secangkirnya, tinggal Anda mau pilih target pasaran usia berapa dan kalangan apa. Jika Anda membuka warung kopi keliling atau koling, target pasaran tentu masyarakat menengah usia di atas 20tahun.

Jika Anda hendak membuka warung kopi ala café anak muda, maka target pasaran mulai dari usia belasan sampai 30 tahun, kira – kira usia kuliah alias mahasiswa. Menentukan target pasaran sama saja dengan mempertimbangkan modal. Jika budget di bawah Rp 5juta, maka sudah dipastikan target pasaran Anda adalah masyarakat menengah ke bawah.

2. Tentukan Lokasi

Perkara mencari lokasi itu susah – susah gambang. Tidak boleh sembarangan mencari tempat asal dengan sewa murah. Jika Anda akan berdagan ala warung kopi keliling maka bisa berpindah – pindah dimanapun. Apabila dengan warung atau ala kaki lima sebaiknya pilihlah tempat yang dekat dengan terminal bus, stasiun, kampus, pasar, lingkungan kerja, lingkungan pabrik, atau bisa juga dekat dengan pangkalan ojek.

Jika punya kendaraan seperti mobil pick-up, Anda bisa merubahnya menjadi ala – ala food-truck. Tentunya ini akan lebih menarik minat dan mencakup lebih banyak area lokasi.

3. Mencari Pemasok Kopi

Untuk bisa mendapat banyak keuntungan, pandai – pandailah dalam mendapatkan pemasok kopi dengan harga terbaik. Jangan malas untuk tidak hanya mendatangi satu supplier saja, paling tidak tiga tempat sebagai pembandingnya.

Sebagai saran, pilihlah kopi dengan harga yang sedikit mahal karena secara kwalitas dan rasa tentu berbeda. Jika asal – asalan, dikhawatirkan pengunjung akan kapok. Apalagi Anda dituduh hanya menyajikan minuman dari kopi instant sachet saja.

4. Konsep Warung Ciamik

Siapa yang mau datang ke warung kopi tidak nyaman dan tempatnya asal – asalan di pinggir jalan? Buatlah tempat usaha warung kopi Anda terlihat menarik. Misalnya, tema kopi dan ruang baca. Anda bisa menghadirakan sebuah warung kopi lengkap dengan rak berisi buku dan majalah yang akan menyenangkan pelanggan. Gali lagi tema – tema lain yang mungkin untuk diaplikasikan.

Jika Anda dengan gerobak, atau kopi keliling maka hiaslah gerobak supaya terlihat tidak biasa. Akan tetapi, jangan sampai terlihat norak juga ya!

5. Promosi

Program promosi bisa membuat jumlah pengunjung naik. Misalnya Anda bisa memberikan diskon di hari – hari tertentu. Bisa juga membuat promosi beli 3 gratis 1, dan sebagainya.

Terapkan lima strategi di atas untuk bisa memulai usaha bisnis warung kopi! Dijamin, jika semua diterapkan dengan benar maka kesuksesan akan lekas datang menghampiri. Jika Anda memiliki tips lain, bisa dibagikan lewat kolom komentar di bawah ini!

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.