Ini Dia Data yang Wajib Ada di Invoice

Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia perkantoran dan perdagangan, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya invoice. Pengertian dari invoice sendiri adalah suatu dokumen khusus yang di dalamnya tertera suatu tagihan tertentu oleh satu pihak kepada pihak yang bersangkutan. Atau bisa juga dibuat oleh pihak penjual kepada pembeli terkait barang-barang yang diminta secara detail dan rinci.

Invoice memiliki berbagai fungsi dan manfaat di dalamnya. Di antaranya adalah sebagai suatu informasi terkait produk, baik itu barang ataupun jasa yang telah dibeli oleh konsumen. Selain itu, juga dapat berupa informasi tagihan yang dibutuhkan. Ada kalanya invoice juga dipergunakan untuk bukti dokumen penting ketika ada kesalahan dalam perhitungan total belanja ketika ada kesalahan pengiriman.

Beberapa Hal yang Harus Tertera di Dalam Invoice

Berbicara mengenai invoice, Anda tidak bisa serta merta memasukkan sesuatu sesuai keinginan. Ada aturan dan hal penting yang harus dipahami sebelum mengisi invoice. Karena, ada berbagai cakupan penting pada invoice yang harus dipahami dengan baik. Dan berikut ini adalah beberapa data yang harus ada dan tercantum pada invoice.

1. Nama dan Alamat Perusahaan

Jenis data pertama yang harus dicantumkan di invoice adalah nama dan juga alamat dari perusahaan. Hal ini wajib ditulis dan tidak bisa ditawar. Karena nama dan alamat perusahaan adalah identitas dari pembuat invoice.

2. Nomor Resmi dan Tanggal Dikeluarkannya Invoice

Selain mencantumkan nama dan juga alamat dari perusahaan, Anda juga wajib mencantumkan nomor resmi dari invoice yang dibuat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak terjadi kebingungan dalam proses verifikasi dan cek. Selain itu, jangan lupa mencantumkan tanggal akan invoicenya semakin mudah untuk dikenali.

3. Nama dan Alamat Pembeli

Dan data berikutnya yang juga harus dicantumkan saat membuat invoice adakah nama dari pihak pembeli. Ini juga bagian dari proses penting invoice dimana saat terjadi komplain akan barang dan juga masalah di dalamnya, akan sangat mudah untuk dicek kembali.

4. Nomor Surat Pemesanan Penjualan

Selanjutnya, di dalam invoice Anda juga harus mencantumkan nomor surat dari penjualan tersebut. Ini adalah hal yang sangat penting dalam sebuah proses administrasi. Sehingga, dengan demikian Anda akan semakin mudah.

5. Deskripsi Produk dan Jumlah Produk

Adapun data selanjutnya yang wajib ada di invoice adalah deskripsi dan jumlah produk. Data ini sangat penting untuk dicantumkan terlebih ketika terjadi kesalahan dalam mengirim barang. Dan deskripsi produk tersebut memberikan suatu gambaran penting mengenai produk yang diberikan sehingga meminimalisir adanya penyimpangan produk.

6. Harga Satuan dan Harga Total

Data selanjutnya adalah harga produk per satuannya. Kemudian, juga harus mencantumkan harga totalnya. Dengan data ini, akan semakin mudah diketahui berapa pengeluaran secara totalnya.

7. Stempel dan Tanda Tangan Resmi

Data terakhir yang tidak boleh dilewatkan saat mengisi invoice adalah stempel. Stempel di sini mewakili hadirnya perusahaan di dalam momen tersebut. Dengan memberikan stempel, itu artinya pihak penjual mengesahkan invoice yang ada. Selain dilengkapi dengan stempel, alangkah baiknya untuk ditambah dengan tanda tangan resmi.

Demikianlah beberapa data penting yang wajib ada dan dicantumkan di dalam sebuah invoice. Dengan menggunakan data-data yang da di atas, maka invoice Anda sudah lengkap dan memenuhi standar. Sehingga, semua akan semakin mudah.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.