Ini Dia Keuntungan Pajak untuk UMKM

Ini Dia Keuntungan Pajak untuk UMKM

Bagi pelaku usaha di Indonesia, pasti diwajibkan untuk membayar pajak. Baik dari usaha kecil hingga usaha yang sangat besar. Tidak terkecuali bagi masyarakat pelaku UMKM. Pajak yang mereka harus bayarkan ada beberapa jenis. Mulai dari pajak usaha, wajib pajak, dan pajak penghasilan atau PPh.

Pada tahun 2018 lalu, pemerintah telah menurunkan pajak penghasilan bagi para pelaku usaha mikro kecil atau menengah. Sebelumnya pajak yang berlaku adalah sebesar 1% dari penghasilan pelaku usaha. Tetapi, setelah ada peraturan baru yang dibuat oleh pemerintah, kini pajak penghasilan pelaku UMKM turun menjadi 0,5 % saja.

Peraturan baru tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 yang menggantikan Peraturan Pemerintah No 46 tahun 2013. Dari pasal tersebut yang termasuk pajak penghasilan untuk UMKM adalah pajak penghasilan hasil usaha yang diperoleh Wajib Pajak yang memiliki omzet di bawah 4,8 milyar tiap tahunnya.

Ketentuan Pajak UMKM

Namun tidak semua UKM atau UMKM dapat menikmati diskon atau penurunan pajak penghasilan tersebut. Ada beberapa syarat atau ketentuan yang harus diperhatikan bagi pelaku UMKM, yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki batas waktu tertetu. Yaitu untuk wajib pajak orang pribadi selama 7 tahun. Sedangkan untuk wajib pajak badan seperti firma, koperasi, atau persekutuan komanditer hanya selama 4 tahun. Kemudian untuk wajib pajak berbentuk PT atau perseroan terbatas dapat menikmati tarif pajak 0,5% ini selama 3 tahun saja. Setelah ketentuan waktu tersebut, para pelaku usaha kembali membayar pajak penghasilan sesuai ketentuan umum.
  • Hanya berlaku bagi pelaku UMKM yang memiliki omzet atau peredaran bruto kurang dari 4,8 milyar dalam satu tahun. Misalnya usaha kecil seperti toko kelontong, bengkel, penjahit, atau butik, toko bangunan, dan lain-lain.
  • Untuk mendapatkan tarif pajak setengah persen, pemerintah mewajibkan pelaku usaha untuk membuat pembukuan. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kecurangan dan pemanfaatan peraturan yang dibuat. Dari pembukuan tersebut akan terlihat berapa omzet usaha tersebut dan pemerintah dapat menentukan usaha mana saja yang bisa mendapatkan tarif pajak 0.5%.

Keuntungan Pajak UMKM

Sangat banyak manfaat dan keuntungan yang didapat para pelaku UMKM dengan adanya peraturan penurunan tarif pajak yang mulai diberlakukan dari tahun lalu. Bagaimana tidak, masyarakat pelaku UMKM hanya perlu membayar PPh setengah lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Manfaat dan keuntungan yang didapat diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan kepatuhan membayar pajak

Dengan turunnya tarif pajak tersebut para pelaku lebih patuh untuk membayarnya. Nominal pajak yang harus dibayarkan tidaklah sebesar yang dulu. Dengan meningkatnya pelaku usaha yang patuh membayar pajak, pemerintah pun ikut diuntungkan. Pemasukan pemerintah melalui pajak ikut meningkat dan dapat menunjang kegiatan pemerintahan di berbagai sektor.

  • Meningkatnya ketertarikan masyarakat untuk membuka usaha

Masyarakat yang tertarik di dunia usaha makin berani untuk membuka usaha karena tidak takut wajib pajak yang tinggi. Selama merintis usaha (7 tahun bagi perorangan) mereka hanya membayar 0.5% nya saja. Jika semakin membaik dan bertahan hingga 7 tahun barulah pelaku usaha akan membayar pajak sesuai ketentuan umum.

  • Pembayaran mudan dan praktis

Perhitungan untuk pembayaran pajak penghasilan bagi pelaku UMKM pun kini semakin mudah. Yaitu hanya dengan menjumlahkan omzet dalam satu bulan, kemudian dikalikan dengan tarif pajak.

  • Berkurangnya beban pajak

Banyak hal yang dapat dikembangkan pelaku UMKM dengan berkurangnya beban pajak. Dengan sejumlah uang yang awalnya untuk membayar pajak, dapat digunakan kembali oleh pelaku usaha. Misalnya untuk menambah modal usaha, pengembangan produk, memperbaiki kualitas produk, perbaikan bangunan usaha, dan lain-lain.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.