Ini Dia Pajak Usaha Bahan Bangunan Yang Harus Dibayarkan

Ini Dia Pajak Usaha Bahan Bangunan Yang Harus Dibayarkan

Apabila ingin membangun usaha khususnya dalam penjualan bahan bangunan maka perlu diketahui mengenai apa saja yang harus dipersiapkan. Salah satu hal tersebut adalah mengenai apa saja pajak yang wajib dibayarkan. Hal ini tentu sangat penting karena berkaitan dengan legalitas operasional usaha serta kewajiban dalam melaksanakan peraturan negara.

Adapun beberapa hal yang harus diketahui sebelum membangun atau sekedar mengetahui tentang usaha bahan bangunan yaitu dijelaskan pada beberapa paragraf dibawah ini.

Kelebihan Membangun Usaha Bahan Bangunan

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai pajak apa saja yang harus dibayar, agar dapat menambah ketertarikan berikut ini merupakan keuntungan yang dapat diperoleh jika membangun usaha bahan bangunan.

1. Sedikitnya Pesaing Usaha

Kedai makanan, peralatan rumah tangga, atau toko baju merupakan hal yang lumrah ditemukan dipinggir jalan serta berbagai daerah. Berbeda dengan toko bahan bangunan yang terkadang masih dijumpai satu atau dua toko saja di suatu daerah. Hal ini menunjukkan dengan sedikitnya pesaing maka kemungkinan membangun usaha dengan keuntungan lebih juga semakin besar.

Sedikitnya pengusaha yang memilih usaha ini dikarenakan modal yang dibutuhkan cukup besar. Selain itu  karena minat serta kesadaran akan besarnya keuntungan akan usaha bahan bangunan yang kecil di kalangan masyarakat juga menjadi penyebabnya.

2. saha Bahan Bangunan Akan Terus Dibutuhkan

Salah satu wujud perkembangan adalah didukung dengan infrastruktur yang memadai. Selain itu, semakin berkembangnya populasi juga akan meningkatkan kebutuhan tempat tinggal. Kedua hal ini tentu membuat bahan-bahan bangunan akan selalu dibutuhkan.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Jenis-jenis Pajak Usaha

Selain itu, sejarah juga telah menunjukkan betapa kokohnya usaha bahan bangunan dimana pada tahun 1998 saat terjadi krisis ekonomi jenis usaha ini tetap bertahan. Bahkan semakin meningkat hingga saat ini dengan adanya pembangunan komplek perumahan, perkembangan gedung sekolah, serta yang lainnya.

3. Peluang Bisnis Menjanjikan

Dengan adanya kebutuhan yang tidak pernah berhenti serta sedikitnya pesaing maka usaha bahan bangunan tentu memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Dalam hal ini, usaha bahan bangunan akan bertahan lebih lama. Selain itu, usaha bahan bangunan juga akan menghasilkan omset besar bagi pengusahanya.

Pajak Yang Harus Dibayar Dalam Usaha Bahan Bangunan

Sebagai pengusaha yang taat terhadap peraturan pemerintah tentu akan mengetahui serta berniat untuk membayar pajaknya. Namun, pajak pengeluarannya didasarkan pada ketentuan-ketentuan tertentu. Adapun pajak yang harus dikeluarkan beserta ketentuannya pada usaha bahan bangunan adalah sebagai berikut ini.

1. Terdaftar sebagai PKP

Persyaratan utama usaha bahan bangunan wajib mengeluarkan pajak adalah mendapatkan penghasilan bruto sejumlah 4,8 Miliar Rupiah selama satu tahun. Jika usaha bahan bangunan mencapai kondisi ini, maka harus didaftarkan sebagai PKP. Pengertian dari PKP sendiri adalah pengusaha yang menyerahkan baik barang kena pajak maupun jasa kena pajak kepada konsumen.

2. Pajak Usaha Berupa PPN

Setelah terdaftar sebagai PKP, maka terdapat pajak yang disebut dengan PPN dengan besar 10%. Adanya pajak PPN yang diserahkan kepada konsumen ini harus disertai dengan faktur pajak yang harus dibuat oleh usaha bahan bangunan. Faktur pajak tersebut dilampirkan dalam surat tagihan yang biasanya menjadi satu dengan tagihan pengeluaran total kepada konsumen.

Kemudian usaha bahan bangunan tersebut juga harus membuat laporan keuangan mengenai barang-barang kena pajak PPN kepada pemerintah sebagai bentuk pertanggungjawaban.

3. Pajak Usaha Berupa PPh

Berbeda dengan PPN, pajak usaha berupa PPh yang termasuk ke dalam UMKM ini dikeluarkan meskipun omset kurang dari 4,8 Miliar Rupiah. Pengeluaran PPh ini awalnya sebesar 1% yang selanjutnya PPh finalnya menjadi 0,5%. PPh final tersebut memiliki batas waktu selama 3 tahun untuk badan usaha dan 7 tahun untuk usaha pribadi.

Itulah informasi seputar pajak yang harus dibayarkan oleh usaha bahan bangunan. Dengan informasi diatas diharapkan baik para perusahaan maupun calon pengusaha tidak terkecuali usaha bahan bangunan semakin sadar akan kewajiban membayar pajak.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.