Ini Dia Pentingnya Mengatur Keuangan Untuk Usaha Kecil

Ini Dia Pentingnya Mengatur Keuangan Untuk Usaha Kecil

Era startup atau usaha baru saat ini memang sedang sangat populer terutama di Indonesia. Banyak sekali usaha-usaha dalam skala kecil yang bermunculan baik untuk menjual produk maupun dalam pelayanan jasa. Namun, banyaknya usaha baru yang muncul ini tidak dibarengi dengan sistem pengaturan keuangan yang baik.

Beberapa pengusaha kecil belum banyak yang sadar akan pentingnya mengatur keuangan. Padahal hal ini sangat berguna untuk menjaga agar keuangan usaha tetap stabil dan menghindari pemakaian usang usaha untuk keperluan pribadi. Berikut ini pentingnya mengatur keuangan untuk usaha kecil, antara lain adalah :

1. Dapat Membuat Rencana Keuangan Yang Matang

Pentingnya managemen keuangan dalam usaha kecil yang pertama adalah agar Anda dapat membuat rencana keuangan. Hal ini bisa meliputi jumlah uang yang akan dikeluarkan dalam setiap bulan untuk biaya operasional maupun biaya produksi suatu usaha.

Perencanaan ini dilakukan agar tidak ada uang yang terbuang sia-sia dan uang yang dibelanjakan menjadi sangat efektif. Maka dari itu perencanaan keuangan harus dilakukan oleh setiap pebisnis setiap bulannya.

2. Mempermudah Melihat Data Transaksi

Managemen keuangan juga berguna agar setiap pebisnis mengerti tentang bagaimana transaksi yang terjadi dalam bisnis setiap harinya. Transaksi ini yang membuat pebisnis mengetahui pengeluaran atau pemasukan dalam perusahaan. Oleh sebab itu setiap transaksi harus dicatat secara detail.

Tanpa adanya data ini, akan sangat sulit untuk usaha dalam berkembang. Pasalnya tanpa adanya data transaksi pebisnis tidak bisa mengetahui transaksi apa saja yang terjadi dan bahkan akan sangat rentan terhadap manipulasi keuangan yang merugikan usaha atau bisnis.

3. Digunakan Untuk Mengendalikan Keuangan

Dengan adanya pengaturan keuangan yang jelas akan sangat mempermudah pebisnis dalam mengendalikan keuangan secara baik. Pengendalian ini biasanya didasarkan pada berapa jumlah modal yang dikeluarkan dan digunakan untuk keperluan apa. Selain itu juga berapa banyak jumlah keuntungan dan dialokasikan pada sektor apa.

Oleh sebab itu dengan informasi yang jelas, akan mempermudah pengalokasian dana pada sektor-sektor penting dalam perusahaan. Karena nominal yang diberikan sudah melalui perhitungan yang cukup matang.

4. Mengetahui Jumlah Kewajiban

Pengaturan keuangan yang baik akan membuat pelaku bisnis untuk mengetahui berapa jumlah kewajiban atau hutang yang harus dibayar kepada pihak lain baik institusi bank maupun non-bank. Karena pada dasarnya sedikit sekali pebisnis yang mengetahui akan jumlah hutang yang dimilikinya.

Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan dengan mudah melihat grafik pelunasan yang telah dilakukan perusahaan. Pemantauan ini sangat berguna agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti manipulasi data yang datang dari berbagai pihak baik pihak dalam maupun luar perusahaan.

5. Memudahkan Pemantauan Jumlah Laba

Selain berfungsi untuk melakukan pemantauan terhadap hutang atau kewajiban, pengaturan keuangan yang baik juga akan sangat memudahkan Anda dalam memantau jumlah laba atau keuntungan yang dimiliki perusahaan. Sehingga Anda dapat mengetahui nominal laba pada periode tertentu.

Grafik laba ini berfungsi untuk mengembangkan usaha karena setiap perubahan yang terjadi dapat dilakukan evaluasi. Misalnya saja jika terdapat penurunan keuntungan, Anda akan mudah untuk mengetahuinya dan menemukan solusi untuk menaikkan kembali laba secepat mungkin sebelum masalahnya semakin rumit.

Nah, itu tadi beberapa hal yang menjadikan pengaturan keuangan atau managemen keuangan sangat penting untuk dilakukan oleh usaha-usaha baik yang kecil maupun yang besar. Namun semakin besar usaha maka managemen keuangannya juga akan semakin rumit. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam melakukan managemen keuangan yang baik dan benar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.