Ini Dia yang Harus Anda Siapkan Saat Memulai Bisnis Food Truck

Ini Dia yang Harus Anda Siapkan Saat Memulai Bisnis Food Truck

Ingin memiliki usaha bisnis yang tak biasa dan tergolong unik? Mengapa tak mecoba berbisnis dengan tipe food truck? Akhir-akhir ini model bisnis yang satu ini memang mulai digemari oleh banyak orang. Semuanya diawali pada tahun 2013, pada tahun inilah bisnis food truck pertama kali datang di Indonesia. Ternyata sambutan orang Indonesia sangat baik terhadap bisnis model ini hingga terus berkembang hingga sekarang.

Hal tersebut terbukti dari puluhan bisnis food truck yang sudah bergabung dan terdaftar di AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). Melihat semua fakta dan data-data tersebut pastinya membuat Anda semakin ingin segera memulai bisnis model ini. Ini dia yang harus Anda siapkan saat memulai bisnis food truck.

1. Mengurus Lisensi

Hal pertama yang harus dilakukan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis adalah mengurus perijinan atau lisensi. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda ingin memulai bisnis food truck ini. Perijinan untuk food truck sendiri dimulai dari izin membuka usaha, izin truk, izin keramaian hingga izin permohonan parkir.

Tenang saja, meskipun terdengar merepotkan, dengan adanya internet maka hal tersebut sudah tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena saat ini semuanya sudah serba online jadi Anda cukup dengan membuka website, maka berbagai persyaratan maupun langkah-langkah dalam membuat perijinan akan dijelaskan secara gamblang di sana.

2. Milikilah Mobil Truck yang Memiliki Branding Kuat

Setelah perijinan sudah dipersiapkan maka langkah berikutnya adalah memiliki mobil truck pastinya. Nah, untuk langkah yang satu ini memang bisa dibilang cukup riskan. Apabila Anda sampai salah dalam menentukan mobil truk maka akan berimbas langsung dengan bisnis Anda. Jadi lebih baik hati-hati deh dalam menentukan mobil truck jenis apa yang akan dipilih. Lalu mobil truck seperti apa sih yang mesti dipilih?

Lebih baik pilih mobil truck yang memiliki kapasitas luas dan tidak repot dalam mengurus mesinnya. Selain itu, dandanilah mobil truck agar sesuai dengan model bisnis Anda. Hal ini dilakukan agar mobil truck bisa dijadikan branding kuat terhadap usaha bisnis yang dimiliki. Bahkan pada sebagain usaha, mobil truck ini juga dijadikan ajang promosi kepada semua pelanggan.

3. Tentukan Menu Makanan yang Cocok

Salah satu alasan banyak orang yang menyukai bisnis food truck adalah menu makanannya yang unik tapi tetap lezat. Jadi ini dia yang harus Anda siapkan saat memulai bisnis food truck yaitu menyiapkan menu makanan. Fakta inilah yang mestinya jadi pegangan Anda ketika memulai bisnis food truck. Pilihlah menu makanan yang harganya dapat dijangkau oleh banyak orang tapi tetap dengan kualitas rasa yang tidak main-main. Mulai dari menu seperti mie ramen, mie kocok, pastry, kopi, kebab hingga nasi kotak.

4. Buatlah Rencana Bisnis Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Pembuatan rencana bisnis juga mesti dilakukan ketika Anda sudah menyiapkan ketiga hal di atas. Rencana bisnis ini akan mengatur strategi promosi, target pelanggan, anggaran pemasukan maupun anggaran pelanggan. Rencana bisnis ini sendiri bisa dibagi menjadi dua. Yakni rencana bisnis jangka pendek dan rencana bisnis jangka panjang. Kedua rencana bisnis tersebut tentunya mesti berjalan seiringan dan saling mendukung satu sama lain.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang ini dia yang harus Anda siapkan saat memulai bisnis food truck bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda. Agar nantinya Anda bisa mewujudkan bisnis food truck seperti yang diimpikan. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //