Inilah Alat-Alat untuk Usaha Coffee Shop

Inilah Alat-Alat untuk Usaha Coffee Shop

Kedai kopi saat ini banyak ditemukan di berbagai tempat, terutama di kota besar seakan pertumbuhan kedai kopi semakin menjamur dan tumbuh pesat dalam waktu cepat. Kegemaran masyarakat untuk menikmati secangkir kopi memang menjadi pangsa pasar produktif bagi pelaku usaha kedai kopi. Tapi sebelumnya kenali dulu yuk peralatan apa saja yang harus dimiliki sebuah kedai kopi

Inilah Alat-Alat Untuk Usaha Coffee Shop

1. Alat Pembuat Kopi

alat alat kopi

Sumber: Google.com

Hal utama yang harus dimiliki adalah pembuat kopi. Untuk budget hemat pilihlah menggunakan manual brew atau alat pembuat manual. Alat ini lebih murah daripada alat otomatis seperti espresso yang dibandrol puluhan juta rupiah. Manual brew bisa anda dapatkan mulai dari harga ratusan hingga jutaan rupiah, sesuai dengan berapa budget anda.

2. Coffee Grinder

Coffee Grinder adalah alat untuk menggiling biji kopi utuh menjadi bubuk kopi siap diolah menjadi minum. Kenapa harus dari biji kopi utuh, agar terjaga kesegaran dan demi menghasilkan cita rasa kopi yang terbaik maka harus menggiling kopi sesaat sebelum disajikan. Ada dua jenis mesin yaitu manual dan otomatis, untuk harga juga menyesuaikan tipenya.

Baca Juga: Pentingkah Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kedai Kopi?

 

3. Biji Kopi

Satu lagi yang terpenting dalam membuka coffee shop yaitu biji kopi. Anda harus mencari biji kopi terbaik agar menghadirkan cita rasa kopi terbaik juga. Bahan-bahan pelengkap lainnya adalah susu, gula, krimer, atau tambahan minuman lainnya. Selain minuman anda bisa juga memberikan menu makanan ringan sebagai pendamping teman kopi bagi pelanggan anda.

4. Aksesoris Alat Pembuat Kopi

Selain alat-alat diatas juga terdapat beberapa alat yang dibutuhkan untuk sebagai pelengkap untuk membuat kopi di coffee shop anda.

  • Timbangan
  • Teko
  • Spatula
  • Kertas penyaring kopi
  • Timer
  • Termomether

Selalu perhatikan kualitas dan daya tahan setiap barang yang telah anda beli. Anda membutuhkan barang-barang berkualitas sehingga dapat anda pergunakan sesering mungkin dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas, jadi tidak ada salahnya kita berinvestasi alat yang berkualitas baik agar awet dan bisa tahan lama

5. Alat Saji

Peralatan saji untuk kopi anda seperti mug, cangkir kopi, sendok kecil, tatakan gelas, tempat gula, sendok garpu, nampan, piring kecil dan perlengkapan lainnya yang mungkin akan anda butuuhkan untuk menyajikan kopi dan hidangan pendampingnya. Saat ini banyak sekali toko yang menjual dan menyediakan berbagai macam peralatan dan perlengkapan sesuai budget anda.

6. Furniture Coffee Shop

Saat orang datang ke coffee shop yang dicari adalah kenyamanan. Jika anda bisa membuat coffee shop anda dengan suasana nyaman dan furnitur yang mendukung maka bisa menjadi media promosi yang baik agar pelanggan mau berkunjung dan membeli kopi anda. Sediakan meja dan bangku yang nyaman dan sesuai dengan ukuran konsep kedai kopi anda.

Tambahkan beberapa dekorasi ruangan agar coffee shop anda agar lebih terlihat stand out. Tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menempatkan furnitur yang mewah, asal tepat dalam pemilihan dan penataannya maka furniture sederhana juga akan tampak memikat. Selain itu anda juga membutuhkan meja bar untuk tempat menyeduh kopi, rak kabinet tempat penyimpanan bahan makanan

Coffee shop merupakan tempat asyik untuk nongkrong dan menghabiskan waktu sendiri atau bersama dengan rekan-rekan anda. Mengembangkan bisnis coffee shop juga merupakan pilihan yang bisa anda pertimbangkan jika ingin membuka usaha. Cocok buat anda para kawula muda yang ingin memulai usaha sendiri. Siapkah anda terjun ke bisnis coffee shop ini.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.