Inilah Manfaat Akuntansi bagi perusahaan yang Belum Anda Ketahui

Inilah Manfaat Akuntansi bagi perusahaan yang Belum Anda Ketahui

Akuntansi tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kegiatan perusahaan apapun. Banyak orang awam yang mengenal akuntansi hanya sebagai laporan keuangan semata. Sayangnya, akuntansi memiliki definisi dan fungsi yang lebih kompleks dari yang selama ini diketahui. Menurut AAA (American Accounting Association) sendiri, akuntansi adalah proses identifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi sebagai sumber pengambilan keputusan yang jelas pada orang-orang yang berkepentingan. Selain definisinya ternyata inilah manfaat akuntasi bagi perusahaan yang belum Anda ketahui.

1. Alat untuk Merekam Transaksi
Manfaat akuntansi pertama yang banyak orang belum tahu adalah fungsinya sebagai alat untuk merekam transaksi. Nah, apa sih arti dari alat untuk merekam transaksi? Sederhananya adalah rekam jejak yang mencatat berbagai data transaksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Mulai dari arus pengeluaran, pemasukan hingga berbagai investasi di berbagai hal yang dilakukan oleh perusahaan dalam jangka periode waktu tertentu. Rekam jejak ini nantinya lah yang akan digunakan sebagai kerangka utama dalam laporan keuangan sebuah perusahaan.

2. Mampu Melindungi Aset Bisnis
Mungkin belum banyak yang tahu bahwa akuntansi pada perusahaan ternyata mampu melindungi aset bisnis dari perusahaan itu sendiri. Biasanya hal ini bisa terjadi ketika perusahaan Anda berada dalam situasi sulit karena telah menjaminkan beberapa aset ke bank. Apabila tidak kunjunga dibayar maka hampir dipastikan bahwa aset tersebut akan terus mengalami penurunan nilai. Hal ini bisa dicegah apabila perusahaan Anda memiliki sistem akuntansi yang baik. Soalnya akuntansi yang baik akan mampu melindungi aset bisnis dari sebuah perusahaan. Bahkan akuntansi ini mampu melindungi aset bisnis secara lebih cepat dan juga lebih kuat.

3. Sebagai Alat Komunikasi
Komunikasi yang lancar antar lini perusahaan tentunya adalah hal vital demi lancarnya sebuah roda perusahaan. Untuk sekarang ini, komunikasi bukan hanya semata dilakukan dengan menggunakan kata-kata ataupun kalimat. Soalnya angka-angka dan juga grafik juga telah menjadi bahasa yang dimengerti oleh banyak pihak. Untuk itulah, akuntansi bisa dijadikan alat komunikasi untuk tiap lini perusahaan untuk mengetahui kondisi perusahaan secara lebih rinci. Jadinya setiap lini perusahaan dapat mengambil keputusan penting untuk perusahaan sesuai kapasitasnya masing-masing. Tentu dengan menjadikan laporan akuntansi sebagai dasar utamanya.

4. Sebagai Alat Peringkas
Sebagai seorang pengusaha, tentunya banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengurus perusahaan Anda. Namun hal tersebut bukan berarti Anda menghabiskan waktu hanya untuk membaca tiap detail transaksi, pengeluaran, investasi maupun hal lainnya yang berhubungan dengan nominal perusahaan. Karena pastinya hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu saja. Untuk itulah, Anda membutuhkan catatan akuntansi untuk meringkas semua hal tersebut dalam sebuah laporan yang lebih efektif.

Dengan laporan yang lebih efektif dan ringkas ini pastinya akan lebih menghemat waktu Anda untuk mengecek kondisi perusahaan Anda. Tidak berhenti sampai di situ saja, catatan akuntansi ini akan lebih mudah untuk dipahami dan tidak rumit untuk dipresentasikan di depan banyak pihak. Yang tentunya dilakukan demi kepentingan perusahaan Anda.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang inilah manfaat akuntasi bagi perusahaan yang belum Anda ketahui bisa bermanfaat. Supaya Anda dan perusahaan lebih rinci dan maksimal dalam membuat catatan akuntansi untuk perusahaan. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //