Jangan Sampai Tidak Membayar Pajak! Ada Sanksinya Lho!

Jangan Sampai Tidak Membayar Pajak! Ada Sanksinya Lho!

Membayar pajak adalah salah satu kewajiban bagi setiap orang yang bekerja. Sifatnya memaksa dan harus dipatuhi. Sebab sudah ada undang-udang yang mengaturnya. Bagi wajib pajak yang tidak membayar pajak, maka akan ada sanksi yang didapatkan. Negara sudah menetapkan sanksinya agar setiap warga negara patuh akan kewajiban yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sanksi bisa berupa teguran ataupun lainnya. Biasanya opsi terakhir dari sanksi yang akan diberikan adalah berupa tindakan gijzeling. Sanksi ini diberikan oleh pemerintah kepada para wajib pajak yang nakal atau tidak taat. Biasanya dilakukan penyanderaan 6 bulan bahkan bisa diperpanjang selama 6 bulan berikutnya. Simak ulasan mengenai sanksi tidak membayar pajak selengkapnya berikut ini.

Sanksi Bagi yang Tidak Membayar Pajak

1. Sanksi yang Didapatkan Karena Tidak Melaporkan SPT Tahunan PPh 21

Seharusnya wajib pajak tidak terlambat dalam membayarkan pajaknya. Apalagi jika sampai tidak melaporkan SPT. Berdasarkan pajak penghasilan atau PPh 21, sanksi yang akan diterima adalah membayarkan denda yakni sebesar Rp 100.000. Sementara denda administrasi untuk Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai yakni sebesar Rp 500.000. Tidak hanya itu, denda lainnya yaitu mengenai Surat Pemberitahuan Masa Lainnya juga harus dibayarkan sebesar Rp 100.000.

2. Sanksi yang Didapatkan Karena Tidak Melaporkan SPT Tahunan PPh 22

Berbeda dengan jenis sanksi sebelumnya, sanksi yang satu ini diberikan oleh pemerintah terhadap suatu badan usaha. Hal ini sudah diatur dalam pajak penghasilan atau PPh 22. Nominal dendanya adalah sebesar sebesar Rp 1.000.000. Jumlahnya cukup besar dan jauh dengan denda wajib pajak pribadi. Jika anda sebagai pihak perusahaan, sebaiknya anda taat pajak dan melaporkan SPT tahunan.

3. Sanksi Administrasi Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai

Jenis sanksi ini merupakan sanksi lain lagi yang diberikan untuk sebagai surat pemberitahuan mengenai masa pajak pertambahan nilai. Anda harus mengeluarkan denda uang sebesar Rp500.000. Kemudian jumlah denda yang juga harus dibayar untuk surat pemberitahuan masa lainnya yaitu sebesar Rp100.000.

4. Pihak-pihak yang Bebas Sanksi Pajak

Ada pihak-pihak tertentu yang tidak diberikan denda atau sanksi administrasi. Hal ini dikarenakan kondisi dari pihak ini berbeda, sehingga pemerintah memberikan kemudahan kepada mereka. Beberapa pihak yang termasuk di antaranya adalah :

  • Orang yang sudah meninggal

Tentu saja orang yang sudah meninggal tidak akan dikenakan pajak oleh pemerintah.

  • Orang yang terkena dampak dari bencana atau mengalami musibah

Hal ini berdasarkan aturan yang dikeluarkan atau ditetapkan oleh pemerintah, yakni dari peraturan menteri keuangan

  • Warga negara asing yang telah meninggalkan Indonesia

Selain orang dengan kondisi ini, perusahaan lain yang tidak lagi melakukan usaha apapun meskipun belum bubar, juga tidak akan mendapatkan sanksi atau denda dari pemerintah.

  • Badan usaha tidak melakukan kegiatan di Indonesia lagi saat ini
  • Orang yang sudah tidak bekerja

Yakni bagi orang-orang yang dulunya pernah memiliki usaha, kemudian berhenti.

  • Korban dari berbagai jenis kejadian, misalnya ledakan bom, kebakaran, kerusuhan, perang, maupun karena terjadinya kegagalan sistem komputer perpajakan negara.

Beberapa hal di atas seharusnya sudah diketahui dan pahami oleh para wajib pajak. Menjadi wajib pajak yang taat tentu saja akan sangat menguntungkan, sebab tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar denda. Juga sebagai bentuk usaha untuk menyejahterakaan masyarakat Indonesia dengan anggaran yang diberikan.

Jadi, bagaimana menurut anda? Apakah anda termasuk di antaranya? Bagaimana pengalaman anda? Yuk sharing di kolom komentar untuk berdiskusi!

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.