Jenis-jenis Laporan Keuangan Bisnis

Jenis-jenis Laporan Keuangan Bisnis

Dalam menjalankan suatu bisnis, laporan keuangan mempunyai peran yang sangat penting. Data keuangan yang dicantumkan berguna untuk mengetahui keadaan keuangan bisnis secara keseluruhan. Dari data informasi keuangan tersebut, Anda bisa menyusun strategi bisnis. Selain itu Anda juga bisa mengambil suatu keputusan yang penting. Ada jenis-jenis laporan keuangan yang perlu Anda mengerti sebagai pelaku bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai 4 jenis laporan keuangan bisnis.

4 Jenis Laporan Keuangan Bisnis

Sebenarnya ada banyak jenis laporan keuangan bisnis. Terdapat 4 jenis laporan keuangan bisnis yang utama dan perlu Anda ketahui, antara lain yaitu:

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi berisikan tentang beban perusahaan dan unsur-unsur pendapatan untuk mengetahui besar laba serta rugi yang dihasilkan. Fungsi utama dari laporan laba rugi yaitu menyajikan informasi terkait performa bisnis yang dibutuhkan untuk memprediksi keadaan ekonomi internal suatu perusahaan kelak di masa mendatang.

Kapasitas suatu perusahaan di dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang tersedia juga bisa diprediksi melalui informasi tersebut. Laporan laba rugi yang bersifat ideal setidaknya mencakup aspek pendapatan, beban pajak, pos luar biasa, hak minoritas, laba rugi usaha dan laba atau rugi dari kegiatan normal perusahaan.

Selain itu juga mencakup bagian dari laba maupun rugi suatu perusahaan afiliasi ataupun asosiasi yang bermetode ekuitas, beban pinjaman serta laba maupun rugi bersih untuk periode berjalan.

  • Laporan Neraca

Laporan neraca akan menunjukkan informasi, keadaan maupun posisi keuangan bisnis pada periode waktu tertentu. Anda bisa melihat kewajiban berupa utang, jumlah dari aktiva berupa aset maupun harta serta ekuitas yang merupakan modal suatu perusahaan melalui laporan ini.

Pada umumnya neraca tersusun atas 3 unsur utama yaitu aset, ekuitas serta liabilitas. Akan terbentuk suatu persamaan yaitu aset = liabilitas + ekuitas jika ketiga unsur utama tersebut dikaitkan dengan persamaan akuntansi. Baca Juga: Cara Membuat Neraca Lajur (Worksheet) Perusahaan

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan ini menunjukkan berbagai macam informasi tentang jumlah modal yang bisnis Anda miliki selama periode tertentu. Laporan yang satu ini akan memberikan informasi mengenai berapa besarnya jumlah perubahan modal yang sudah terjadi beserta penyebabnya.

Dalam pembuatan laporan perubahan modal yang Anda perlukan adalah data tentang jumlah modal yang terjadi pada awal tahun, pengambilan dana pribadi oleh pemilik untuk tahun yang bersangkutan serta jumlah rugi maupun laba bersih selama tahun tersebut. Jadi, Anda harus membuat terlebih dulu laporan laba rugi sebelum nantinya membuat jenis laporan perubahan modal.

  • Laporan Arus Kas

Laporan keuangan suatu perusahaan yang dipakai untuk menampilkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode tertentu akuntansi merupakan pengertian dari laporan arus kas atau cash flows. Informasi-informasi dari laporan arus kas ini bisa dipakai sebagai suatu indikator untuk mengetahui jumlah arus kas kelak.

Selain itu juga bermanfaat untuk menilai tingkat ketepatan perkiraan arus kas yang sebelumnya sudah dibuat.  Laporan ini juga dipakai sebagai alat untuk mempertanggungjawabkan besar arus kas yang masuk maupun arus kas yang keluar selama periode waktu pelaporan.

Demikianlah penjelasan mengenai 4 jenis laporan keuangan bisnis yang penting untuk Anda ketahui. Laporan keuangan membantu Anda untuk mengetahui keadaan finansial yang bisnis Anda sedang jalankan. Selain itu, laporan keuangan juga dipakai sebagai acuan pengambilan suatu keputusan. Masing-masing jenis laporan keuangan tersebut mempunyai perannya sendiri-sendiri yang berbeda. Jadi, pastikan Anda mengetahui fungsi setiap laporan keuangan yang dibuat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.