Jenis Pelatihan dan Pengembangan Karyawan yang Tepat

Jenis Pelatihan dan Pengembangan Karyawan yang Tepat

Menjalankan suatu bisnis merupakan hal yang tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan terutama yaitu mental. Pebisnis harus memiliki mental yang kuat untuk siap gagal. Banyak sekali para pemilik bisnis yang kini sukses dulunya mengalami banyak kegagalan. Bahkan juga sampai mengalami bangkrut pada usaha yang dijalankannya.

Pemilik bisnis yang sukses mayoritas sudah memiliki perusahaan sendiri. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi sebuah perusahaan tersebut bisa berkembang dengan baik atau tidak.  Salah satunya yaitu Sumber Daya Manusia atau SDM. Sebuah perusahaan tentunya memerlukan Sumber Daya Manusia atau SDM berupa karyawan yang berkualitas

Karyawan yang berkualitas bisa membuat suatu perusahaan juga berkualitas. Apalagi sekarang ini banyak perusahaan lain yang juga berkembang dan tentunya menjadi pesaing Anda. Produktivitas karyawan harus ditingkatkan agar kinerja perusahaan bisa berlangsung dengan baik. Mengingat karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang harus dijaga.

Jadi, program pelatihan dan pengembangan karyawan diperlukan untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut. Ada 5 jenis pelatihan dan pengembangan karyawan yang bisa coba dilakukan. Berikut penjelasannya.

5 Jenis Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Berikut ini ada 5 jenis pelatihan dan pengembangan karyawan yang bisa coba dilakukan, diantaranya yaitu…

  • Skill Training atau Pelatihan Keahlian

Jenis pelatihan yang sering dilakukan dan banyak dipilih oleh perusahaan yaitu skill training atau pelatihan keahlian. Program pelatihan jenis ini cukup sederhana. Diantaranya yaitu seperti menilai kekurangan atau kebutuhan. Setelah itu diidentifikasi dengan cara melakukan penilaian secara teliti.

  • Retraining atau Pelatihan Ulang

Jenis pelatihan yang diberikan oleh para karyawan suatu perusahaan untuk menghadapi berbagai perubahan tuntutan kerja yaitu retraining atau pelatihan ulang. Melalui pelatihan ini, karyawan bisa menjadi lebih percaya diri ketika menyelesaikan berbagai pekerjaan.

  • Team Training atau Pelatihan Tim

Jenis pelatihan yang digunakan untuk mengompakkan beberapa anggota yaitu team training atau pelatihan tim. Pelatihan ini dikerjakan dengan cara bekerja sama antara anggota yang satu dan anggota lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan. Penyelesaian suatu pekerjaan bertujuan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Hal ini perlu dilakukan untuk membentuk jiwa tim yang baik, sehingga ketika bekerja sama mereka akan melakukannya dengan baik.

  • Pelatihan Kreativitas atau Creativity Training

Jenis pelatihan yang dilakukan dengan cara memberikan peluang bagi para karyawan untuk mengeluarkan gagasan atau ide dengan bebas namun tetap didasarkan pada nilai rasional yaitu creativity training. Gagasan atau ide yang sudah dikeluarkan tersebut bisa dikembangkan nantinya dengan tujuan untuk membangun suatu perusahaan menjadi lebih baik. Karena pastinya setiap karyawan mempunyai ide atau gagasan yang beragam.

  • Pelatihan Lintas Fungsional atau Cross Functional Training

Jenis pelatihan yang melibatkan para karyawan untuk melakukan berbagai kegiatan kerja di bidang lainnya selain dari pekerjaan yang telah ditugaskan kepadanya yaitu cross functional training. Dengan pelatihan ini, maka kemampuan para karyawan di bidang lainnya bisa menjadi lebih berkembang. Di dalam mengembangkan suatu perusahaan tentunya dibutuhkan kemampuan lain yang tidak hanya itu-itu saja.

Nah, itu tadi mengenai 5 jenis pelatihan dan pengembangan karyawan yang bisa Anda coba lakukan. Dengan melakukan pengembangan dan pelatihan rutin atau berkala, Anda bisa meningkatkan kemampuan para karyawan yang Anda miliki menjadi semakin baik. Kualitas kinerja karyawan yang baik bisa menjadikan perusahaan yang Anda miliki bisa semakin maju dan berkembang. Semoga informasi yang telah dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.