Kekurangan dan Kelebihan Dari Point Of Sale Dibandingkan Pencatatan Manual

kelebihan-dan-kekurangan-dari-point-of-sale-dibandingkan-pencatatan-manul-image

Point of sale atau yang sering disebut POS merupakan sistem yang seringkali digunakan oleh pengelola usaha. POS dapat mempermudah proses transaksi karena memiliki banyak fungsi. Selain fungsinya yang mempermudah pengelola bisnis menjalankan roda usahanya, keamanan dalam transaksi serta efisiensi waktu juga menjadi poin plus Point of sale.

Point of sale atau yang sering disingkat POS merupakan sebuah sistem dalam dunia bisnis yang menggunakan perangkat hardware (peralatan) dan software (program). Dua komponen tersebut saling terkait untuk membantu proses transaksi dalam perusahaan.

POS dalam dunia usaha dapat pula diartikan sebagai tempat kasir dengan menggunakan mesin kasir (hardware dan software). Transaksi dapat dinyatakan selesai apabila sudah sampai pada titik penjualan (check-out) yang dilakukan di kasir.

Point of sale selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Berikut kelabihan dan kekurangan POS:

Kelebihan Point Of Sale

1. Memberikan Laporan Data Lengkap

POS dalam dunia bisnis memberikan banyak kemudahan, salah satunya dalam laporan penjualan. Laporan yang diberikan sangat lengkap dan mendetail. Mengingat, banyak fitur yang canggih dan lebih baik ketimbang pencatatan manual.

Selain lengkap dan mendetail, laporan yang diberikan dapat diberikan pada waktu itu atau periode waktu tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini dapat Anda gunakan untuk selalu memantau perkembangan penjualan dalam bisnis Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui setiap perkembangan yang terjadi pada bisnis yang Anda jalankan.

2. Manajemen Stok Barang

POS dapat memberikan laporan yang lengkap termasuk memberikan laporan kondisi stok barang. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengatur keluar masuknya barang sesuai dengan kategori barang. Laporan kondisi stok barang juga dapat membantu Anda mengetahui kategori barang mana yang paling dicari pembeli sehingga stoknya cepat habis.

3. Strategi Promosi

Fitur yang canggih dalam POS memungkinkan stratego promosi juga dapat dilakukan di dalamnya. Misalnya dengan memberikan bonus karena sudah berapa puluh kali belanja di tempat Anda. Penerapan poin yang didapatkan pelanggan juga dapat diberikan melalui POS menggunakan syarat pembelian barang dengan jumlah nominal tertentu. Poin dapat ditukarkan dengan barang yang disediakan atau ditukarkan dengan potongan harga.

Inovasi yang demikian akan meningkatkan motivasi pelanggan untuk selalu membeli barang di tempat Anda. Selain itu, perasaan nyaman para pelanggan juga dapat dibangun dari strategi promosi yang diberikan. Keuntungan akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya kelebihan dan inovasi yang ditawarkan dalam bisnis Anda.

4. Keamanan

Tidak sedikit pelanggan yang nyaman menggunakan kartu kredit dalam proses pembayaran. Maka dari itu, untuk mempermudah mereka dalam transaksi sistem POS juga perlu dilengkapi standar keamanan bertransaksi. Hal ini bisa dilakukan integrasi dengan sistem lain yang menunjang keamanan.

5. Integrasi dengan Sistem Lain

POS juga dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang dapat menunjang fungsi transaksi dan kemanan dalam bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat mengintegrasikan dengan sistem pencetakan struk atau bukti pembelian, sistem barcode scanner dan sistem lainnya yang sekiranya mendukung dan mempermudah proses transaksi di tempat usaha yang Anda jalankan.

Kekurangan

1. Ada Biayanya

Kelemahanya ialah biaya yang tidak murah. Mengingat banyak fitur canggih dengan menghasilkan puluhan kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Namun, jika Anda memulai dengan modal yang cukup besar. Persoalan biaya tidak menjadi masalah bagi bisnis yang Anda kelola.

2. Terkena Virus

Penggunaan software memungkinkan terkena virus. Hal ini yang sering dikhawatirkan oleh pengguna perangkat lunak. Apabila sudah terkena virus berbahaya, data akan hilang sehingga akan menyulitkan proses transaksi dan pelaporannya.

Kelebihan dan Kekurangan Pencatatan Manual adalah :

1. Tidak Membutuhkan Biaya Gratis

2. Keamanannya Tidak Terjamin

3. Jika Salah Input Maka Harus Mengulang Dari Awal

4. Harus Input Satu-Satu Jadi Ribet

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau berjuang untuk meraihnya. @venjaskens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *