Kiat Mengatur Perputaran Modal Kerja Perusahaan

Kiat Mengatur Perputaran Modal Kerja Perusahaan

Modal kerja perusahaan adalah uang dalam bentuk tunai dan juga aktiva yang dapat diuagkan dengan mudah, guna membiayai aktivitas operasional sehari-hari pada sebuah perusahaan. Dengan mengetahui informasi mengenai modal kerja secara akurat, maka Anda bisa membuat perencanaan dan mengelola bisnis secara tepat. Selain itu, juga bisa mempermudah untuk menentukan keputusan investasi.

Mengatur perputaran modal kerja memiliki fungsi yag sangat vital bagi kemajuan sebuah usaha. Ini bisa menjadi sebuah tolak ukur apakah kelak perusahaan dapat membayar kewajiban seperti pinjaman dan berapa lama jangka waktu yang akan dibutuhkan. Sebab perusahaan yang berdiri tanpa modal kuat bisa menimbulkan problema di kemudian hari.

Jadi, secara umum pengaturan modal bisa menjadi penentu apakah aktivitas bisnis yang dijalankan sudah efisien atau belum.

Cara Mengatur Modal Kerja Supaya Tidak Bangkrut

Ada beberapa kiat yang bisa diterapkan dalam mengatur perputaran modal kerja perusahaan supaya bisnis tidak mengalami kebangkrutan. Meskipun sebenarnya tipsnya sangat sederhana, namun bagi seseorang yang belum berpengalaman bisa menjadi perkara rumit. Apabila saat ini Anda sedang berada di posisi mencari referensi mengenai cara ampuh dalam mengelola modal kerja. Maka beberapa poin di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda.

1. Menghitung Modal Kerja

Hal pertama dan paling utama yang harus dilakukan adalah dengan menghitung modal kerja yang Anda miliki atau telah dikeluarkan. Apabila sudah ketemu angka pas-nya. Maka tinggal lakukan mengkalkulasi kekuatan modal tersebut untuk menopang perusahaan. Selain itu, bedakan antara modal dan keuntungan supaya sisanya bisa Anda masukkan sebagai tabungan di masa depan. Dan Anda tahu di titik mana modal tersebut dapat menanggulangi aktivitas operasional bisnis.

2. Mengelola Tagihan

Membangun sebuah perusahaan bukanlah perkara yang mudah, terlebih apabila skalanya besar. Anda juga dituntut memiliki kemampuan manajemen dalam mengelola tagihan. Terutama kepada partner atau konsumen Anda. Usahakan supaya tunggakan para pelangggan dibayar secara tepat waktu. Kalau sudah terlanjur basah, maka berikan penawaran berupa diskon untuk yang melunasi lebih awal. Hal ini dilakukan guna menghindarkan perusahaan dari kerugian secara finansial.

3. Tidak Membeli Aktiva Tetap

Apabila bisnis Anda belum berjalan stabil. Maka jangan pernah memberanikan diri untuk membeli aktiva tetap (gedung baru atau pabrik baru), dengan sistem hutang jangka pendek. Hal ini dikarenakan aktiva tetap akan sangat sulit untuk ditukar dalam bentuk uang tunai. Yang mana jika terjadi secara berkepanjangan akan mempengaruhi modal kerja Anda. Dan bukan tidak mungkin akan menggoyahkan perusahaan.

4. Mengelola Kas Supaya Tetap Balance

Dalam sebuah perusahaan, sangat penting untuk menjaga agar pemasukan kas tetap balance atau seimbang. Oleh karenanya, income harus dikelola sebaik mungkin. Sehingga ketika terjadi krisis pada perusahaan Anda, maka Anda tidak perlu menggunakan modal kerja untuk menanggulangi paceklik tersebut. Anda masih memiliki tabungan dalam bentuk uang kas yang bisa dipakai untuk kebutuhan darurat sewaktu-waktu.

5. Konsistensi Produk

Mengatur perputaran modal kerja supaya bisnis tidak bangkrut bukan berarti Anda harus membuat stock produk sesedikit mungkin untuk menghindari kerugian (apabila bergerak di bidang produksi atau penjualan). Anda juga harus mempertahankan konsistensi menyediakan jumlah produk ideal supaya tidak kelebihan atau kekurangan). Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan metode JIT atau Just in Time supaya lebih efisien.

6. Melunasi Hutang Jangka Pendek

Kalau Anda meminjam uang ke pihak tertentu dalam bentuk hutang jangka pendek untuk membangun perusahaan. Maka usahakan untuk melunasinya saat tanggal jatuh tempo sudah dekat. Jika perlu, minta orang terdekat Anda supaya mengingatkan. Ini dilakukan demi menghindarkan ketidakseimbangan pada perusahaan.

Itulah Cara mengatur perputaran modal yang bisa kami berikan untuk Anda terapkan pada usaha Anda. Semoga usaha yang kita selalu mengalami perkembangan. Salam #Let’s beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *