Kiat Sukses Memulai Usaha Peternakan

Kiat Sukses Memulai Usaha Peternakan

Ada banyak usaha atau bisnis yang sekarang ini berkembang. Mulai dari usaha makanan, minuman maupun usaha peternakan. Usaha peternakan memang memerlukan modal yang cukup besar pada awalnya. Selain itu juga terdapat berbagai kesulitan pada tahap awal. Namun, hasil dari usaha ternak sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Ada banyak pemula usaha peternakan yang mengalami kegagalan dan akhirnya menyerah. Padahal jika usaha peternakan dilakukan dengan baik dan sungguh-sungguh pasti bisa berhasil. Mengetahui cara memulai usaha peternakan agar mendapatkan keuntungan diperlukan. Bagaimanakah cara memulai usaha peternakan yang menguntungkan? Berikut penjelasannya.

Cara Memulai Usaha Peternakan yang Menguntungkan

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka usaha peternakan. Berikut ini merupakan beberapa cara memulai usaha peternakan yang menguntungkan, diantaranya yaitu:

  • Menyesuaikan dengan Modal

Setiap usaha yang dijalankan pasti memerlukan modal. Begitupun dengan usaha peternakan. Semua jenis usaha peternakan memerlukan modal kecuali jika usaha peternakan tersebut adalah warisan dari keluarga. Ada banyak jenis usaha peternakan yang bisa Anda pilih.

Diantaranya yaitu ternak ayam, ternak sapi, ternak bebek, ternak kambing dan masih banyak jenis ternak lainnya. Untuk memilih jenis usaha peternakan apa yang menguntungkan bagi Anda yaitu sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Karena pada dasarnya semua jenis usaha peternakan menguntungkan jika dilakukan dengan tepat dan baik.

  • Menyesuaikan dengan Kondisi Lingkungan 

Ketika memulai usaha peternakan perhatikanlah terlebih dahulu kondisi lingkungan. Hal ini karena kondisi lingkungan akan mempengaruhi pertumbuhan hewan. Jangan sampai salah memilih jenis usaha peternakan. Ketika Anda salah memilih, bisa jadi bukan keuntungan yang Anda dapatkan tapi malah kerugian.

Jika ingin membuka usaha peternakan di Indonesia, maka berarti Anda harus memilih jenis hewan yang memang bisa hidup dan tinggal di daerah tropis. Yaitu curah hujan dan temperatur udara yang cukup tinggi.  Sehingga, pemilihan jenis hewan harus tepat sesuai dengan kondisi lingkungan tempat Anda ingin mengembangkan bisnis ternak tersebut.

  • Mengondisikan dengan Lahan yang Dimiliki 

Untuk memulai usaha peternakan sesuaikan dengan kondisi lahan yang Anda miliki. Jangan memaksakan keadaan yang ada. Misalnya Anda ingin ternak sapi, namun lahan yang ada hanya cukup untuk ternak ayam. Maka sesuaikan dengan lahan yang ada saja. Tidak masalah jika akhirnya Anda beternak ayam padahal inginnya ternak sapi. Karena semua jenis hewan ternak akan memberikan banyak keuntungan jika pengelolaannya dengan baik dan benar.

  • Mengusahakan Untuk Melakukan Magang Terlebih Dahulu

Usaha peternakan berhubungan dengan makhluk hidup yang mempunyai nyawa.  Jadi, agar makhluk hidup bisa tumbuh dan berkembang dengan baik tidak asal dalam pengelolaannya. Jangan sampai karena kurangnya pengalaman Anda menyebabkan hewan ternak yang Anda miliki menjadi stress bahkan mati.

Bukannya keuntungan yang diperoleh tapi malah kerugian. Jadi, Anda harus benar-benar mengetahui bagaimana membudidayakan hewan ternak dengan baik. Mulai dari cara memulai, cara menjalankan, cara mendapatkan bibit dan juga cara memasarkannya. Ilmu yang cukup diperlukan sebelum memulai usaha.

Untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan magang di tempat usaha peternakan yang sudah berhasil dan sukses. Magang akan lebih baik daripada hanya mengikuti seminar yang terkadang mengeluarkan banyak biaya. Karena dengan magang Anda bisa melihat langsung praktek di lapangannya, tidak hanya sekedar teori saja.

Sekian dulu informasi mengenai kiat cara memulai usaha peternakan yang menguntungkan. Semoga penjelasan tersebut bisa menambah pengetahuan Anda yang ingin menjalankan usaha peternakan.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.