Kiat Sukses Memulai Usaha Ritel Dengan Modal Minim

Kiat Sukses Memulai Usaha Ritel Dengan Modal Minim

Bisnis ritel atau biasa disebut juga dengan bisnis eceran merupakan usaha yang berperan dalam penyaluran barang atau jasa kepada masyarakat atau konsumen akhir. Warung kelontong, warung rokok, pengasong, atau penjual sayur keliling merupakan beberapa contoh dari bisnis ritel yang dilakukan dalam skala kecil. Contoh dalam skala yang lebih besar adalah seperti mini market, super market, atau swalayan.

Terkadang bagi seseorang yang ingin membangun bisnis ini merasa ragu untuk memulainya karena takut mengalami kerugian dan belum mengerti cara mengelolanya. Bagi Anda yang termasuk ke dalam golongan ini, tidak perlu ragu untuk memulai karena pada dasarnya mencoba adalah kunci untuk membuka kesuksesan usaha Anda. Jika gagal atau rugi pun jadikanlah itu sebagai suatu pembelajaran untuk membuat usaha Anda lebih baik lagi.

Seandainya Anda memiliki modal yang tidak terlalu banyak, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ritel ini. Jika ini merupakan pengalaman baru bagi Anda untuk memulai usaha, terdapat beberapa kiat yang harus Anda ketahui dalam memulai usaha ini. Kiat-kiat yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis ritel dengan modal minim adalah sebagai berikut.

Mulai Dari Skala Kecil

Masalah yang dihadapi oleh pebisnis pemula biasanya adalah keterbatasan modal, jaringan, serta berbagai keterbatasan lainnya. Untuk menghindari kerugian besar, sebaiknya Anda memulai usaha ini dalam skala kecil terlebih dahulu. Dari usaha ritel skala kecil ini nantinya Anda akan memperoleh banyak pengalaman berharga melalui permasalahan yang Anda hadapi.

Dengan adanya pengalaman tersebut dapat membuat Anda memikirkan bagaimana cara agar bisnis ritel Anda ini dapat meningkat sehingga nantinya juga memberikan keuntungan lebih besar bagi Anda. Melalui skala kecil ini nantinya Anda juga akan mendapat kepercayaan dari pemasok atau supplier sehingga modal bukan lagi menjadi masalah penting bagi Anda.

Memperhitungkan Laba

Poin ini merupakan yang paling penting bagi usaha ritel yang baru Anda mulai terutama dalam memperoleh keuntungan. Anda harus benar-benar cermat dalam mempertimbangkan laba yang ingin Anda peroleh. Akan lebih baik jika Anda memperoleh laba kecil namun dengan omset besar dibandingkan dengan mengambil laba besar yang dapat membuat perputaran uang Anda berjalan lambat.

Jika Anda mematok harga jual kepada konsumen dengan harga tinggi demi memperoleh keuntungan besar, maka akan sedikit yang tertarik untuk membeli di tempat Anda. Mereka akan lebih memilih toko atau warung dengan menjual barang yang lebih murah dari Anda. Bahkan jika Anda berada di posisi konsumen tersebut Anda juga pasti akan melakukan hal yang sama.

Berbeda lagi jika Anda mengambil keuntungan yang lebih sedikit. Dengan harga murah yang Anda tawarkan banyak orang akan tertarik untuk membeli di tempat Anda. Tidak membutuhkan waktu lama banyak yang ingin menjadi pelanggan tetap Anda. Dengan demikian tidak hanya perputaran uang Anda yang berjalan lancar, tetapi juga akan berlaku pada usaha Anda.

Menggunakan Barang dan Peralatan Yang Ada

Saat mengatur penempatan serta penataan barang barang penjualan Anda tidak perlu menggunakan tempat atau peralatan baru. Akan lebih bijak jika modal minim yang Anda miliki hanya digunakan untuk pembelian barang usaha Anda saja daripada menguranginya untuk membeli barang atau menyewa tempat yang membutuhkan uang cukup banyak.

Anda dapat menggunakan sebagian tempat tinggal Anda untuk memulai usaha dan menggunakan barang barang seadanya untuk mengatur penataan barang. Dengan mengurangi biaya operasional serta mengakalinya dengan komponen yang ada merupakan tindakan bijak untuk memulai sebuah usaha.

Setelah melakukan kiat-kiat memulai usaha ritel tersebut, perlahan usaha Anda akan mulai berkembang. Anda dapat menyisihkan keuntungan hasil penjualan Anda untuk memenuhi fasilitas yang dibutuhkan untuk mengimbangi usaha Anda yang semakin berkembang. Dengan demikian, usaha ritel Anda akan menjadi sukses dan memberikan penghasilan yang lebih besar lagi.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.