Kunci Sukses Yang Harus Dipegang Calon Pebisnis Kuliner

Kunci Sukses Yang Harus Dipegang Calon Pebisnis Kuliner

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Semua orang membutuhkan makanan, dan memiliki ketertarikan terhadap inovasi makanan baru yang muncul. Sehingga sangat wajar apabila kemudian peminat usaha kuliner ini sangat membludak. Pasalnya, peluang dan keuntungan dari membuka bisnis kuliner memang sangat menjanjikan.

Meskipun begitu, bukan berarti jalan untuk menjadi seorang pebisnis kuliner yang sukses menjadi mudah. Karena semakin banyak yang berminat menjalani usaha kuliner, sama dengan banyak pesaing. Jika tidak memiliki strategi matang, maka Anda harus bersiap-siap untuk tergilas perkembangan zaman. Karena tidak sedikit pengusaha kuliner yang terpaksa gulung tikar.

Jika Anda bermaksud untuk membuka bisnis kuliner, maka beberapa kunci sukses di bawah ini dapat dijadikan pedoman dalam berbisnis :

1. Mengusung Konsep Menarik

Di tengah panasnya persaingan bisnis kuliner saat ini, sebagai pemula maka Anda dituntut dapat berinovasi seunik mungkin. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan konsep menarik. Meskipun bahan makanannya biasa saja, namun jika disajikan dan dipromosikan dengan tema heboh, maka dapat mengundang banyak konsumen ke restoran Anda.

Salah satu konsep dapat diterapkan dalam pemberian nama makanan yang akan ditulis di buku menu, contohnya mie setan karena rasanya yang sangat pedas sehingga membuat orang seperti kesetanan. Di samping itu, konsep ini juga bisa diterapkan pada dekorasi ruangan cafe, misalnya mengusung tema dan desain yang membuat orang betah.

2. Inovatif

Seorang pebisnis makanan memang sangat dituntut untuk bisa menghasilkan gagasan inovatif. Sehingga usaha yang digeluti dapat bertahan dalam berbagai keadaan. Salah satu inovatifitas yang dapat diterapkan, misalnya membuat modifikasi pada sajian menu. Karena bagaimanapun, tampilan visual menjadi salah satu daya tarik pada makanan.

Selain itu, inovatif juga berarti terus berkreasi atau berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Disini Anda harus memiliki kemampuan memprediksi trend kuliner di pasaran. Karena publik menyukai segala sesuatu yang sedang menjadi trend center, termasuk makanan. Jadi jangan ragu untuk menambah menu di restoran Anda bila diperlukan.

3. Menjaga Kualitas

Kualitas makanan di suatu cafe atau restoran, tidak dipungkiri menjadi daya tarik atau identitas dari tempat tersebut. Karena setiap restoran memiliki ciri rasa yang pasti berbeda antara satu dengan lainnya. Jika Anda sudah memilih menu yang akan dijual dan menentukan dengan cara seperti apa makanan tersebut akan disajikan, maka pastikan dapat mempertahankan kualitasnya.

Pernah mendengar quote seperti ini, tampilan bisa mengecoh tapi lidah tidak dapat berbohong? Hal tersebut harus terpatri lekat-lekat di benak Anda. Karena berubahnya cita rasa makanan di suatu restoran dapat mempengaruhi peminat, terutama pelanggan setia yang biasanya memang sengaja datang untuk bisa merasakan makanan yang disukainya.

4. Update Dengan Perkembangan Teknologi Digital

Seperti yang diketahui, bahwa perkembangan teknologi dan informasi digital saat ini sangat pesat. Termasuk dalam mendukung pergerakan usaha makanan. Oleh sebab itu, maka Anda juga harus up to date dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai media berjualan. Salah satunya adalah dengan menggunakan sosial media.

5. Harga Standar

Jika Anda mengikuti berita di dunia bisnis kuliner saat ini, maka bisa dilihat bahwa salah satu strategi untuk memenangkan hati calon konsumen potensial adalah dengan memasang harga serendah mungkin. Karena umumnya, publik akan langsung melirik ketika mendengar makanan murah. Tapi meskipun begitu, tetap pastikan bahwa makanan yang disajikan tetap berkualitas.

Bagaimana menurut Anda artikel ini? Kasih pendapat Anda melalui kolom komentar ya…

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *