Lakukan Cara Berikut Agar Toko Anda Ramai Pengunjung

Lakukan Cara Berikut Agar Toko Anda Ramai Pengunjung

Setiap orang yang bergelut pada jenis usaha ritel pasti menginginkan tokonya selalu ramai pengunjung. Karena hal tersebut adalah bukti paling real, kalau usaha Anda berhasil dan memiliki masa depan cerah. Toko yang sepi mengindikasikan bahwa sedikitnya nilai keuntungan yang berhasil Anda peroleh, dan jika dibiarkan maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan bangkrut.

Namun nyatanya, mendatangkan pembeli secara suka rela ke toko bukanlah suatu hal yang mudah. Karena mereka hanya akan datang berdasarkan inisiatif dan keinginannya masing-masing. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa merayu secara tidak langsung dengan beragam trik jitu. Di bawah ini adalah beberapa tips yang harus diaplikasikan agar toko Anda ramai pengunjung.

1. Membuat Brosur

Brosur merupakan langkah promosi turun temurun yang sepertinya tidak lekang ditelan perkembangan zaman. Selain itu, budget yang harus dikeluarkan untuk membuat brosur terbilang sangat rendah sehingga dijamin tidak akan membuat bangkrut. Namun jangan salah, karena brosur terbukti ampuh dalam menjaring konsumen potensial untuk datang.

2. Membagikan Voucher

Selain dapat menarik perhatian lebih banyak pengunjung membagikan voucher dapat membuat konsumen datang kembali. Contoh sederhananya adalah, setiap pembelian dengan nominal minimum Rp. 50.000, akan mendapatkan voucher sebesar Rp. 5.000. Meskipun kesannya biasa saja, namun langkah ini bisa membangun loyalitas konsumen.

3. Memberikan Diskon

Siapa yang tidak menyukai diskon? Siapapun orangnya, apapun jenis kelamin dan status sosialnya, pasti suka dengan produk yang memiliki logo diskon. Jika toko Anda berkonsep minimarket, maka bisa mencantumkan diskon pada label harga. Namun jika kosepnya adalah toko kelontong, maka bisa memberitahukan secara langsung kepada konsumen.

4. Membuat Banner/ Spanduk

Memasang banner atau spanduk berukuran besar di depan toko atau pinggir jalan (kalau anggaran besar), dapat menjadi sebuah cara ampuh mengundang konsumen. Sebagai tips pembuatan banner promosi yang tepat, jangan lupa mencantumkan nama toko dan jenis produk terlaris atau dengan harga terendah yang dijual, sehingga orang merasa tertarik.

5. Memanfaatkan Sosial Media

Di era perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju ini, tidak sah rasanya jika belum promosi menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram. Dan kalau perlu join di marketplace besar sebagai lapak berjualan sebagai sambilan. Jika produk memang menarik dan harganya masuk akal, maka akan langsung diserbu oleh konsumen.

6. Mengaplikasikan Harga Ekonomis

Siapa yang tidak tertarik berbelanja di toko yang memberikan harga ekonomis? Terutama kaum wanita yang notabene memang suka mencari barang paling murah. Tentu harga yang diaplikasikan ini akan mengundang pembeli, sehingga semakin ramai yang akan datang ke toko Anda. Jadi dianjurkan menerapkan prinsip, biarlah untung sedikit asal barang laris.

7. Menyediakan Produk Lengkap

Kelengkapan produk di sebuah toko dapat menjadi tolak ukur jumlah pengunjung yang akan datang berbelanja. Jadi sebaiknya, sediakan barang-barang selengkap mungkin. Terutama produk yang digunakan sehari-hari, seperti sabun mandi, pasta gigi, beras, mie instan, makanan ringan/ snack, minyak goreng, gula, roti, deodoran, dan lain sebagainya.

8. Pelayanan Ramah

Tidak dapat disangkal bahwa pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga dapat mendukung tingkat pembeli di toko Anda. Keramahan ini bukan hanya dalam hal pelayanan saja, namun juga ketika menghadapi kompain dari pembeli yang cerewet. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda ataupun pegawai selalu bersikap baik kepada semua konsumen. Bekerjalah dengan profesional, jangan sampai anda membeda-bedakan tingkat keramahan pada tiap konsumen.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.