Langkah-Langkah Membangun Usaha Minimarket

Langkah-Langkah Membangun Usaha Minimarket

Salah satu jenis usaha yang ingin dilakukan oleh banyak orang yaitu usaha minimarket. Ada banyak hal yang harus disiapkan sebelumnya. Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika ingin membangun usaha minimarket. Penting untuk menyiapkan beberapa hal berikut, sebab proses persiapan atau pertimbangan yang matang juga akan menentukan bagaimana usaha anda selanjutnya.

Bukan tanpa alasan, usaha minimarket diminati sebab ada banyak keuntungan yang bisa diraih di dalamnya. Tentu saja setiap orang ingin mendapatkan laba dalam menjalankan sebuah bisnis. Anda perlu melakukan persiapan sebaik mungkin, kemudian memulai usaha atau bisnis dengan strategi-strategi yang bisa meningkatkan profit atau keuntungan.

Langkah-langkah atau Upaya yang Dilakukan

Silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini..

1. Memperkirakan biaya pembuatan

Adapun hal pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan memperkirakan biaya untuk bisnis ini. Tentu saja berkaitan dengan bugdet yang anda sediakan. Konsep minimarket ini sepenuhnya tergantung dari keinginan setiap orang. Sehingga, tidak ada patokan dalam menentukan biaya pembuatan yang pas.

Namun sebagai gambaran, apabila anda menginginkan minimarket dengan sistem waralaba, biaya yang dibutuhkan cukup besar. Misalnya konsep yang dibangun menyerupai Alfamart, perkiraan biayanya adalah sekitar 400 juta per gerai.

2. Melakukan riset atau survei

Agar anda memiliki gambaran lebih mengenai konsep bisnis yang akan dibangun, akan lebih baik jika anda melakukan riset sederhana. Bisa dimulai dari mengetahui bagaimana demografi penduduk di sekitar lokasi bisnis yang akan anda bangun. Ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkiraan gambaran produk yang pas untuk memenuhi kebutuhan pasar atau pelanggan anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan riset mengenai pesain di sekitarnya.

3. Menyiapkan Modal usaha

Apabila anda sudah lebih mantap dalam menyiapkan beberapa hal sebelumnya, selanjutnya anda bisa menyiapkan modal usaha. Modal ini akan menentukan kelengkapan usaha anda. Perhitungan yang matang harus dilakukan sesuai dengan modal yang telah disiapkan.

4. Menentukan lokasi usaha

Lokasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam membuat usaha. Penting untuk mencari lokasi yang tepat. Lokasi usaha minimarket yang terlalu berdekatan dengan minimarket lainnya perlu dipertimbangkan lagi. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Usaha Anda Butuh Aplikasi Kasir

5. Menyiapkan nama usaha dan logo

Hal ini tidak boleh dilewatkan. Layaknya pemberian nama ke calon buah hati, pemberian nama pada usaha anda harus sangat diperhatikan. Sebab nama akan menjadi brand yang akan dikenal oleh banyak orang nantinya. Begitupun dengan pemberian logo. Biasanya nama dan logo yang digunakan unik dan mudah untuk dikenali, sehingga akan selalu teringat oleh pengunjung ataupun konsumen anda.

6. Mengisi barang

Setelah anda menyiapkan sarana fisik, selanjutnya anda bisa mulai mengisi berbagai barang atau keperluan apa saja yang akan dijual. Anda bisa memulai dengan mencari barang dengan mendapatkan informasi sales, harga  dan lokasi grosir, produk baru di pasaran, supplier, serta berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan barang-barang usaha anda.

7. Komputerisasi

Anda bisa memanfaatkan kemudahan teknologi saat ini. Agar memudahkan pekerjaan anda, lakukan komputerisasi yang akan membantu anda. Analisis mengenai usaha anda bisa dilakukan dengan mudah apabila anda bisa mengetahui tentang stocking, jumlah keuntungan, barang yang paling diminati, serta hal lainnya. Ini bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan komputer atau penggunaan teknologi.

8. Merekrut Karyawan

Perekrutan karyawan bisa anda lakukan. Misalnya dengan merekrut orang-orang yang akan bekerja di kasir, yang akan mengatur tata letak barang, yang akan mengecek ketersediaan barang, dan sebagainya. Hal ini akan sangat diperlukan sebab tidak bisa anda lakukan sendiri.

Beberapa langkah di atas bisa anda lakukan untuk memulai usaha atau bisnis minimarket. Masih ragu? Anda bisa mengajukan pertanyaan atau tanggapan di kolom komentar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.