Laporan Keuangan untuk Bisnis Waralaba

Laporan Keuangan untuk Bisnis Waralaba

Bisinis waralaba kian hari kian menjamur. Banyak orang kini menjajal model bisnis yang satu ini. Bisnis waralaba memang cukup menjanjikan. Sebab bisnis tipe ini memiliki ciri membuka banyak gerai dalam bentuk pop store atau stand.

Hal itu tentu akan berampak pada managerial bisnis yang bisa jadi rumit namun sangat memungkinkan mendapat keuntungan yang berlapis.

Bisnis waralaba saat ini di Indonesia semakin hari jumlahnya terus bertambah. Bagi Anda yang memang cukup minat untuk memulai bisnis ini.

Ada baiknya Anda mengetahui laporan keuangan apa saja yang semestinya memang harus Anda kuasai. Supaya keuangan bisnis waralaba yang Anda geluti dapat dikelola dengan jauh lebih baik. Berikut ringkasanya.

1. Neraca

Bicara bisnis nampaknya sulit jika tidak berbicara laporan yang satu ini. Nyaris setiap bisinis membutuhkan neraca untuk mencatat modal bisnis, kewajiban juga aktiva pada masa periode tertentu. Termasuk bisnis waralaba.

Neraca sangatlah dibutuhkan supaya kita sebagai pemegang kendali bisnsis mengetahui lebih dalam tentang kondisi keuangan waralaba yang kita tukangi. Dengan merenerapkan neraca yang benar juga akan membuat bisnis waralaba kita dapat tumbuh dengan baik. Maka dari itu mulailah belajar membuat neraca dan terapkan dalam bisnis anda.

2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi juga tidak boleh dilewatkan ketika Anda sedang menggeluti bisnis waralaba. Sebagai mana kita tahu bisnis waralaba selalu identik dengan banyaknya gerai yang semuanya harus di kelola dengan cermat.

Untuk mengelolanya bisnis tersebut dibutuhkan laporan laba rugi sebagai alat bantu. Sebab laporan ini akan membantuk Anda dalam merinci informasi tentang penghasilan juga beban serta seberapa besar laba dan kerugian yang Anda miliki.

Laporan laba rugi juga akan lebih baik diterapkan pada semua pop store. Baru kemudian ditarik jumlah dan dibuat laporan laba rugi secara keseluruhan

3. Laporan Persediaan atau Stok Barang

Laporan stok barang mutlak diperlukan bagi anda yang berbisnis waralaba. Laporan ini akan jauh lebih memudahkan anda mengetahui seberapa jauh stok yang anda miliki untuk menghimpun ketersediaan bahan baku produk yang anda jual. 

Sebab laporan persediaan atau stok barang akan menyajikan rincian stok barang hingga pada daftar bahan kodenya. Bukan hanya itu harga penjualan dan retur pembelian sampai stok akhir juga mesti dicatat. Karena itu laporan ini sangat berguna bagi anda yang memainkan bisnis waralaba

4. Laporan Arus Kas

Laporan yang satu ini akan membuat anda memperhatikan jumlah kas yang kita miliki. Laporan ini sebetulnya memang akan selalu berguna bahkan di model bisnis manapun. Sebab pada dasarnya laporan arus kas akan memberi Anda informasi tentang keadaan kas.

Seperti pendapatan dan jumlah kas yang perusahaan Anda keluarkan. Laporan arus kas juga akan mencatat segala beban yang dikeluarkan. Jadi, mulai sekarang siapkan juga pengetahuan tentang laporan arus kas. Supaya bisnis waralaba Anda akan jauh lebih terarah

5. Laporan Perubahan Modal

Terakhir ada laporan perubahan modal. Bisnis memang selalu dinamis, dalam perjalanan bisnis biasanya akan membuat modalpun berubah. Entah karena membaik atau menurunya bisnis. Nah saat itulah laporan perubahan modal dibutuhkan.

Pada dasarnya laporan perubahan modal berisi informasi mengenai perubahan modal usaha Anda. Laporan perubahan modal biasanya dicatat dalam sebuah periode tertentu. Yang pasti laporan perubahan modal ini digunakan supaya Anda mengetahi seberapa besar perubahan modal bisnis waralaba Anda.

Itulah tadi beberpa laporan keuangan yang sebaiknya Anda ketahui dan pelajari sebelum membuka gerai waralaba. Laporan-laporan keuangan diatas akan membuat anda jadi lebih baik mengelola bisnis waralaba. Selamat mencoba. 

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //