Lebih Ringan, Begini Cara Menghitung Pajak UMKM Terbaru

Lebih Ringan, Begini Cara Menghitung Pajak UMKM Terbaru

Pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi dengan membayar sejumlah uang tertentu berdasarkan ketentuan perhitungannya. Terdapat banyak sekali jenis dari pajak salah satunya adalah pajak dalam membangun usaha. Peran pengusaha dalam membayar pajak tersebut merupakan suatu wujud kontribusi dari perekonomian nasional.

Saat ini, terdapat peraturan terbaru dari pemerintah yaitu No. 23 tahun 2018 mengenai Pajak Penghasilan (PPh). Peraturan terbaru tersebut menjelaskan bahwa tarif PPh final pada pajak UMKM mengalami penurunan dari 1% menjadi 0,5%. Tujuan dari penurunan nilai pajak ini adalah sebagai dukungan masyarakat terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM.

Dengan adanya perubahan ini, maka juga akan terjadi perubahan angka dalam perhitungan pajaknya. Untuk mengetahui lebih jelasnya seputar perubahan PPh beserta perhitungannya berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

  • Sasaran Tarif Pajak Setengah Persen

Dapat dianggap sebagai diskon, menurunnya tarif pajak menjadi 0,5% ini hanya digunakan pada UMKM dengan persyaratan tertentu. Adapun UMKM yang dimaksud adalah yang memperoleh pendapatan bruto atau omzet kurang dari 4,8 Miliar Rupiah untuk setiap tahunnya.

Usaha yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu terdiri dari perdagangan dan industri jasa contohnya toko atau kios, bengkel, warung atau rumah makan, penjahit, dan lain sebagainya. Selain itu, peraturan baru ini juga diberlakukan bagi UMKM offline serta online.

  • Batas Waktu Tarif Pajak Setengah Persen

Tarif istimewa pada PP No. 23 Tahun 2018 tersebut juga mengatur tentang batas waktu yang diberlakukan. Batas waktu untuk usaha pribadi adalah selama 7 tahun lamanya. Bagi badan berbentuk koperasi, firma, dan juga persekutuan komanditer memiliki batas waktu selama 4 tahun. Dan yang terakhir adalah untuk badan usaha seperti perseroan terbatas wajib pajak dibatasi selama 3 tahun saja.

Apabila batas waktu tersebut telah dilewati maka pengusaha baik dalam skala kecil hingga besar tersebut. Maka masing-masing diwajibkan untuk menyusun pembukuan akan penyusunan laporan keuangan mengenai wajib pajak yang dibayarkan dan tidak bisa menikmati tarif rendah tersebut. Selain itu  juga wajib membayarkan pajak sesuai dengan perhitungan yang sesuai Undang-Undang PPh.

  • Kelebihan PPh Final UMKM

Diturunkannya tarif pajak UMKM tersebut tentu memiliki keuntungan tersendiri bagi pelaku UMKM. Keuntungan yang pertama yaitu pembayaran pajak dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Dalam hal ini, baik perhitungan pajak baik untuk UMKM offline maupun online dapat dilakukan dengan mudah.

Cukup dengan menjumlahkan peredaran bruto dalam sebulan dan setelah itu dikalikan dengan tarif maka sudah dapat diperoleh hasilnya. Keuntungan kedua adalah tentu saja mampu mengurangi beban pajak dari pelaku UMKM. Dengan demikian sisa omzet bersih dapat digunakan dalam pengembangan usahanya.

Sehingga wirausaha tidak akan khawatir mengenai pajak yang tinggi yang harus dibayarkan. Selain itu, tujuan penurunan dari tarif pajak tersebut adalah juga untuk memperbesar kepatuhan terhadap wajib pajak.

  • Perhitungan PPh Final Diskon Setengah Persen Dan Contohnya

Cara perhitungan pajak ini didasarkan pada ketentuan yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pajak. Dalam hal ini pelaku UMKM hanya perlu menjumlahkan omzet setiap bulannya. Setelah itu hasil yang diperoleh dikalikan dengan angka 0,5% sesuai dengan ketentuannya. Pembayaran ini wajib dilakukan untuk setiap tanggal 15 per bulannya.

Sebagai contoh untuk lebih memudahkannya yaitu terdapat seorang pengusaha yang memperoleh omzet bulan tertentu sejumlah 15 Juta Rupiah. Dalam hal ini, pajak PPh yang harus disetorkan pada bulan tersebut diperoleh dengan mengalikan nilai omzet dengan angka 0,5%. Sehingga diperoleh nilai 75 Ribu Rupiah biaya pajak yang harus dikeluarkan oleh pengusaha tersebut.

Demikianlah mengenai peraturan baru tentang PPh beserta perhitungannya. Dengan mudahnya perhitungan serta penurunan tarifnya diharapkan pengusaha dapat lebih sadar mengenai kewajiban dalam membayarkan pajaknya kepada Negara.

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.