Manajemen Keuangan Bisnis Ritel Yang Efektif  

Manajemen Keuangan Bisnis Ritel Yang Efektif  

Dewasa ini bisnis ritel semakin baik perkembangannya. Pertumbuhan outlet merambah pesat di berbagai wilayah di Indonesia. Masyarakat semakin banyak yang tertarik untuk membelanjakan uangnya ke took ritel karena dinilai lengkap dan memberikan pelayanan yang baik dan nyaman.Namun seiring berkembangnya bisnis ritel yang semula kecil menjadi besar maka harus diimbangi dengan manajemen keuangan yang efektif sehingga prospek usaha menjadi semakin baik kedepannya.

Manajemen keuangan merupakan hal yang penting untuk menggerakkan roda usaha secara berkelanjutan. Di satu sisi, manajemen keuangan memang kerap menjadi kendala bagi para pebisnis ritel dalam pengimplementasiannya. Tak sedikit pemain di dunia usaha ritel tidak memiliki perencanaan dan pengelolaan serta manajemen keuangan yang matang. Manajemen keuangan amat diperlukan, sebab hal ini ibarat jantung yang memompa aliran uang kemana pun peruntukannnya.

Penerapan manajemen keuangan yang baik akan berdampak pada kelancaran roda usaha Anda. Kebijakan dan keputusan terkait keuangan akan bisa diambil sesuai dengan kebutuhan dan pedomannya adalah manajemen keuangan. Manajemen keuangan juga akan memberikan pengaruh yang signifikan bagi respon dari konsumen, pemodal, mitra kerja dan pihak lain yang terlibat dalam bisnis Anda. Manajemen keuangan juga diharpakan tidak rumit atau dilakukan secara efektif dan efisien sehingga dapat dibaca dengan jelas dan diimplementasikan dengan lancar.

Perencanaan Finansial Bisnis Ritel

Untuk memulai usahanya, pebisnis harus memulai dengan menyusun perencanaan finansial atau keuangan. Cangkupan perencanaan keuangan meliputi penjualan, aktiva, dan laba yang nantinya menjadi dasar untuk menyusun strategi penentuan kebutuhan anggaran ditiap aktivitas yang dilakukan dalam usaha Anda. Perencanaan keuangan diawali dengan analisis pendanaan untuk memilih investasi yang tepat bagi perusahaan.

Kemudian, perencanaan keuangan juga menjadi barometer pengambilan keputusan saat mengahdapi suatu hal dalam bisnis Anda. Sebab akan ada hal yang tak terduga  yang dialami perusahaan dan itu harus dihadapi dengan strategi yang jitu melalui manajemen keuangan yang efisien dan rinci.

Anggaran juga digunakan untuk pengendalian atau pengawasan keuangan di dalam perusahaan. Penyusunan perencanaan keuangan yang matang tentu akan memudahkan pimpinan melakukan kordinasi dan memberikan instruksi dalam melaksanakan tugas bawahannya masing-masing bidang.

Kendalikan Sistem Perdagangan Ritel

Hal ini menjadi penting diterapkan untuk para pelaku bisnis ritel dan usaha lainnya. Perkembangan usaha ritel yang dialami akan membutuhka pengendalian yang tepat. Kegiatan ini dilakukan secara internal tentunya bertujuan untuk mengamankan asset dan semua ung yang dimiliki suatu perusahaan. Contoh, system penjualan tunai akan dilakukan oleh bagian kasir sedangkan beberapa bidang seperti supervisor kasir , bagian keuangan, manager operasional dan lainnya.

Perbaikan manajemen keuangan harus selalu dilakukan secara berkala, hal ini guna meminimalisir dan mengantisipasi hal hal yang dapat merugikan perusahan contoh yang paling sering ditemui yaitu tentu tentang penyelewengan dana usaha. Selain itu, manajemen perusahaan harus aktif melakukan kerjasama dengan perbankan dan mengupgrade system digital sehingga meminimalisir transaksi tunai yang beresiko. Seperti megaplikasikan fasilitas transaksi non tunai baik melalui kartu kredit ataupun debit tentynya didukung dengan ketersediaan mesin EDC dari bank tertentu.

Perbaiki Kualitas Manajemen

Perusahaan manapun akan berusaha untuk mempertahankan eksistensinya dengan berbagai metode yang tentunya efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut, perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ditunjang dengan ketersediaan sarana prasarana juga penerapan teknologi.

Perusahaan juga harus bersikap terbuka kepad semua pihak. Kerjasama yang baik akan memudakan anda mendapat kucuran dana segar sebagai amunisi bisnis menjad lebih baik. Dana dari pihak ketiga bisa menjadi kekuatan baru namun perlu adanya perjanjian yang menguntungkan kedua pihak sesuai porsinya.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.