Manfaat dan Keungtungan Aplikasi Kasir untuk UMKM

Manfaat dan Keungtungan Aplikasi Kasir untuk UMKM

Dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi seperti sekarang ini banyak dibangun berbagai aplikasi yang berguna untuk memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Misalnya untuk pengusaha UMKM, terdapat berbagai aplikasi yang bermanfaat untuk menunjang kinerja perusahaan mereka seperti software kasir, program toko maupun aplikasi kasir.

Tak jarang perusahaan yang mengalami kegagalan dikarenakan ketidaksesuaian antara transaksi penjualan dengan penerimaan keuangan. Kesalahan dalam pengelolaan keuangan juga dapat menjadi penyebab gagalnya suatu usaha. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini aplikasi kasir hadir untuk mengatasi berbagai masalah perusahaan sehingga risiko kegagalan dapat diminimalisir. 

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Kerajinan Tangan dengan Modal Kecil

 

Jika Anda adalah seorang pengusaha UMKM yang sedang berkembang, Anda tentunya ingin jika usaha yang Anda jalankan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Anda dapat memanfaatkan aplikasi kasir untuk menunjang kegiatan usaha Anda.

Berikut beberapa manfaat aplikasi kasir untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah):

1. Pengendali Kas

Dalam sehari tentu banyak barang yang telah terjual kepada konsumen. Melalui aplikasi kasir, semua rincian penjualan barang dan sisa stok barang dapat diketahui dengan mudah. Aplikasi ini menjumlahkan seluruh nilai total penjualan barang dalam sehari sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa penerimaan pendapatan yang Anda peroleh pada hari tersebut.

Bukan hanya penjualan dalam sehari saja yang mudah untuk Anda ketahui, namun penjualan dalam seminggu bahkan sebulan dapat dihitung dengan mudah melalui aplikasi kasir. Anda juga dapat melakukan pemesanan barang dengan tepat karena jumlah stok barang dapat Anda ketahui dengan pasti melalui aplikasi ini sehingga uang kas Anda dapat terkendali dengan baik.

2. Efisiensi Waktu

Setiap perusahaan pasti ingin menjual produk yang paling laris di pasaran. Tanpa aplikasi kasir, Anda tentu akan kesulitan mengetahui jenis produk tersebut karena harus melihat catatan penjualan atau melihat tempat penyimpanan barang. Apalagi jika persediaan dan berbagai jenis barang menumpuk di gudang. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menemukannya.

Begitu juga jika Anda melakukan pencatatan hasil penjualan harian secara manual. Kegiatan tersebut mungkin akan memakan waktu yang cukup lama karena Anda harus mencatatnya satu persatu dan melakukan cross check antara nota penjualan dengan uang yang Anda dapatkan. Mulai pagi hingga tutup toko tentunya akan banyak nota yang harus Anda dicek.

Jika Anda menggunakan aplikasi kasir, untuk mengetahui produk yang laris di pasaran serta pencatatan hasil penjualan, dapat Anda lakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Sehingga Anda dapat menghemat waktu Anda dan dapat Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan yang lain.

3. Sistem Keamanan

Sebagai seorang pengusaha, suatu saat kita pasti membutuhkan seorang karyawan untuk membantu pekerjaan kita. Kita akan membutuhkan seorang karyawan untuk memegang masalah pembayaran. Dengan aplikasi kasir, keuangan bisnis Anda akan lebih aman dan terjaga karena secara otomatis, jumlah uang yang Anda terima akan sesuai dengan jumlah penjualan barang.

Selain itu, jumlah stok barang yang tersedia juga dapat langsung diketahui sehingga kebocoran keuangan perusahaan dapat dihindari.

4. Analisis Bisnis

Melalui aplikasi kasir, kita dengan mudah akan mengetahui jumlah angka penjualan dan stok barang yang masih ada secara cepat dan akurat. Saat stok barang hampir habis, Anda dapat segera melakukan pemesanan barang. Namun jika jumlah stok barang masih banyak, Anda dapat menunda pembelian. Hal tersebut merupakan salah satu strategi bisnis yang Anda dapatkan dengan memakai aplikasi kasir.

Itulah beberapa manfaat aplikasi kasir utuk UMKM. Semoga bermanfaat.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.