Membayar Pajak Secara Online Apakah Bisa?

Membayar Pajak Secara Online Apakah Bisa?

Membayar pajak penghasilan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan bagi rakyat. Terlebih saat ini sudah dikeluarkan peraturan mengenai wajib pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM mengenai penurunan tarif pajaknya. Hal ini menunjukkan perekonomian bangsa menginginkan kontribusi dari setiap rakyatnya tidak terkecuali usaha yang tergolong menengah atau bahkan kecil sekalipun.

Namun banyak diantara masyarakat juga masih belum mengerti lebih dalam mengenai hal tersebut. Mungkin juga ada yang bertanya-tanya mengenai cara pembayaran secara mudah dan praktis seperti bisa disetorkan secara online atau hanya dengan cara offline. Beberapa hal tidak banyak diketahui oleh masyarakat akan ketentuan pajak penghasilan adalah sebagai berikut ini.

Pemanfaatan Pajak PPh Final 0,5%

Terkait peraturan baru mengenai pajak penghasilan yang baru saja ditetapkan yaitu Peraturan Pemerintah No. 23 tahun 2018. Penurunan tarif pajak yang ditetapkan dalam peraturan tersebut sayangnya hanya dapat digunakan oleh jenis usaha tertentu. Adapun jenis usaha yang tidak dapat memanfaatkan peraturan ini adalah usaha pribadi yang memiliki penghasilan dari jasa yang berhubungan dengan pekerjaan bebas.

Sebagai contoh adalah persekutuan yang terdiri dari Wajib Pajak dengan keahlian sejenis seperti kantor akuntan atau firma hukum. Selain itu, penurunan tarif pajak sebesar 0,5% pada peraturan tersebut juga tidak berlaku bagi wajib pajak yang bekerja di luar negeri. Baik bagi status dari pajaknya yang terhutang maupun yang sudah dibayar di luar negeri.

Baca Juga: Tata Cara Bayar Pajak Bisnis Online

Pihak lain yang tidak boleh menggunakan peraturan tersebut perihal penentuan tarif pajak yaitu wajib pajak dengan ketentuan tersendiri. Dengan kata lain PPh yang telah ditanggung dan bersifat final sudah termasuk dalam peraturan perpajakan lain yang telah menyesuaikan. Dan pihak terakhir yang tidak termasuk dalam golongan tarif pajak peraturan ini adalah yang memiliki penghasilan dikecualikan sebagai objek pajak.

Membayar PPh Final 0,5% Dapat Menggunakan PajakPay

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan dalam pembayaran pajak yaitu terdiri dari online dan offline. Cara offline dilakukan dengan mendatangi kantor pos bank tertentu, atau melalui ATM. Sementara itu, pembayaran pajak dapat dilakukan dengan lebih mudah lagi yaitu melalui PajakPay. PajakPay merupakan suatu aplikasi berbasis sistem cash management dimana penggunanya dapat menyetorkan pajak dengan sekali klik.

Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu dapat menghemat waktu, mudah dn juga aman. Selain itu, terdapat kelebihan-kelebihan lainnya dalam menggunakan aplikasi PajakPay diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Dilengkapi dengan teknologi enkripsi serta firewall berlapis sehingga keamanannya terjamin.
  2. ID Billing dan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) yang telah diperoleh melalui online pajak juga tidak perlu diragukan lagi atau dianggap sah.
  3. Online pajak juga memiliki keakuratan tinggi karena dilengkapi dengan sistem yang dapat meminimalisir kesalahan ketika input data manual dilakukan.
  4. Dapat membuat ID billing secara instan dan juga dalam jumlah yang banyak
  5. NTPN atau BPN dapat disimpan secara digital untuk jangka waktu yang lama.
  6. Terdapat layanan tambah saldo tanpa batas yang disertai dengan berbagai metode transfer yang dapat dipilih sesuai keinginan.
  7. Lebih efisien terhadap waktu, jarak, dan tenaga tanpa  adanya tambahan biaya  yang harus dikeluarkan.

Wajib Pajak Bagi Tarif Skema Normal

Apabila seorang pengusaha atau badan usaha tidak menginginkan untuk digolongkan dalam tarif pajak berdasarkan PP No. 23 tahun 2018 maka juga bisa dilakukan. Jika ingin mendapatkan tarif pajak normal hal yang harus dilakukan adalah dengan mengajukan permohonan kepada Ditjen Pajak. Dengan demikian nantinya akan ditetapkan PPh dengan tarif yang ditetapkan pada pasal 17 UU no. 36 tahun 2008 mengenai pajak penghasilan normal.

Itulah beberapa informasi seputar pajak penghasilan yang dapat dijadikan sebagai pengetahuan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat terutama dalam hal pembayaran pajak penghasilan yang wajib dilaksanakan.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.