Mengapa Bisnis Membutuhkan Laporan Keuangan?

Mengapa Bisnis Membutuhkan Laporan Keuangan?

Ada banyak sekali faktor yang mesti diperhatikan sama Anda yang tertarik untuk menekuni bisnis. Sebut saja seperti faktor modal, faktor karyawan hingga yang tidak boleh ketinggalan adalah faktor dalam mengelola bisnis itu sendiri. Membicarakan pengelolaan bisnis maka tidak bisa dilepaskan dari pengelolaan laporan keuangan. Bahkan bisa dibilang, laporan keuangan ini memegang peranan vital terhadap kelangsungan bisnis Anda. Namun tidak bisa dipungkiri juga bagi mereka yang masih awam maka akan muncul satu pertanyaan ini. Mengapa bisnis membutuhkan laporan keuangan? Nah, apakah Anda sudah mengetahui jawabannya? Jika belum, tenang saja berikut akan dijelaskan alasannya.

1. Memisahkan Aset Bisnis dengan Aset Pribadi

Faktor penting dalam setiap bisnis adalah nilai profesional yang harus selalu dijaga dengan baik. Hal ini bisa dicapai apabila Anda mampu mengelola laporan keuangan dengan baik. Nah pasti Anda bertanya-tanya, kenapa sih bisa begitu? Sederhana saja karena salah satu fungsi dari laporan keuangan adalah mampu memisahkan aset bisnis dengan aset milik pribadi. Dengan terpisahnya aset bisnis dengan aset pribadi maka tidak akan terjadi kerancuan dalam mengelola bisnis yang dimiliki. Soalnya apabila aset bisnis dengan aset pribadi sampai tercampur maka bisa menimbulkan kerancuan data perusahaan atau bisnis Anda. Terutama masalah keuntungan, kerugian hingga modal awal yang dimiliki.

2. Acuan Penting dalam Mengambil Keputusan

Pengambil keputusan yang tepat adalah salah satu hal yang membuat bisnis mendapatkan keuntungan dan bisa memiliki prospek menjanjikan ke depannya. Tentunya dalam pengambilan keputusan tersebut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Banyak hal yang mesti diperhatikan sekaligus harus ada yang menjadi acuan dalam pengambilan keputusan. Di titik inilah, laporan keuangan menjadi sangat vital dibutuhkan karena bisa dijadikan acuan penting. Soalnya laporan keuangan ini mencakup daya finansial perusahaan, pengeluaran hingga pemasukan perusahaan. Dengan mengetahui hal ini maka bisa dijadikan acuan penting dalam melakukan keputusan penting perusahaan. Sebut saja seperti pembelian aset, kenaikan gaji para karyawan, menambah pinjaman hingga pemberian bonus khusus pada karyawan.

3. Informasi untuk Perhitungan Pajak

Pajak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah perusahaan apapun itu jenisnya. Pembayaran pajak tentunya penting dilakukan demi keberlangsungan perusahaan hingga ke depannya. Untuk itulah laporan keuangan hadir supaya Anda bisa mengetahui besaran pajak yang mesti dibayar setiap jatuh tempo. Selain itu, dengan adanya laporan keuangan ini maka akan membuat Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan perusahaan yang nantinya bis difokuskan mengelola pembayaran pajak tersebut.

4. Mampu Melihat Jumlah Keuntungan

Mengapa bisnis membutuhkan laporan keuangan? Jawaban berikutnya adalah karena laporan keuangan membuat Anda bisa mengetahui atau melihat jumlah keuntungan yang dimiliki. Dengan mengetahui jumlah keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan maka bisa membuat Anda mengetahui mau dibawa kemana perusahaan yang dimiliki. Apabila perusahaan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat maka tugas Anda untuk terus mempertahankannya. Sebaliknya apabila ternyata perusahaan mendapatkan keuntungan yang terus menurun maka menjadi tugas Anda untuk melakukan inovasi dan meningkatkan pendapatan yang dimiliki. Untuk itulah, keberadaan dari laporan keuangan menjadi dibutuhkan.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang mengapa bisnis membutuhkan laporan keuangan? Bisa menjawab pertanyaan. Supaya Anda yang memiliki bisnis bisa mengatur laporan keuangan dengan sebaik-baiknya. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.