Mengapa Bisnis Restoran Butuh Laporan Akuntansi

Mengapa Bisnis Restoran Butuh Laporan Akuntansi

Anda memiliki bisnis restoran tapi rasanya seperti berjalan di tempat? Kalau memang benar mungkin ada yang salah disistem Anda. Kalau ada yang salah pastinya harus ada diperbaiki bukan? Salah satu hal yang sering diabaikan oleh pebisnis namun dampaknya luar biasanya adalah laporan keuangan. Ah bisnis restoran saya kan masih kecil. Nah justru itu Anda harus memperhatikan laporan keuangan dengan baik. Tapi saya tidak paham akuntansi? 

Oke akan saya bahas sedikit mengenai akuntansi ini. Jadi akuntansi itu jika menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah suatu proses mengindentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi mengenai keadaan ekonomi. Lalu mengapa bisnis restoran butuh laporan akuntansi? Begini penjelasan sederhananya:

1. Sebagai Dasar Pengambil Keputusan

Bisnis restoran tentu tak ubahnya bisnis lainnya yang membutuhkan strategi pemasaran agar terus mampu menggerakan roda bisnisnya. Nah, strategi pemasaran ini tentu dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah laporan akuntansi yang dimiliki. Mungkin ada yang bertanya, kenapa begitu?

Karena laporan akuntansi mencatat dasar-dasar keuangan bisnis dan bagaimana daya finansial tersebut menguat ataupun melemah dari berbagai sumber. Lebih jauh lagi, laporan akuntansi juga bukan hanya dijadikan dasar dalam strategi pemasaran tapi banyak pengambil keputusan lainnya. Hal tersebut mengingat dua peran utama yang dimiliki oleh akuntansi. Yakni akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

2. Sebagai Pengendalian Manajemen

Memiliki manajemen yang baik adalah salah satu ciri bisnis yang sukses dan juga sehat. Lalu apa yang terjadi sih apabila manajemen yang dimiliki ternyata jauh dari yang diharapkan? Dipastikan bisnis restoran Anda tidak stabil dan juga memiliki lubang masalah disana-sini.

Hal tersebutlah yang membuat laporan akuntansi menjadi dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa laporan akuntansi mampu menjadi pengendali manajemen yang baik. Apabila manajemen terkendali dengan baik maka secara tidak langsung akan mendongkrak performa Sumber Daya Manusia yang terdapat di bisnis restoran Anda.

3. Sebagai Alat Informasi

Kembali dengan pertanyaan mengapa bisnis restoran butuh laporan akuntansi? Alasan berikutnya adalah karena laporan akuntansi mampu menjadi alat informasi bagi setiap lini yang terlibat dalam usaha Bisnis restoran Anda. Mulai dari pemilik, investor hingga para karyawan mampu bertukar pikiran tentang bisnis restoran yang sedang dijalani menggunakan laporan akuntansi.

Bahkan laporan akuntansi juga mampu dijadikan bahan evaluasi terhadap kinerja yang mereka lakukan dalam periode waktu tertentu. Hal ini tentu bisa dijadikan bahan perenungan untuk memperbaiki diri dan memperbaiki kualitas kinerja kerja.

4. Sebagai Alat Pengontrol Keuangan

Untuk manfaat yang terakhir adalah laporan akuntansi mampu menjadi alat pengontrol keuangan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari manfaat laporan akuntansi yang dijadikan pengontrol setiap informasi yang berkaitan dengan usaha bisnis Anda. Dengan adanya pengontrolan keuangan ini pastinya akan membuat Anda jadi tahu tentang pergerakan daya finansial dari bisnis restoran Anda.

Mulai melihat laba yang didapatkan atau malah kerugian yang didapatkan dalam sela rentang waktu yang telah ditentukan. Tidak berhenti sampai disitu saja, karena laporan akuntansi juga mencatat jumlah transaksi yang terjadi di usaha bisnis restoran Anda setiap harinya. Sehingga bisa dijadikan landasan Anda mengarahkan keuangan bisnis restoran Anda ke arah yang lebih baik tentunya.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang mengapa bisnis restoran butuh laporan akuntansi? bermanfaat untuk Anda dan usaha bisnis Anda. Sekaligus untuk membuat Anda lebih memahamai tentang laporan akuntansi yang ternyata memang vital dalam setiap bisnis apapun tidak terkecuali bisnis restoran.

Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *