Mengapa Bisnis Restoran Harus Menggunakan Point of Sale

Mengapa Bisnis Restoran Harus Menggunakan Point of Sale

Bisnis dibidang kuliner khususnya restoran memang menjanjikan keuntungan yang besar. Daya tarik produk yang merupakan kebutuhan primer masyarakat tentu membuat bisnis ini akan selalu ada. Namun seperti yang kita ketahui, setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing, termasuk berbisnis dibidang ini. Dan seakan sudah menjadi ‘hukum alam’, dalam berbisnis semakin besar keuntungan yang ditawarkan maka semakin besar pula risikonya.

Sejatinya risiko bukanlah suatu penghalang untuk menjalankan bisnis. Kunci untuk berhadapan dengan risiko adalah perencanaan serta strategi yang baik dan matang. Sebelum memikirkan perencanaan serta strategi tersebut, tentu seorang pebisnis dituntut untuk mengetahui berbagai informasi serta perhitungan. Hal inilah yang membuat mayoritas pebisnis merasa kewalahan.

Namun di zaman modern ini, kita sangat dimudahkan dengan kemajuan teknologi. Sebut saja point of sale (POS), software yang harus anda gunakan ketika memiliki bisnis dibidang kuliner khususnya restoran. Mengapa demikian?

Keuntungan Menggunakan Point Of Sale Dari Segi Pelayanan 

1. Lebih Cepat Dan Tepat

Tidak jarang dalam proses pemesanan​ terjadi kesalahan-kesalahan sepele yang berdampak besar. Misalnya kesalahan konsumen atau waiter dalam menulis menu yang dipesan. Ada juga kesalahan pembuatan menu dikarenakan tidak jelasnya tulisan dari konsumen yang memesan tersebut. Dengan menggunakan POS tentu kesalahan-kesalahan tersebut bisa diminimalisir.Konsumen dan waiter tidak perlu menulis ulang menu yang ingin dipesan karena dengan pos, pemilihan menu bisa menggunakan media pendukung.

Setelah itu, petugas area dapur akan mendapatkan laporan perihal pesanan tersebut secara otomatis melalui media yang disediakan. Kasir pun tidak perlu menginput ulang apa saja pesanan konsumen tadi karena semua data yang dibutuhkan telah siap untuk dicetak. Bukan hanya itu, dengan menggunakan POS, anda pun dapat memberi pilihan kepada konsumen apakah ingin mencetak bill atau mengirimnya via email.

2. Pembayaran Non Tunai

Dengan adanya kebijakan pemerintah yang meminimalisir peredaran uang tentu sangat memberikan kemudahan dan rasa aman bagi konsumen dalam berpergian. Sehingga banyak konsumen mulai beralih menggunakan fasilitas non tunai seperti kartu kredit, debit bahkan kartu pintar lainnya. Dengan menggunakan POS, restoran Anda bukan hanya bisa menerima pembayaran secara tunai namun juga secara non tunai.

3. Mengenal Konsumen

Pada beberapa aplikasi POS, terdapat fitur dimana anda dapat lebih mengenal siapa pelanggan yang menjadi pelanggan restoran anda. Sehingga Anda bisa memikirkan strategi yang akan digunakan restoran anda kelak.

4. Meningkatkan Citra Bisnis

Kecepatan, ketepatan serta kelengkapan yang ditawarkan kepada konsumen tentu memberi efek lebih dipercaya dan lebih profesional kepada nama baik restoran Anda.

Keuntungan Point OF Sale Dari Segi Internal

1. Mempermudah Komunikasi Antar Staff

Seperti yang telah dijelaskan diatas, POS mengantar menu yang dipesan langsung kepada staff didapur dan juga bill kepada staff pembayaran (kasir). Selain itu, dengan saat yang bersamaan Anda serta staff yang bersangkutan pun tetap bisa melihat data sesuai kebutuhan masing-masing posisi.

2. Meminimalisir Pencurian dan Ketidaksesuaian Stock

Tidak sedikit restoran mengalami kebangkrutan karena banyaknya pencurian yang tidak terdeteksi dan ketidaksesuaiannya stock yang disediakan. Dengan menggunakan POS, tidak akan ada lagi masalah kelebihan stock dan kekurangan stock karena Anda dapat memperhitungkan stock yang ada secara otomatis dengan sistem penjualan dan stock pada POS. Tentu dengan data yang Anda bisa lebih sadar apabila terjadi kecurangan-kecurangan didapur.

3. Mempermudah Kontrol Dan Pembukuan

Banyak pebisnis yang merasa kewalahan jika harus berurusan dengan perhitungan dan laporan. Namun dengan menggunakan POS, Anda dapat melacak laporan penjualan, arus kas, inventaris stock dan laporan bisnis lainnya dengan cepat dan akurat serta tanpa menghitung ulang secara manual.

4. Menggunakan Cloud Server

Dengan menggunakan POS semua data tersimpan baik dan dapat diakses meskipun anda sedang tidak berada di restoran.

POS adalah jawaban yang tepat untuk setiap bisnis khususnya dibidang kuliner. Banyaknya kemudahan yang ditawarkan POS tentu menjadikannya sebagai kebutuhan dalam operasional bisnis tersebut. Jadi sudah seharusnya penggunaan POS dalam bisnis kuliner, terutama pada restoran Anda.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare di akun sosial media Anda ya agar teman Anda juga mendapatkan maanfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan koment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Digital Marketing | Bisnis itu 'Efek', penyebabnya itu penggunanya sendiri..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.