Mengenal Istilah COGS (Harga Pokok Penjualan)

Mengenal Istilah COGS (Harga Pokok Penjualan)

Produk bagi sebuah perusahaan adalah hal penting yang tidka boleh dilewatkan begitu saja. Soalnya produk inilah yang nantinya akan mampu menjalankan perusahaan itu sendiri. Bahkan bisa dibilang, semakin bagus produk yang dihasilkan maka keuntungan yang bakal didapatkan oleh perusahaan juga bisa semakin besar. Begitu juga sebaliknya apabila produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut tidak sesuai ekspektasi juga bakal berimbas buruk terhadap perusahaan. Namun seperti yang diketahui bahwa bukanlah perkara yang mudah untuk membuat produk yang berkualitas. Banyak sekali faktor yang dibutuhkan nah tidak terkecuali faktor modal tentunya. Modal atau aktivitas perusahaan dalam menciptakan produk dikenal juga dengan nama Cost of Goods Sold atau dengan istilah COGS. Bagi Anda yang terhitung masih awam terhadap hal ini, tenang saja berikut akan diberikan penjelasannya.

  1. Inventory atau Persediaan

COGS sendiri tidak bisa dipungkiri mencangkup berbagai biaya untuk memuluskan produksi. Bagian pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah biaya inventory atau biaya persediaan. Untuk biaya ini sendiri biasanya dibutuhkan guna melengkapi persediaan barang yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan secara lebih detail tentang jenis-jenis persediaan yang ada pada sebuah perusahaan.

– Persediaan Awal: Persediaan awal atau banyak orang juga menyebutnya dengan nama modal awal. Seperti namanya, persediaan awal ini merupakan persediaan yang telah tersedia sebelum proses produksi sebuah produk dimulai. Jadi persediaan awal merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan untuk bisa terus memproduksi produk untuk seterusnya.

– Pembelian: Berikutnya adalah pembelian yang mesti dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk membentuk nilai produk yang diinginkan. Biasanya jumlah pembelian ini hanya dilihat dari jumlah pengeluaran kas yang dimiliki. Lebih detailnya, pembelian ini hanya berlaku dari nilai bersihnya saja.

– Harga Pokok Produksi: Harga pokok produksi juga menjadi bagian penting untuk mengetahui besaran total yang mesti dikeluarkan oleh perusahaan. Biasanya harga pokok produksi ini sudah mencakup besaran biaya yang mesti dikeluarkan dalam periode waktu tertentu untuk membentuk produk untuk perusahaan tersebut.

– Persediaan Akhir: Seperti namanya, persediaan akhir berguna untuk mengetahui nilai persediaan yang mesti diketahui pada akhir periode. Biasanya hal ini dilakukan pada akhir periode atau akhir bulan dari sebuah produksi barang.

  1. Tenaga Kerja Langsung

Tentunya sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan tidak bisa tercipta dengan begitu saja. Dibutuhkan banyak faktor tidak terkecuali faktor penting yaitu tenaga kerjanya. Dimana tenaga kerja ini berguna untuk membuat hingga memasarkan produk itu sendiri. Tentunya para tenaga kerja mesti mendapatkan imbalana atau upah atas pekerjaannya. Namun disebut Tenaga Kerja Langsung bukanlah tanpa alasan. Soalnya jenis pekerja ini akan dibayarkan upahnya sangat tergantung dengan banyaknya jumlah produk yang dihasilkan dalam periode waktu tertentu.

  1. Biaya Overhead

Terakhir adalah biaya overhead atau seringkali disebut juga dengan biaya yang tidak terduga. Soalnya biaya yang satu ini hanya akan keluar apabila dua biaya utama yang sudah disebutkan di atas tidak menutupi. Biasanya biaya ini juga biaya yang tidak diharapkan tapi tetap harus dibayarkan untuk membayar biaya produksi.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang  mengenal istilah COGS bisa memberikan referensi terbaik. Supaya Anda tetap semangat mengelola bisnis dan berhasil mengungguli para pesaing bisnis Anda.  Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

 

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.