Omset Atau Profit yang Lebih Menguntungkan dalam Bisnis Anda?

Omset Atau Profit yang Lebih Menguntungkan dalam Bisnis Anda?

Jika Anda diberi pilihan, apakah Anda lebih mengejar omset atau profit yang Anda dapatkan dari bisni Anda? Omset merupakan pendapatan yang didapatkan dari penjualan atau transaksi bisnis Anda, umumnya merupakan pendapatan kotor karena belum melihat pengeluaran produksi.

Profit merupakan pendapatan bersih dari suatu bisnis yang telah dikalkulasi dan dikurangi dengan biaya produksi, biaya alat, dan biaya lainnya sehingga didapatkan keuntungan perusahaan. Kalau demikian, manakah yang harus Anda fokuskan untuk dikejar?

Jika Anda Mengejar Omset

Mengejar omset dalam jumlah besar dapat sesuai bagi bisnis dengan produk yang cepat kadaluarsa atau fast moving. Penjualan yang banyak dengan omset yang tinggi tentu akan menggerakkan perputaran produk yang cepat. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari ketidaklayakan produk untuk dijual karena telah busuk atau kadaluarsa.

Pengejaran omset yang besar dapat mengubah fokus dan arah sebuah bisnis. Bisnis tersebut harus memiliki perputaran produk yang cepat. Mau tak mau, bisnis itu akan memasuki pasar distribusi dan harus membangun jaringan. Namun demikian, bisnis tersebut harus memiliki pengukuran profit yang tepat sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian.

Jika Anda Mengejar Profit

Sebelum Anda menargetkan untuk mengejar profit yang besar, terlebih dahulu perhatikanlah jenis bisnis Anda. Apabila bisnis Anda menawarkan produk dengan tenggat waktu kadaluarsa yang lama, maka keputusan mengejar profit adalah tepat. Hal tersebut karena waktu kadaluarsa masih lama sehingga Anda tidak perlu terlalu terburu-buru untuk menghabiskannya dalam penjualan.

Umumnya pengusaha yang mengejar profit lebih memilih bisnis jangka pendek saja. Namun, bisnis ini mempunyai kompetisi yang ketat dan banyak saingan. Oleh sebab itu, Anda harus bekerja lebih giat dan pantang menyerah untuk mendapatkan profit yang melesat.

Bagaimana Solusinya?

Sebuah bisnis dapat dikatakan sehat jika mampu mengontrol dan mengelola cashflow dengan baik dan optimal. Profit atau omset yang Anda pentingkan, tak jadi masalah jika Anda memastikan kesehatan cashflow perusahaan Anda.

Salah satu cara yang cukup mudah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan memfokuskan bisnis Anda terhadap aktivitas-aktivitas yang meningkatkan serta lemejitkan penjualan. Apabila hal tersebut meningkat, maka omset dan profit pun cenderung sama-sama besar.

Pencatatan keuangan perusahaan sangat penting untuk mendukung perencanaan profit atau omset Anda. Pastikan Anda memiliki pembukuan keuangan yang cermat, tepat, tak ada yang terlewat, dan selalu dimonitoring. Hal tersebut dapat berfungsi untuk merencanakan profit dengan tepat. Selain itu, cashflow perusahaan dapat diukur dengan akurat.

Lakukan perencanaan keuangan secara berkala. Pantaulah terus penjualan produk Anda. Amati pola penjualan, segera tangani masalah yang terlihat sedari dini sebelum masalah membesar. Apabila Anda ingin memberikan suatu diskon atau promo tertentu, maka sebaiknya hitunglah terlebih dahulu perkiraan omset dan profit yang akan didapat.

Apabila omset yang didapat sangat besar tetapi biaya produksi, pegawai, alat-alat penunjang lebih besar, maka profitnya pun tidak dapat dikatakan besar. Oleh sebab itu, analisislah terlebih dahulu tentang segala kemungkinan penjualan.

Pembukuan omset Anda tentu akan semakin baik dan rapi jika dilakukan dengan fitur kasir online, yaitu BeePos. Kasir online tersebut dapat menghubungkan berbagai titik komputer sehingga dapat saling mengecek antara komputer satu dengan yang lainnya.

Anda pun dapat mengontrol pemasukan sementara perusahaan Anda secara berkala walaupun Anda tidak sedang di tempat kerja. Selain itu, fitur ini menghindarkan dari kecurangan pegawai karena data terpantau secara bersama.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.