Blog


Berwirausaha bukan hanya membutuhkan tekad, nekat, dan skill saja. Karena faktanya, Anda tetap tidak bisa memulai sebuah usaha tanpa memiliki modal, sekalipun hanya dalam jumlah kecil. Jika dibahas secara mendetail, ada banyak sekali faktor yang menjadi pendukung kesuksesan sebuah usaha. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Faktor Modal

Sudah menjadi sebuah rahasia umum apabila modal atau jumlah anggaran yang dimiliki oleh seorang pebisnis, dapat menjadi faktor pendukung keberhasilan usaha yang tengah dijalankan. Modal yang terlalu kecil dapat membuat usaha menjadi macet dan sulit berkembang,

...

Continue Reading


Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah ada matinya. Terang saja, semua orang membutuhkan makanan dan minuman untuk tetap bertahan hidup. Sehingga wajar saja apabila kemudian peminat akan kuliner begitu tinggi apabila dibandingkan dengan kebutuhan lainnya.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang merasa tertarik untuk terjun di dunia bisnis kuliner. Lihat saja, ada berapa banyak warung atau tempat penjual makanan di sekitar Anda dan apakah pernah melihat yang tidak laku?

...

Continue Reading


Menjadi pebisnis atau pengusaha yang memiliki usaha bisnis sendiri pastinya diimpikan oleh banyak orang. Apalagi bisa dibilang menjadi pengusaha ini memiliki banyak sekali keuntungan. Mulai dari pemasukan yang lebih besar hingga kebebasan waktu yang didapatkan.

Dari sekian banyak pilihan bisnis yang ada maka Anda bisa menjatukah pilihan pada bisnis waralaba atau franchise. Kenapa sih begitu? Pasti banyak dari Anda yang masih banyak yang bertanya-tanya kenapa harus memilih bisnis yang satu ini. Soalnya ada 5 keuntungan memulai bisnis waralaba atau franchise seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

...

Continue Reading


Promosi merupakan salah satu komponen unsur pengembangan bisnis yang tidak dapat ditinggalkan. Apapun jenis sektor bisnis dan level apapun itu, semua usaha yang bergerak di bidang produksi atau disebut sebagai produsen sangat bergantung pada pemilihan promosi. Jika selama ini Anda hanya berkutat dengan belajar promosi berbayar seperti iklan, maka jangan diteruskan.

Iklan atau advertising memang terbukti ampuh menjadi media promosi. Tapi sayangnya, tarif yang dibanderol sangat mencekik budget pengusaha UMKM. Terlebih apabila dana modal pas-pasan atau didapatkan melalui pinjaman,

...

Continue Reading


Tidak dapat dipungkiri bahwasanya antusiasme publik terhadap suatu produk baru atau nge-trend sangatlah tinggi. Karena merupakan sifat dasar manusia untuk menginginkan segala sesuatu unik, dan terlebih lagi banyak dipromosikan. Sehingga wajar saja apabila kemudian perpindahan selera dari satu produk ke yang lainnya terbilang sangat cepat, karena mengikuti zaman kekinian.

Hal tersebut juga yang harus diperhatikan oleh pelaku bisnis, khususnya pemula. Selain memanfaatkan peluang yang sudah ada, Anda juga dituntut untuk selalu update dengan perubahan selera publik terhadap produk yang dijual dipasaran.

...

Continue Reading