Blog


Promosi adalah salah satu hal yang sangat krusial bagi keberlanjutan bisnis Anda. Promosi sangat bermanfaat untuk menyebarluaskan bisnis Anda kepada khalayak serta menebar ketertarikan kepada masyarakat. Hal tersebut agar pelanggan Anda semakin bertambah banyak dan bisnis Anda semakin berkembang.

Dewasa ini, perkembangan dunia digital sangat pesat. Pola hidup masyarakat pun banyak yang beralih ke model digital. Hal tersebut pun menjadi peluang bagi Anda untuk mempromosikan produk bisnis Anda secara digital. Bagaimana caranya? Simaklah ulasan berikut!

...

Continue Reading


Bisnis retail adalah bisnis yang umumnya langsung menjual barang-barang kebutuhan ke tangan konsumen akhir dengan cara eceran. Apabila ditelaah lebih jauh, bisnis retail memiliki berbagai jenis, yang diklasifikasikan berdasarkan skala usaha, tipe kepemilikan, jasa atau produk yang dijual, teknik pemasaran produk, bentuk hukum, dan ukuran outlet. Berikut penjelasannya untuk Anda.

4 Jenis Bisnis Retail Berdasarkan Klasifikasinya 1. Skala usaha

Berdasarkan skala usaha, bisnis retail terdapat dua jenis, yaitu retail besar dan retail kecil.

...

Continue Reading


Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah usaha yang dirintis oleh seseorang atau sekelompok orang dalam skala kecil atau menengah, umumnya dilakukan di rumah, menggunakan tenaga kerja keluarga, kerabat, atau tetangga. UKM di Indonesia memiliki jumlah yang cukup besar dan diharapkan mampu menciptakan kemandirian bangsa.

UKM umumnya membuat suatu produk lokal dan menjunjung nilai-nilai setempat. Namun, ternyata di balik banyaknya bisnis UKM, ternyata tersimpan beberapa masalah yang sering terjadi, lho! Anda perlu mengetahuinya agar didapatkan solusi yang tepat.

...

Continue Reading


Jika Anda diberi pilihan, apakah Anda lebih mengejar omset atau profit yang Anda dapatkan dari bisni Anda? Omset merupakan pendapatan yang didapatkan dari penjualan atau transaksi bisnis Anda, umumnya merupakan pendapatan kotor karena belum melihat pengeluaran produksi.

Profit merupakan pendapatan bersih dari suatu bisnis yang telah dikalkulasi dan dikurangi dengan biaya produksi, biaya alat, dan biaya lainnya sehingga didapatkan keuntungan perusahaan. Kalau demikian, manakah yang harus Anda fokuskan untuk dikejar?

Jika Anda Mengejar Omset

Mengejar omset dalam jumlah besar dapat sesuai bagi bisnis dengan produk yang cepat kadaluarsa atau fast moving.

...

Continue Reading


Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan bahwa terdapat60,34 persen nilai barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia. UKM menjadi salah satu penyangga perekonomian bagi masyarakat Indonesia.

Banyak warga Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari UKM. Tak ada salahnya juga jika Anda berminat menekuni bisnis UKM. Namun, Anda harus merencanakan bisnis UKM apa yang menjanjikan dan mudah dikerjakan. Simak ulasan berikut!

Ide Bisnis UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya 1....

Continue Reading