Pajak Final UMKM Terbaru yang Wajib Anda Tahu

Pajak Final UMKM Terbaru yang Wajib Anda Tahu

Saat ini mungkin sudah ada yang mengerti tentang perubahan salah satu peraturan perekonomian yang khususnya mengatur tentang pajak. Perubahan yang terjadi adalah pada Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2013 yang berubah menjadi PP No. 23 tahun 2018. Hal yang diubah adalah terkait penurunan tarif pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana yang awalnya bernilai 1% berubah menjadi setengahnya yaitu 0,5%.

Bagi sebagian wirausaha atau pengusaha mungkin akan merasa senang dengan perubahan tersebut. Namun tidak sedikit kalangan masyarakat yang belum mengerti tentang peraturan tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini merupakan hal-hal seputar PP No. 23 tahun 2018 yang harus diketahui.

  • Sifat Opsional Pada Tarif PPh Final 0,5%

Tidak berlaku bagi semua usaha, akan tetapi keringanan yang diberlakukan pada PP No. 23 tahun 2018 pada wajib pajak tertentu. Dalam hal ini, wajib pajak dapat menentukan apakah tarif yang dikenakan sesuai dengan skema final 0,5% atau sebaliknya. Yaitu mengacu pada Undang-Undang No. 36 tahun 2008 pasal 17 yang membahas tentang Pajak Penghasilan.

  • Sifat Opsional Memberikan Keuntungan Bagi Wajib Pajak

Berdasarkan penetapan apakah tarif pajak mengikuti PP No. 23 tahun 2018 atau pasal 17 UU No. 36 seperti diatas. Masing-masing memiliki keuntungan tersendiri. Pada tarif yang mengikuti PP No. 23 tahun 2018 kelebihan selain tarif yang ringan adalah memberikan kemudahan dalam menjalankan kewajiban dalam membayarkan pajak.

Hal tersebut dikarenakan wajib pajak yang tergolong peraturan ini merupakan usaha yang belum mampu membuat pembukuan pajak dengan tertib. Dengan adanya peraturan baru tersebut, penentuan pajak dilakukan dengan mudah yaitu hanya mengalikan penghasilan bruto dengan 0,5%. Akan tetapi wajib pajak golongan ini tetap harus setor pajak meskipun usaha dalam keadaan rugi.

Sedangkan pada wajib pajak yang tergolong pasal 17 UU No. 36 yang dikenakan tarif normal. Hal ini tentu akan memberikan perhitungan PPh yang cukup besar menyesuaikan lapisan penghasilan kena pajak. Namun untungnya, wajib pajak golongan ini tidak akan dikenakan tarif pajak apabila terjadi kerugian fiksal pada usahanya.

  • Perbedaan Batasan Waktu (Grace Period)

Perbedaan diantara peraturan lama yaitu PP No. 46 tahun 2013 yang diubah serta ditambahkan dalam peraturan terbaru adalah mengenai batasan waktu yang telah ditentukan. Batasan waktu dimaksudkan agar diharapkan mampu melakukan pengembangan usaha. Setelah batasan waktu tersebut telah habis maka tarif pajak yang dikenakan mengikuti tarif normal seperti pada pasal 17 UU No. 36.

Batasan waktu tersebut dibagi menjadi tiga bagian yang dibedakan berdasarkan tingkatan usaha. Apabila usaha tergolong usaha kecil seperti usaha pribadi maka batasan waktu yang diberikan adalah 7 tahun.

Untuk usaha menengah seperti CV, Koperasi, maupun Firma batasan waktu uang diberikan lebih singkat yaitu 4 tahun. Sedangkan bagi wajib pajak yang tergolong usaha besar atau cukup besar yaitu berbentuk PT maka batasan waktunya adalah selama 3 tahun.

  • PPh Final 0,5% Bagi Wajib Pajak Berpenghasilan Dibawah 4,8 Miliar

Target dari usaha UMKM adalah memiliki batasan penghasilan dengan nilai di bawah 4,8 Miliar rupiah yang dijadikan sebagai target. Dalam hal ini pemerintah tetap menginginkan semua jenis usaha termasuk UMKM berperan dalam sistem perpajakan negara.

  • Pihak yang Dapat Memanfaatkan PPh Final

Berdasarkan ketentuan diatas Wajib Pajak yang dapat tergolong dalam tarif pajak berdasarkan PP No. 23 Tahun 2018 terdiri dari berbagai jenis usaha. Usaha yang termasuk dalam hal ini dapat berupa orang pribadi, Koperasi, Firma, CV, maupun PT. Namun semua jenis usaha tersebut tentu harus memiliki bruto di bawah angka ketentuannya yaitu 4,8 Miliar Rupiah.

Demikian informasi mengenai peraturan baru mengenai pajak final UMKM yang perlu diketahui. Dengan demikian setelah mengetahui informasi di atas, setiap pengusaha akan dapat menentukan tarif pajaknya apakah sesuai atau sebaliknya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.