Panduan Memulai Bisnis Foodtruck Kekinian

Panduan Memulai Bisnis Foodtruck Kekinian

Bisnis foodtruck merupakan suatu jenis usaha dalam bidang makanan dan minuman dimana kegiatan operasionalnya baik dalam memasak, penyajian, maupun penjualannya dilakukan dalam sebuah kendaraan besar. Tren bisnis ini awalnya dimulai dari negara-negara maju seperti Amerika yang kemudian merambah ke tanah air pada sekitar tahun 2013.

Karena konsepnya yang unik tentu bisnis foodtruck ini disambut baik dan bahkan hingga menciptakan organisasi khusus dalam bidangnya yaitu Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI). Selain konsep yang unik, bisnis ini juga berpeluang memberikan keuntungan yang besar dengan biaya investasi yang lebih terjangkau serta sifatnya yang fleksibel sehingga dapat dengan mudah berpindah ke tempat-tempat strategis dengan potensi penjualan besar.

Peluang untuk mendapatkan keuntungan besar tersebut membuat banyak orang tertarik untuk memulai bisnis foodtruck ini. Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang-orang tersebut serta bingung memulai bisnis ini dari mana, berikut ini beberapa hal yang akan memberikan pandangan kepada Anda untuk mewujudkannya.

Penentuan Konsep Foodtruck

Karena konsepnya yang mengusung kendaraan, tentu konsep dari bisnis foodtrcuk ini berbeda dengan bisnis makanan pada umumnya baik dari segi ruang, peralatan, serta sumber daya lainnya yang lebih terbatas. Namun satu hal yang sama dan harus Anda perhatikan adalah memberikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Oleh karena itu perlu adanya identifikasi minat masyarakat akan produk baru.

Selain mengutamakan keunikan, Anda juga harus memperhatikan apakah makanan atau minuman yang akan Anda jual apakah sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat. Sehubungan dengan konsepnya yang take away, pertimbangkan juga bahwa pelanggan akan lebih memilih makanan yang penyajiannya praktis serta mudah dimakan.

Konsep mengenai ruang juga harus Anda pertimbangkan dengan matang mengenai peralatan apa saja yang dibutuhkan sehubungan dengan terbatasnya ruang dalam kendaraan. Pastikan juga bahwa pemilihan makanan atau minuman yang akan Anda jual tidak membutuhkan proses yang sangat ribet seperti makanan berat pada umumnya.

Membuat Bussiness Plan

Rencana bisnis merupakan hal yang penting saat memulai usaha terutama dalam bidang penjualan makanan dan minuman. Setelah Anda membuat konsep foodtruck, buatlah strategi agar bisnis Anda berjalan sukses sesuai dengan yang diharapkan. Anda bisa mencari kelebihan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang akan terjadi pada bisnis Anda melalui analisis SWOT untuk mematangkan konsep usaha makanan Anda.

Mempersiapkan Media Promosi

Setelah terbentuknya konsep matang mengenai foodtruck anda, sekarang Anda perlu memikirkan cara pemasaran yang baik agar usaha Anda dapat dikenal di masyarakat. Anda dapat dengan mudah melakukan strategi pemasaran memanfaatkan teknologi yang berkembang di masyarakat seperti sosial media.

Selain itu, membuat pemasaran konvensional juga tidak ada salahnya dengan memasang spanduk unik di daerah Anda. Hal ini juga akan membuat usaha Anda terkenal di masyarakat sekitar Anda. Dengan demikian orang-orang pasti akan penasaran dan ingin mencoba produk makanan atau minuman Anda.

Memperoleh Lisensi Serta Perizinan

Anda tidak boleh menyepelekan satu hal penting ini dengan berpikir bahwa bisnis yang Anda jalankan bersifat fleksibel. Justru karena hal ini bisnis Anda bisa dianggap sebagai bisnis yang ilegal jika tidak mjndapatkan perizinan yang sah. Perizinan yang umumnya perlu Anda urus adalah Sertifikat Departemen Kesehatan, perizinan truk dalam beroperasi, izin permohonan parkir, dan lain sebagainya yang diperlukan.

Mungkin mendapatkan Sertifikat Departemen Kesehatan merupakan perizinan yang paling sulit serta memakan waktu lebih banyak dibandingkan yang lain, namun perizinan ini merupakan hal yang paling penting bagi usaha makanan atau minuman Anda. Selain untuk mematuhi peraturan hal ini juga akan memberikan keuntungan secara tidak langsung bagi usaha anda, yaitu para konsumen tentu tidak akan ragu lagi untuk membeli produk Anda.

Setelah melaksanakan panduan memulai bisnis foodtruck diatas, Anda dapat langsung mempersiapkan usaha makanan Anda untuk segera dijual di pasaran mulai dari peralatan hingga pemasaran. Dengan demikian Anda dapat menjalankan bisnis ini sesuai dengan standar serta akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda nantinya.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.