Pengertian Biaya Produksi dalam Perusahaan Manufaktur

Pengertian Biaya Produksi dalam Perusahaan Manufaktur

Tahukan Anda tentang pengertian biaya produksi dalam perusahaan manufaktur? Perusahaan Manufaktur adalah jenis usaha yang mana dalam menjalankannya dengan mengelola suatu barang baku menjadi barang jadi yang memiliki nilai lebih. Misalnya adalah dunia industri, kerajinan, dan sejenisnya. Biaya – biaya yang dikeluarkan pada perusahaan – perusahaan inilah yang kemudian disebut dengan manufacturing cost.

Pengelompokan Manufacturing Cost

Biaya – biaya pabrik manufaktur pada dasarnya dibagi menjadi :

1. Raw Material Cost

Biaya tersebut merupakan biaya khusus bahan baku atau bahan mentah yang digunakan oleh pabrik produksinya. Contohnya adalah biaya pembelian pulp untuk pabrik kertas, pembiayaan kayu untuk pemroduksian mebel, bisa juga pembiayaan tembakau bagi pabrik rokok.

2. Direct Labor Cost

Biaya ini dikhususkan sebagai pengeluaran untuk membayar tenaga kerja atau buruh pabrik yang bekerja menangani bahan baku secara langsung. Perhitungan cost – nya pun bersifat langsung dan pasti. Jadi dalam perhitungan biaya produksi sudah ditetapkan. Misalnya: tukang kayu pada pemroduksian mebel, tenaga kerja sigaret kretek tangan yang melinting rokok, dan sebagainya.

3. Overhead Cost

Pembiayaan ini merupakan biaya yang dikeluarkan pabrik selain dari biaya untuk bahan baku dan tenaga kerja. Contohnya adalah untuk membayar bahan pembantu atau bahan tidak langsung, tenaga kerja tidak langsung (misalnya mandor dan konsultan), biaya – biaya perbaikan atau maintenance, dan penunjang seperti listrik, air, internet, pulsa telepon, dan lain – lain.

Pembiayaan Berdasarkan Fungsi Pokok Perusahaan

Selain biaya produksi, dalam perusahaan juga dilakukan penghitungan biaya berdasarkan fungsi pokok di dalamnya. Ada dua poin pembiayaan lagi yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Biaya Pemasaran

Setelah bahan baku berhasil diubah menjadi barang jadi, perlu adanya pemasar. Jika tidak, bagaimana cara menjual hasil produksi tersebut? Untuk itu, diperlukan lagi biaya tambahan untuk marketing atau pemasaran produk. Hal – hal tersebut dapat meliputi ongkos jalan atau transportasi, biaya promosi, komisi penjualan, upah untuk tenaga yang bertugas sebagai sales, dan sebagainya.

2. Biaya Administrasi dan Umum

Biaya ini timbul akibat adanya peraturan – peraturan tertentu di luar perusahaan maupun di dalam perusahaan. Contoh biaya luar adalah untuk pajak. Sedangkan contoh biaya administrasi dalam perusahaan adalah gaji administrator, biaya perlengkapan kantor, gaji direksi, dan jajarannya.

Penggolongan Biaya Berdasarkan Jangka Waktu Manfaatnya

Untuk penggolongan pembiayaan perusahaan manufaktur berdasarkan jangka waktu pemanfaataanya ini, ada dua poin:

1. Capital Expenditur

Bahasa sederhananya adalah biaya yng digunakan untuk pengeluaran modal usaha. Biaya ini dipakai dalam jangka waktu panjang dan dinikmati lebih dari satu periode akuntansi. Pencatatannya masuk ke dalam golongan aktiva dan dibebankan selama modal tersebut masih dipergunakan atau dimanfaatkan. Misalnya adalah tanah tempat usaha didirikan, pembelian gedung, alat – alat yang besar, dan sebagainya.

2. Revenue Expenditur

Sebuah pembiayaan yang kegunaannya hanya untuk satu periode akuntansi saja. Beban hanya dicatatkan pada satu periode dimana biaya tersebut dikeluarkan. Apa saja contohnya? Ada pembayaran rekening telepon, listrik, air, komisi, dan lain – lain. Jika pengeluaran dilakukan pada satu periode tertentu, tetapi penggunaannya terus berkelanjutan maka masuk ke dalam Capital Expenditur.

Selain penggolongan yang telah dijelaskan di atas, masih ada lagi pembiayaan perusahaan manufaktur berdasarkan volume dan hubungannya dengan beban yang harus dibiayai. Namun dua penjelasan di atas sudah cukup mewakili dari pengertian biaya produksi dalam manufaktur. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa menanyakannya di kolom komentar.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //