Pengertian dan Penjelasan Cash Flow dalam Bisnis

Pengertian dan Penjelasan Cash Flow dalam Bisnis

Istilah arus kas atau cash flow tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga bagi Anda yang mempunyai bisnis atau bekerja pada bagian divisi keuangan. Proses berkembangnya suatu perusahaan tidak hanya bergantung pada tingkat produktivitas dari karyawannya saja. Namun juga bergantung pada kondisi cash flow yang lancar. Apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari cash flow di dalam bisnis? Nah, untuk memahaminya simak uraian berikut.

Pengertian Cash Flow di dalam Bisnis

Arus atau pergerakan uang yang masuk maupun keluar dalam suatu perusahaan pada periode setiap bulannya merupakan pengertian dari cash flow. Meskipun sepertinya pergerakan ini hanya terjadi satu arah, namun cash flow sebenarnya terjadi dua arah, yaitu meliputi:

  • Uang keluar dari perusahaan bentuknya pembayaran, misalnya seperti pembayaran pinjaman bulanan, uang sewa atau hipotek, pembayaran pajak atau hutang dan lain sebagainya.
  • Uang masuk dari konsumen yang memakai jasa atau membeli produk Anda. Sebagian cash flowAnda asalnya dari simpanan piutang usaha jika klien tidak membayar ketika proses pembelian.

Arus kas yang bisnis Anda miliki akan termasuk positif jika ada lebih banyak uang yang masuk dibandingkan uang yang keluar. Sedangkan jika uang yang keluar lebih banyak, maka bisnis Anda dalam keadaan yang perlu dikhawatirkan. Hal inilah yang membuat Anda perlu mencari uang tambahan agar pengeluaran Anda bisa tertutupi.

Alasan Cash Flow Penting

Penyebab utama ada banyak bisnis kecil yang gulung tikar adalah karena kekurangan uang dalam menjalankan bisnisnya. Banyak perusahaan startup yang tidak berhasil salah satunya karena cadangan uang kas yang dimiliki tidak memadai. Hal inilah yang membuat cash flow dalam bisnis penting untuk diperhatikan.

Untuk mengantisipasi kekurangan ini, Anda perlu mencari sumber dana lainnya sebagai cadangan. Seperti contohnya berupa pinjaman atau kredit untuk sementara waktu menyeimbangkan cash flow bisnis Anda.

Cash Flow pada Bisnis Musiman

Cash flow adalah faktor yang sangat penting diperhatikan bagi bisnis musiman. Bisnis musiman maksudnya yaitu bisnis yang mengalami peningkatan atau fluktuasi besar pada periode waktu tertentu saja misalnya yaitu ketika liburan. Untuk mengelola arus kas tipe bisnis musiman seperti ini memang tidak mudah. Sehingga dibutuhkan pengetahuan serta kemampuan dalam mengatur atau mengelola keuangan yang baik.

Cara Menganalisa Cash Flow

Suatu laporan keuangan arus kas akan menampilkan perubahan jumlah dari berbagai macam kegiatan bisnis serta perubahan rekening naik atau turun pada neraca bisnis. Supaya senantiasa terlacak dengan baik, Anda perlu memeriksa cash flow setiap minggunya.

Bahkan jika perlu Anda bisa memeriksanya setiap hari. Analisis cash flow secara sederhana bisa dilakukan dengan membandingkan total pembelian yang belum dibayarkan terhadap total penjualan yang jatuh tempo pada setiap akhir bulan.Hal tersebut disarankan oleh seorang ahli di Kanada dari Small Business Information. Anda harus mengeluarkan lebih banyak dana dibandingkan dengan yang Anda terima pada bulan selanjutnya yang arus kasnya bermasalah jika jumlah pembelian yang belum dibayarkan ternyata melebihi jumlah penjualan.

Informasi laporan arus kas yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis kinerja perusahaan menjadi semakin meningkat jika lampiran laporan arus kas ke dalam laporan keuangan tahunan suatu perusahaan mengalami peningkatan. Analisis rasio laporan arus kas merupakan salah satu analisis kinerja keuangan yang dilakukan dengan menerapkan laporan arus kas.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian cash flow yang perlu Anda ketahui. Jadi, pastikan Anda memahami konsepnya dengan baik terutama jika Anda sedang atau akan menjalankan bisnis.

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.