Perlengkapan Wajib Seorang Waiters

Perlengkapan Wajib Seorang Waiters

Menjadi seorang waiters bukan hanya dituntut untuk tampil rapi, bersih dan memiliki attitude yang baik. Meskipun pekerjaan ini sekilas tampak begitu sederhana, namun untuk menjadi profesional, Anda dituntut untuk bisa memberikan kesan lebih. Salah satunya adalah dengan membawa perlengkapan wajib seorang waiters, guna memudahkan setiap pekerjaan yang dilakukan.

Perlengkapan tersebut memiliki peranan yang cukup penting, sebab apabila salah satunya tidak terpenuhi maka kerja akan menjadi kurang maksimal. Peralatan waiters tersebut termasuk teknis dan non teknis serta kelengkapan lain yang dapat menunjang kelancaran aktivitas operasional waiters di tempat kerjanya.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan oleh waiters? Berikut di bawah ini akan dibahas secara lengkap :

1. Komunikatif

Kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan baik merupakan salah satu hal mutlak yang harus dimiliki oleh waiters profesional. Ini dapat menjadi jurus meminimalisir kesalahan paling ampuh, sehingga tidak terjadi miss communication dengan customer. Skill berkomunikasi ini bisa dilatih saat terjun langsung ke lapangan kerja, salah satunya adalah dengan beramah tamah terhadap tamu.

2. Service Knowledge

Bekerja sebagai seorang waiters artinya menjadi bagian dari tim pelayanan. Oleh karenanya, waiters yang baik harus memiliki pengetahuan tentang cara melayani para tamu dengan benar. Contoh sederhana dari service knowledge yang harus dipahami antara lain : Tugas pokok yang harus dikerjakan, prosedur pelayanan dan bagaimana cara menangani komplain dari tamu.

3. Product Knowledge

Product knoeledge atau pemahaman tentang produk juga menjadi salah satu komponen penting yang harus dikuasai waiters. Hal ini dilakukan guna menjaga profesionalisme pekerjaan yang digeluti. Contohnya adalah dengan mengetahui kuliner yang dijual, menu andalan, komposisi dan bahkan porsi dari menu tersebut. Ini bisa membuat para pengunjung merasa puas makan di restoran Anda bekerja.

4. Pulpen

Pulpen adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawa oleh seorang waiters. Fungsinya sudah sangat jelas, yaitu sebagai alat untuk mencatat orderan dari tamu ataupun hal lainnya. Sehingga pastikan bahwa benda yang satu ini tidak pernah ketinggalan.

5. Note book

Note book atau buku catatan kecil juga harus ada di saku seorang waiters. Dengan buku ini, nantinya Anda dapat mencatat pesanan para tamu. Di samping itu, juga bisa dijadikan sebagai media catatan komplain dan juga hal yang harus diperbaiki. Baik dari segi layanan restoran, maupun mengenai kesalahan pribadi sehingga bisa dijadikan sebagai catatan untuk evaluasi.

6. Bottle Opener

Pembuka tutup botol juga merupakan salah satu kelengkapan wajib bagi waiters. Dengan meletakkan bottle opener di dalam saku, maka Anda tidak akan diribetkan lagi karena harus bolak-balik ke dapur apabila tamu minta dibukakan tutup botol. Terutama jika bekerja di restoran mewah ataupun bar yang menyediakan wine sebagai minuman andalannya.

7. Korek Api

Kelihatannya memang sangat sepele, tapi jangan salah karena korek api juga menjadi salah satu perlengkapan yang harus dibawa waiters. Terutama jika Anda bekerja di restoran atau hotel yang menyediakan sajian hidangan secara buffet, maka benda ini sangat dibutuhkan guna menyalakan sterno untuk menghangatkan hidangan yang ada.

8. Table Crumber

Peralatan yang memiliki ukuran sepanjang ballpoint tapi berbentuk pipih ini adalah perlengkapan yang seharusnya ada di saku waiters. Alat ini berfungsi untuk membersihkan sisa makanan di atas meja. Sehingga tamu yang memilih meja tersebut merasa nyaman dan tidak terganggu dengan pemandangan kurang mengenakkan.

Menurut Anda, perlengkapan apa lagi yang wajib dibawa waiters? Silahkan tambahkan di kolom komentar ya..

Salam Sukses,

Beepos “Jualan Cepat & Aman”

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos | “People who managed to take advantage of the mistakes that he did, and will try again to perform in a different way.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

// //