Rahasia Mempertahankan Pelanggan Lama yang Wajib Anda Coba

Rahasia Mempertahankan Pelanggan Lama yang Wajib Anda Coba

Pelanggan bisa dibilang adalah faktor penting dari sebuah usaha atau bisnis dalam bidang apapun. Tidak sembarangan, pelanggan ini memegang peranan penting terhadap usaha bisnis Anda. Mulai dari memberikan keuntungan hingga memberikan branding yang kuat. Untuk itulah penting sekali dalam mempertahankan pelanggan demi kelancaran bisnis Anda dalam waktu yang lama. Terutama untuk pelanggan lama yang mesti mendapatkan perhatian khusus agar mereka pindah ke tempat lain. Berikut ini akan dijelaskan rahasia mempertahankan pelanggan lama yang wajib Anda coba seperti berikut ini.

1. Siapkan Tempat Khusus Kritik dan Saran

Kesalahan yang selama ini dilakukan oleh banyak usaha adalah menganggap bahwa pelanggan lama yang dimiliki akan terus setia bersama mereka. Anggapan inilah yang kemudian seringkali menjadi bumerang karena membuat sebuah usaha tidak melakukan inovasi atau menjaga kepuasan pelanggan. Sesuatu yang kemudian membuat mereka akhirnya berpindah ke usaha yang lain dan tidak lagi menjadi pelanggan setia. Untuk itulah, penting sekali dalam mendengarkan dan mengetahui keluh kesah dari pelanggan setia Anda. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang paling efektif adalah menyediakan tempat khusus untuk kritik dan saran. Nantinya hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelanggan lama Anda untuk menilai secara objektif dari usaha atau bisnis yang sedang dijalani.

2. Aktif Berinteraksi Melalui Sosial Media

Sekarang ini sudah tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media telah memegang peranan tersendiri dalam berkomunikasi. Bahkan banyak orang yang lebih mengandalkan sosial media untuk menjalin komunikasi dan juga menyuarakan pendapatnya. Kondisi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mempertahankan pelanggan lama yang dimiliki. Caranya adalah dengan membuat sebuah sosial media khusus untuk bisnis Anda dan kemudian mengikuti sosial media pribadi dari para pelanggan tersebut. Nantinya Anda bisa meminta pendapat, saran atau bahkan kritikan terhadap bisnis atau promo bisnis yang sedang dijalankan. Dengan melakukan hal tersebut maka pelanggan lama akan merasa lebih dihargai dan juga tidak mudah berpindah ke tempat lain.

3. Mengajak Pelanggan untuk Membuat Testimoni

Memberikan penghargaan atau rasa terima kasih pada pelanggan adalah hal penting untuk membuat mereka menyadari bahwa kehadiran mereka dihargai. Selain cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba dengan mengajak pelamggan untuk membuat testimoni. Testimoni ini sendiri berisi tentang review mereka atas pelayanan atau jasa yang diberikan oleh usaha bisnis Anda. Nantinya testimoni tersebut bisa dipasang di bagian tertentu usaha Anda atau juga bisa memasangnya di website. Dengan melakukan hal ini maka dipastikan banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Manfaat yang pertama adalah testimoni tersebut mampu menarik dan menjaring pelanggan baru. Manfaat yang berikutnya adalah pelanggan lama akan semakin setia dan juga merasa kehadirannya diharagai sekaligus dibutuhkan.

4. Memberikan Interaksi yang Baik pada Pelanggan

Rahasia yang terakhir adalah dengan memberikan interaksi yang baik pada pelanggan. Terutama ketika mereka mendatangi dan kemudian keluar dari tempat bisnis Anda. Bentuk interaksi tersebut bisa berupa pemberian salam, menanyakan kabar hingga menawarkan berbagai diskon hingga promo yang sedang berlaku. Dengan cara tersebut maka pelanggan lama akan tetap setia pada bisnis Anda.

Semoga point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang rahasia mempertahankan pelanggan lama yang wajib Anda coba. Supaya Anda yang memiliki bisnis bisa mempertahankan pelanggan lama dan tentunya bisa menjaring pelanggan baru. Apabila Anda merasa artikel ini sangat bermanfaat dan ingin banyak orang lain untuk mengetahuinya, jangan ragu untuk men-sharenya ke teman-teman Anda. Karena berbagi ilmu itu tentu tidak bikin rugi. Salam Let’s #beefree

Mau Jualan Cepat dan Aman? Gunakan Beepos!
Share

Content Writer Beepos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.